Ada Cara Mudah Edit dan Ganti Icon Menu Navbar OPPO A37, Simak Tutorialnya di Sini




Di Navbar Oppo A37 akan anda dapati 2 jenis Navbar; yakni Navbar yang berada di layar/on screen/softkey dan Navbar yang berada di tombol fisik/hardkey. Secara default disana terdapat tiga tombol berupa tombol home, back, dan recent apps. Mungkin Icon Navbar Bawaan di OPPO A37 bikin anda bosan dan ingin anda edit dan ubah menjadi Icon Navbar pilihan anda sendiri? Coba anda ikuti tutorialnya berikut ini ;

Baca Juga



Buka File Manager lalu pilih opsi Penyimpanan Ponsel. Di dalam Penyimpanan Ponsel, di bagan tab Semua File silahkan buat folder baru khusus dan beri nama folder tersebut EDIT ICON NAVBAR OPPO A37.


Folder ini nantinya akan berisikan file berupa icon yang akan dijadikan sebagai pengganti icon navbar dan sebuah file tema yang bernama Oppo Theme yang akan kita bongkar guna mengubah file script icon navbar bawaannya.


File tema yang akan dijadikan tema pengganti tadi ubah namanya dengan ekstensi dot zip (.zip), jadi dari awal mula nama filenya Oppo Theme diubah menjadi Oppo Theme.zip Ekstensinya diubah agar Oppo Theme ini dapat dibongkar.


Setelah Oppo Theme.zip tadi berubah menjadi sebuah folder kembali setelah diberi ekstensi, coba diklik lagi pada Oppo Theme.zip tadi untuk dibongkar sehingga file-file script di dalam tema yang dinamakan Oppo Theme terbuka semua.


Nanti di dalam file Oppo Theme.zip yang telah dibongkar anda akan melihat banyak sekali komponen script yang membentuk tema seperti sound, widget, lockscreen, picture, dan file-file berupa script lain yang dapat diedit ulang.


Dan bagi anda yang ingin edit icon navbarnya, silahkan cari file script di dalam Oppo Theme.zip yang telah dibongkar dengan nama com.android.systemui tersebut. Untuk dapat dibongkar file script ini silahkan diganti namanya terlebih dahulu menjadi dot zip (.zip) lagi, jadi dari yang semula namanya com.android.systemui menjadi com.android.systemui.zip. Jelas sampai disini?


Setelah diganti namanya dengan ekstensi dot zip (.zip) maka com.android.systemui akan berubah menjadi sebuah folder lagi. Untuk bisa dibongkar, tinggal diklik com.android.systemui.zip tadi. Dan ia akan tampil memunculkan file script juga, dimana nanti diantara file script di dalam folder com.android.systemui.zip yang telah kita bongkar tsb terdapat file script untuk mengubah Icon Navbar bawaan menjadi Icon Navbar yang telah kita siapkan sebelumnya di dalam folder khusus bernama EDIT ICON NAVBAR OPPO A37. Di dalam folder com.android.systemui.zip tsb didapati dua folder yang dinamakan rss dan assets.




Nah, Kemudian balik lagi ke dalam folder khusus bernama EDIT ICON NAVBAR OPPO A37 tadi, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kita sudah siapkan sebuah file berupa icon yang akan dijadikan sebagai pengganti icon navbar bawaan Oppo Theme.zip. Tinggal dicopy/disalin lalu masukkan ke dalam sub folder com.android.systemui.zip yang telah kita bongkar tadi bernama rss.


Oh, ya jangan lupa icon navbar bawaan Oppo Theme.zip dihapus terlebih dahulu, sebelum disalin. Adapun nama-nama icon navbar bawaan Oppo Theme.zip yang ada di dalam sub folder rss yang harus dihapus seperti ic_sysbar.home_black.png, ic_sysbar.home.png, ic_sysbar.home_land_black.png, dan ic_sysbar.home_land.png. Untuk  file berupa icon yang akan dijadikan sebagai pengganti icon navbar bawaan, dicopy semua menjadi empat salinan, lalu keempatnya diubah namanya persis menjadi nama icon navbar bawaan Oppo Theme.zip diatas.


Setelah file berupa icon yang akan dijadikan sebagai pengganti icon navbar bawaan disalin, dan icon navbar bawaan Oppo Theme.zip semuanya dihapus. Lakukan proses mampatkan file, dengan cara klik sub folder rss lalu pilih opsi lainnya yang berada di kanan bawah layar, selanjutnya pilih mampatkan file.


Proses mampatkan file ini kita lakukan kepada subfolder rss, nanti akan diminta ubah nama menjadi nama com.android.systemui dot zip (.zip). Kemudian, klik untuk di bongkar lalu ubah nama lagi, kali ini ekstensi dot zip nya dihilangkan jadi balik ke nama asal menjadi com.android.systemui dengan icon berbentuk tanda tanya.


Selanjutnya potong/cut file script com.android.systemui dengan icon berbentuk tanda tanya tadi, pindahkan ke folder terluar di dalam Oppo Theme.zip. Nah file yang telah ada sebelumnya saat di point 5 yang namanya com.android.systemui.zip yang juga berupa folder zip itu dihapus, agar tidak bentrok dengan script com.android.systemui dengan icon berbentuk tanda tanya tersebut.


Berikutnya, masih didalam folder terluar di dalam Oppo Theme.zip. Klik pilih semua, lakukan mampatkan file lagi menjadi misalkan ICON NAVBAR OPPO A37 BERHASIL. Lalu ubah nama file yang dimampatkan ini dari bentuk dot zip (.zip) menjadi dot theme (.theme) jadi namanya ICON NAVBAR OPPO A37 BERHASIL.theme


Setelah berubah menjadi sebuah file tema baru dengan nama ICON NAVBAR OPPO A37 BERHASIL.theme, tinggal anda terapkan tema ini di Oppo A37, simpan hasilnya, tunggu beberapa saat proses menerapkan tema sedang berjalan. Dan lihat perubahannya. Selesai. Semoga berhasil!

Baca Juga


Ternyata setelah panjang lebar mengikuti tutorial diatas secara berurutan,dan anda masih juga bingung? Butuh video tutorialnya CARA UBAH ICON NAVBAR OPPO A37 secara lengkap?  Klik disini.