Agar Aplikasi Playstore di OPPO A39 Tidak Minta Update Terus, Coba Gunakan Cara Ini!




Memang telah di set secara default, aplikasi yang di download melalui playstore apalagi terhubung log in menggunakan akun google maka aplikasi tsb akan selalu meminta untuk dilakukan pembaruan secara otomatis. Hal ini bukanlah sesuatu yang diharapkan bagi semua pengguna smartphone terutama pengguna Oppo A39, karena akan sangat berdampak pada kuota internet yang terbatas oleh fitur auto update aplikasi ini.

Baca Juga


Pembaruan otomatis yang dilakukan oleh playstore memang harus dinonaktifkan, OS Android yang tersemat di dalam Oppo A39 akan selalu mendeteksi pembaruan otomatis ini jika tidak dinonaktifkan. Semua aplikasi maupun game yang pernah kita unduh pasti akan diperbarui secara otomatis, tidak perduli berapa MB atau GB data yang diperlukan untuk di update, apalagi jika kita sedang berada dalam jangkauan sinyal data 4G LTE atau sedang menggunakan jaringan Wifi.
Kelemahan lain dari pembaruan otomatis pada sistem android Oppo A39 ini ialah salah satu penyebab smartphone kita menjadi kurang responsif lagi alias lemot, bahkan dapat terjadi lag/hang, hal tsb disebabkan oleh banyaknya aplikasi dan game yang akan download pembaruan otomatis, bahkan saat sedang asyik berada pada obrolan percakapan lewat sosmed atau pesan singkat tiba-tiba Hp anda menjadi cepat panas dan baterai menjadi cepat habis.

Merujuk pada pembahasan diatas, memang sangat penting bagi kita untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi playstore secara otomatis, namun adakalanya juga kita butuh fitur terbaru dari aplikasi yang pernah kita download secara gratis/berbayar dari playstore. Namun, yang perlu dicatat bahwa boleh saja kita melakukan update otomatis pada aplikasi tsb, asalkan anda berada di dalam jangkauan jaringan Wifi. Jadi dengan begitu tidak masalah bagi kita untuk melakukan mengaktifkan kembali update otomatis aplikasi playstore. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan bagikan cara bagaimana melakukan pembaruan otomatis aplikasi hanya pada saat berada di dalam jangkauan Wifi saja. Adapun caranya adalah sebagai berikut ;



1. Pastikan smartphone anda dalam hal ini kita akan gunakan Oppo A39, telah terkoneksi ke jaringan Internet baik itu data seluler anda atau menggunakan jaringan Wifi. Lalu kemudian buka aplikasi Google Play Store.

2. Saat aplikasi Google Play Store terbuka, buka menu yang terletak pada pojok kiri atas Play Store. Setelah itu anda lakukan Tab, maka akan muncul Daftar Menu. Disana adan banyak Menu Pilihan, Scroll ke bawah dan pilih Setelan.

3. Di dalam Menu Setelan Umum, lakukan Tab pada Perbarui Aplikasi Secara Otomatis.

4. Nanti akan muncul 3 pilihan yang tersedia, yakni Jangan Perbarui Secara Otomatis (Tidak Melakukan Update Secara Otomatis), Perbarui Kapan Saja dan Mungkin di Kenakan Biaya Data (Selalu Melakukan Update Aplikasi Saat ada Aplikasi Versi Terbaru dan Tanpa Melihat Paket Data yang sedang di Gunakan) dan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis hanya Melalui Wifi (Melakukan Update Aplikasi hanya Saat perangkat android terhubung ke dalam Jaringan Wifi).

5. Maka pilih di bagian terakhir yakni Perbarui Aplikasi Secara Otomatis hanya Melalui Wifi jadi OS Android Oppo A39 anda hanya akan melakukan update aplikasi hanya saat perangkat android terhubung ke dalam jaringan wifi saja.

6. Kemudian, ada lagi pengaturan tertentu yang dapat anda lakukan untuk membatasi pembaruan otomatis aplikasi play store, yakni dengan mengaktifkan pengaturan auto update aplikasi tertentu saja, dengan cara ; membuka aplikasi yang ingin di Enable/Disable Auto Updatenya, kemudian beri centang pada Perbarui Otomatis atau Klik pada Pojok Kanan Atas. Dengan begitu, aplikasi tsb akan melakukan update secara otomatis pada saat terdapat pembaruan, sedangkan aplikasi yang lain tidak.

Baca Juga


Dengan melakukan beberapa langkah diatas, maka anda telah hampir berhasil satu langkah di dalam mematikan update otomatis aplikasi playstore di Oppo A39. Semoga tutorial ini bermanfaat, Selamat Mencoba!