Cara Instal CWM Recovery di HP OPPO A3s




Oppotutorial.com - CWM Recovery merupakan kepanjangan dari Clockworkmod Recovery. CWM Recovery ini memperbolehkan anda melakukan berbagai aksi recoveri tingkat lanjut, restorasi, instalasi, dan pemeliharaan operasi pada perangkat android anda yang tidak mungkin dilakukan oleh Stock Recovery saja dan salah satu cara yang paling banyak digunakan ialah membuka akses root, membackup data, instal Custom ROM, Kernels, Mods & Themes, dan masih banyak lainnya yang bisa anda lakukan dengan perangkat android Oppo A3s anda.


Untuk melakukan cara yang akan kami jelaskan ini, anda akan menginstal CWM Recovery di Ponsel Android Oppo A3s anda, dan disini akan kami jelaskan metodenya tahap demi tahap menggunakan apa pada saat instalasinya dan menggunakan semua fitur yang menakjubkan dari CWMRecovery pada Ponsel Android Oppo A3s.

Baca Juga :
Cara Instal CWM Recovery di HP OPPO A3s


Apa Itu CWM Recovery?

CWM Recovery merupakan Custom Recoveri khusus Android yang biasa digunakan dan paling ttersedia di dunia.


Apa Keuntungan Menggunakan CWM Recovery?

Bila berbicara masalah keuntungan menggunakan CWM Recovery, anda akan mendapati hal-hal sebagai berikut diantaranya ;
  1. Anda akan mendapatkan fitur istimewa bila menggunakan CWM Recovery.
  2. Anda bisa memodifikasi dan mengkustomisasi Ponsel Android anda.
  3. Sebuah Custom Recovery yang bisa membackup dan mengembalikan data kapanpun anda mau.
  4. Sebuah ROMS Pihak Ketiga yang bisa diinstal di semua perangkat Android. 
  5. Memiliki kemampuan untuk membackup Sistem Operasi Android.
  6. Mampu menghubungkan antara Android Debug Bridge atau ADB pada Komputer untuk melakukan Debugging dan beberapa tipe aksi developer lainnya yang mana hanya bisa diterapkan pada peralatan pengembang yang telah diaktifkan.
  7. Antarmuka yang lebih mudah secara visual untuk pemulihan yang mencakup kemampuan sentuh atau antarmuka yang tidak digerakkan oleh opsi menu. 
  8. Anda bisa melakukan Flash Custom ROMs dan Zip Files melalui Ponsel.
  9. Dan juga Ponsel Android anda akan mendapatkan izin untuk Instal Super SU seperti melakukan Root.


Apa Kerugian Menggunakan CWM Recovery?

  1. Garansi Ponsel anda akan hilang.
  2. Akan muncul permasalahan pada Ponsel Oppo A3s anda.
  3. Untuk permasalahan yang lebih serius lagi, Ponsel Android Oppo A3s anda akan mati total.
  4. Memang bagaimanapun juga kami tidak bertanggung jawab atas potensi dan resiko kerusakan yang ditimbulkan akibat perangkat android anda melakukan instal dan menggunakan CWM Recovery.


Persiapan Sebelum Instal CWM Recovery 

  1. Lakukan download dan instal USB Driver terbaru seperti MTK USB Driver dan Qualcomm USB Driver di Ponsel Android Oppo A3s anda, anda bisa lakukan melalui Website Officialnya melalui Perangkat.
  2. Download Android SDK pada Komputer Window/PC anda.
  3. Download CWM Versi Terbaru bisa melalui Website Officialnya dan Temukan Ponsel Android anda dalam hal ini Oppo A3s.
  4. Lakukan Unlock Bootloader pada Ponsel Oppo A3s anda.
  5. Hubungkan Ponsel Android OPPO A3s anda ke PC melalui Kabel USB, bila anda terhenti di tengah proses yang sedang berjalan, coba putuskan sementara lalu anda hubungkan kembali perangkat anda. 
  6. Lakukan pengecasan sampai penuh 100% terhadap Ponsel Oppo A3s.







Cara Instal CWM Recovery Melalui Fastboot

Dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini, anda bisa melakukan instal CWM Recovery melalui Ponsel Oppo A3s anda, namun baca kembali petunjuk sebelum melakukan instal CWM Recovery yang telah dijelaskan diatas, dan jangan sampai terlewatkan sedikitpun. Berikut ini tahapannya ;
  1. Pertama kali yang perlu anda lakukan ialah Download CWM Recovery, bisa melalui Ponsel Oppo A3s anda, diikuti dengan mengubah nama File tersebut menjadi CWM.img.
  2. Lalu, download File USB Driver untuk Ponsel Oppo A3s anda dan instal di PC.
  3. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa, sebelum memulai proses instal CWM Recovery ini, Ponsel anda harus telah di Unlock Bootloadernya. Karena ini merupakan langkah yang sangat essensial untuk dilakukan.
  4. Selanjutnya, download dan instal ADB Driver dan Fastboot di PC anda.
  5. Sekarang buka Command Window di Folder Only, dengan cara klik Shift+Right-Click dimanapun tempat yang kosong maka kolom Command Window akan muncul.
  6. Kemudian, anda bisa hubungkan Ponsel Oppo A3s anda ke PC.
  7. Berikutnya, anda alihkan perangkat Oppo A3s anda ke Mode Fastboot. Ketika anda telah masuk ke dalam Mode Fastboot, anda ketik Kode Command berikut ini di dalam Kolom Command Window ; adb reboot bootloader.
  8. Setelah itu, perangkat Oppo A3s anda akan dialihkan ke Mode Fastboot. Diikuti dengan mengetik Kode Command yang diberikan sebagai di dalam Kolom Command Window ; fastboot flash recovery CWM Recovery x.x-xxx.img.
  9. Proses Flashing CWM Recovery pun mulai berjalan, setelah selesai anda ketikkan Kode Command sebagai berikut ; fastboot reboot.
  10. Sesaat setelah anda mengetik kode command diatas, maka perangkat Oppo A3s anda akan di Reboot.
  11. Tahapannya selesai sampai disini, dan Instal CWM Recovery pada Ponsel Oppo A3s anda berhasil.

Dibawah ini juga ada cara lain yang bisa anda gunakan dengan tujuan yang sama, tinggal anda ingin memilih salah satu saja.

Cara Instal CWM Recovery Tanpa Menggunakan PC

Tahapan demi tahapan yang akan diberikan ini nanti memerlukan akses root pada Ponsel Oppo A3s anda, sehingga anda bisa memasang CWM Recovery tanpa menggunakan Komputer/PC. Berikut penjelasannya ;
  1. Ketika anda telah root Ponsel Oppo A3s anda, segera download dan instal ROM Manager App di dalamnya melalui Google Play Store.
  2. Kemudian, backup ROM terbaru anda, dengan klik pada opsi Backup Current ROM.
  3. Ubah nama pada opsi Backup dan prosesnya akan segera dimulai.
  4. Setelah itu, anda klik pada opsi Instal Flash Clockworkmod Recovery pada Ponsel Oppo A3s anda yang akan muncul pada layar depan.
  5. Lalu, anda akan diminta untuk memberikan informasi mengenai Nomor Model Ponsel Oppo A3s anda melalui laman ROM Manager, pilih nomor model yang tepat dan klik lanjutkan.
  6. Nanti, File akan mulai di download dan tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah proses download selesai, anda akan ditanya apakah akan mulai instal File tersebut di Ponsel Oppo A3s anda, jika anda yakin segera lanjutkan dengan klik Proceed.
  7. Ponsel Oppo A3s anda pun akan reboot secara otomatis dan mulai menginstal CWM Custom Recovery.
  8. Akhirnya, proses pun selesai! CWM Recovery pun terinstal di Ponsel Oppo A3s. 
Baca Juga :

Sekian Penjelasan Lengkap Mengenai Cara Instal CWM Recovery di HP OPPO A3s. Semoga Bermanfaat!