Bingung Gimana Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen di OPPO F5? Ikuti Tutorialnya Berikut Ini




Fitur Split Screen di Oppo F5 merupakan fitur terbaru yang mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Fitur ini dapat merapikan panel notifikasi dan mengoptimisasi data serta daya baterai.

Baca Juga



Kehadiran split screen yang ada di Oppo F5 mampu membagi layar perangkat menjadi dua tampilan sekaligus. Jadi seandainya anda sedang menonton Youtube dan ingin membuka chat Whatsapp terbaru, anda dapat meletakkan tontonan video Youtube anda keatas layar dan aplikasi Whatsapp tadi ke posisi bawah layar.


Meskipun disebut sebagai fitur terbaru yang hadir di Oppo F5, masih ada banyak penggunanya yang belum mengetahui keberadaan dan fungsi dari fitur split screen ini.


Bagi pengguna Oppo F5 yang baru saja ingin mengaktifkan fitur ini, perlu untuk diketahui bahwa tidak seluruh aplikasi dapat kompatibel dengan modus split screen ini.


Diperlukan penyesuaian agar aplikasi tertentu dapat berjalan secara mulus saat menjalankan fitur ini. Hal yang perlu anda aktifkan ialah Fungsi Developer, dengan cara membuka Settings, Developer Options, dan pilih Opsi About This Device. Lalu klik Version number beberapa kali hingga muncul notifikasi bahwa anda dikenal sebagai developer.


Kemudian balik lagi ke Menu Settings awal, selanjutnya buka Developer Options, lalu geser ke bawah dan aktifkan opsi terakhir yakni Force Activities to be Resizable.


Setelah diaktifkan, aplikasi tertentu yang belum kompatibel dengan modus split screen tadi dapat dipastikan dapat berjalan mulus, dan jangan lupa di Restart smartphone Oppo F5 anda.




Cara Manual Mengaktifkan Modus Split Screen di Oppo F5

Setelah anda mengikuti tutorial cara mengaktifkan fungsi developer dan telah anda aktifkan juga, lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur split screen di Oppo F5?


Terlebih dahulu, anda buka dua aplikasi secara terpisah, kemudian buka dan tahan tombol task manager recent apps, secara otomatis kedua aplikasi akan tampil dalam modus split screen.


Cara lain yang dapat dipraktekkan juga ialah dengan menahan dan menggeser aplikasi yang ingin anda buka, melalui tombol Recent Apps. Lalu geser aplikasi itu ke bagian atas layar, setelah itu aplikasi tersebut secara otomatis akan berada di bagian atas layar dan pilih aplikasi lain yang akan diletakkan di bagian bawah layar.


Adapun metode alternatif yang dapat dipraktekkan juga dengan cara membuka fitur split screen dengan mengaktifkan System UI Tuner melalui pengaturan, anda cukup menggeser layar bagian atas hingga seluruh notifikasi dan quick settings nampak di layar.


Tekan dan tahan beberapa detik ikon gerigi di bagian atas sampai berputar. Setelah dilepas, anda akan mendapatkan peringatan dilayar bawah, System UI Tuner telah ditambahkan pada opsi pengaturan, langkah berikutnya buka Settings, pilih System UI Tuner dan Other.


Kemudian, aktifkan Enable Split Screen Swipe Up Gesture, jika fitur tersebut telah diaktifkan, anda tinggal cukup menggeser aplikasi yang ingin anda buka ke bagian atas dengan memulainya dari tombol Recent Apps.

Baca Juga


Demikian cara mudah mengaktifkan fitur split screen di Oppo F5 tanpa root dan aplikasi tambahan. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil!