Bolehkah Ngecas HP OPPO dengan Cara Menggunakan Charger HP Lain?




Mungkin diantara kalian pasti pernah bertanya-tanya, soal apakah boleh melakukan charging hp oppo menggunakan charger hp lain yang bukan bawaannya? Karena mungkin suatu waktu anda pernah berada di suatu tempat, baterai hp oppo anda sedang habis, dan anda lupa membawa charger bawaannya, pasti hal tersebut pernah terjadi pada diri anda. Memang boleh-boleh saja, tidak masalah? lalu apakah sesederhana itu? bisakah memberi alasan lebih spesifik?. Ini penjelasannya.

Baca Juga



Ketakutan yang biasanya sering muncul ialah pada ampere charger yang tidak sama dengan charger bawaan hp oppo anda. Hp lain yang memiliki arus 1 ampere jika diisi menggunakan arus 2 Ampere, maka arus yang masuk ialah sesuai dengan kebutuhan hp itu yakni 1 Ampere. Apakah teori tersebut ada buktinya? Tentu saja, jika didasarkan pada ilmu elektronika dasar, yang berbahaya malah jika voltase chargernya lebih besar.

Kebanyakan charger hp oppo saat ini ialah menggunakan hasil output sebesar 5 volt, jadi anda tidak perlu khawatir lagi, karena yang akan membedakan ialah resistensinya, resistor di dalam charger yang membedakan berapa Arus/Ampere yang akan dikeluarkan oleh charger tsb.


Muncullah pertanyaan, lalu bagaimana efek/dampak yang akan terjadi dari pemakaian charger dengan Ampere lebih tinggi? Tidak ada, banyak yang memprediksi hal tersebut mampu mempercepat pengisian baterai dan bahkan merusak baterai itu sendiri. Itu tidaklah sepenuhnya benar. Sirkuit listrik pada hp oppo biasanya hanya memasukkan arus yang memang dibutuhkan saja, namun memang terkadang beberapa hp oppo varian lain ada yang dirancang untuk menerima Arus Ampere lebih tinggi, sehingga pengisian baterai lebih cepat, namun tetap saja aman koq!


Lalu bagaimana jika menggunakan charger yang amperenya lebih rendah?. Nah, jika ini permasalahannya baru anda patut waspada, dan anjuran ini jangan pernah anda praktekkan. Karena akan berdampak buruk terhadap proses charging yang lama dan tidak seimbang dengan arus yang diterima. Di beberapa charger hp oppo model terbaru saat ini, ada fitur yang dinamakan fitur Fallback, fitur tsb dapat mematikan arus listrik jika terdeteksi hp yang berusaha mengambil arus lebih banyak dari sirkuit listrik yang dialirkan melalui charger hp lain.




Bila anda menggunakan charger kodok saat pengecasan hp oppo, gimana itu jadinya? Ini lebih-lebih lagi tidak dianjurkan, perlu anda ketahui bahwa charger kodok atau charger universal tidak mengendalikan arus listrik yang masuk ke baterai, dan ini diperparah dengan tidak ketahuan kapan baterai itu penuh dan harus dicabut. Efek terburuk yang akan terjadi, dari penggunaan charger kodok ialah terjadi kebocoran baterai pada hp oppo anda, dan bahkan bisa menyebabkan baterai meledak hingga terbakar.


Hmm, alternatif lain seperti ngecas hp oppo menggunakan port usb di PC atau laptop apakah aman? Port usb di pc/laptop hanya mengeluarkan arus sebesar 0,5 ampere saja, sebenarnya boleh gak boleh sih, tergantung dari hp oppo anda masing-masing, jika charger hp lain tsb memiliki dua model charging yakni menerima arus 2 Ampere dan 0,5 Ampere, sehingga sirkuit pada port charger dapat menyesuaikan berapa banyak arus yang akan dikeluarkan dari port usb tsb sehingga lebih aman.

Baca Juga



Jadi intinya, saat mau ngecas jangan gunakan charger murahan! Jika anda berniat mau menggunakan charger kalau mau ngecas anda perlu harus tahu berapa dulu harganya saat membeli di konter atau pinjam dengan orang lain, jika harganya murah bahkan terlalu murah lebih baik jangan! Karena charger murahan tsb tidak dapat menjamin kestabilan arus listrik yang akan diberikan. Oleh karena itu sayangi baterai hp oppo anda saat ini!