Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA - Buat yang penasaran cara melacak lokasi lewat WhatsApp atau WA ternyata caranya gampang banget. Cara ini bisa dicoba di HP atau handphone bersistem android atau iOS, asal sudah mengunduh dan menggunakan WhatsApp.


Cara Melacak HP Hilang Lewat WA


Tentunya, cara melacak lokasi lewat WhatsApp bukan bertujuan mengganggu privasi atau stalking. Tips ini bisa memudahkan mereka yang janjian namun tidak juga ketemu karena tak mengetahui lokasinya.


Dengan mengetahui lokasi terkini, mereka yang janjian tak perlu bingung atau terpaksa membatalkan. Berikut cara mengetahui lokasi lewat WhatsApp yang gampang dan bisa segera dicoba:



Lacak HP Menggunakan Live Location pada WhatsApp

Fitur dari WhatsApp ini bisa langsung melacak lokasi pemilik akun WhatsApp lain alias real time. Fitur ini bisa digunakan dengan mengikuti langkah ini:


  1. Aplikasi WhatsApp dibuka kemudian dipilih orang atau grup yang akan diajak berbagi live action. Selanjutnya, klik ikon paperclip di kanan bawah dan pilih opsi lokasi
  2. Langkah selanjutnya klik berbagi lokasi terkini, kemudian berapa lama hendak menggunakan live location. Di bagian tambah keterangan, bisa diketik pesan yang hendak dikirim bila diperlukan.
  3. Penerima pesan kemudian bisa melihat langsung lokasi pengirim, termasuk pindah tempat. Fitur ini otomatis berhenti jika waktu berbagi live location sudah habis, atau bisa dihentikan sendiri dengan mengeklik berhenti berbagi.








Melacak Nomor WhatsApp dengan HLR Lookup

Metode lain adalah menggunakan aplikasi Home Location Register atau HLR Lookup. Aplikasi ini melacak HLR yang akan memberi tahu provider dan lokasi pelanggan.


Cara ini bisa dicoba saat mendapatkan pesan penipuan lewat WA dan ingin tahu lokasi pelaku. Berikut langkah-langkahnya:


  1. Aplikasi HLR diunduh terlebih dulu lewat Google Store atau situs aplikasi tersebut
  2. Nomor WhatsApp yang melakukan penipuan bisa dimasukkan dalam aplikasi HLR yang sudah diunduh, kemudian klik send
  3. Setelah beberapa saat muncul detail kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota nomer tersebut. Informasi ini bisa dibagikan hanya dengan klik send
  4. Aplikasi ini mungkin kurang akurat memberikan lokasi pelaku terkini, namun informasi tempat nomor didaftarkan bisa diketahui.


Hal Yang Harus dilakukan Pada WhatsApp Saat Ponsel Hilang

JIka ponsel kita dicuri atau hilang, sebaiknya kita melakukan pencegahan supaya orang lain atau pencuri tidak bisa memakai akun WhatsApp.


Platform WhatsApp tetap dijadikan pilihan paling praktis dan tepat karena kita tidak perlu lagi repot-repot mencari PIN atau ID kontak yang hanya memakan waktu saja.


Hal ini dikarenakan, tidak jarang nama ID dari aplikasi chatting berbeda dari nama aslinya, jadi akan sulit dicari. kita cukup mencari nama tertentu yang akan dihubungi di daftar kontak saja, selanjutnya kita pun akan menemukan kontak yang dicari dengan mudah. Bisa dikatakan jika WhatsApp telah menjadi pengganti media pesan singkat atau SMS yang terbilang praktis.


Selain itu, jika keberadaan ponsel kita sudah tidak dapat terdeteksi sebaiknya hubungi layanan pelanggan sesuai provider yang kita gunakan untuk mengunci kartu SIM. Dengan demikian, hal tersebut tidak memungkinkan kita lagi untuk dapat melakukan verifikasi dari ponsel yang hilang.


Kita juga bisa mengaktifkan akun WhatsApp kembali di ponsel baru, dengan begitu akun yang dulu bisa non aktif secara otomatis. Akan tetapi, kita baru bisa melakukan login ke akun WhatsApp memakai nomor ponsel yang lama.