Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Tinta Printer Canon MP287

Cara Mengisi Tinta Printer Canon MP287 - Tulis menulis dokumen kini semakin dipermudah dengan komputer dan lalu dicetak dengan printer, dokumen lalu bisa dicetak dalam jumlah berapa saja sesuai kebutuhan. Tak jarang juga yang lalu sengaja membeli dan menyediakan printer sendiri guna melengkapi peralatan komputer yang dimiliki baik itu berupa PC (Personal Computer) atau desktop maupun laptop. 


Cara Mengisi Tinta Printer Canon MP287
Cara Mengisi Tinta Printer Canon MP287


Namun memiliki printer jika jarang digunakan maka tintanya akan bisa kering dan lalu sulit digunakan untuk mencetak. Beberapa masalah pada printer juga bisa terjadi secara tiba-tiba, seperti ketika sedang akan digunakan untuk mencetak lalu printer macet atau cartridge kosong dan lain sebagainya. Printer sering perlu untuk diisi ulang. 


Tentunya hal itu juga harus disesuikan dengan jenis printernya. Terdapat banyak jenis tipe printer. Salah satunya adalah Printer Canon MP 287 yang cukup populer dan cukup banyak pula penggunanya. Berikut ini adalah cara mengisi tinta Printer Canon MP287.


Tips Cara Mengisi Ulang Tinta Printer Canon MP 287

Printer Canon MP 287 cukup banyak pemakainya, dan nengisi ulang tinta printer adalah hal yang sering dan secara berkala dilakukan untuk menjaga kestabilan warna dan kualitas hasil cetakan printernya.  Begitu cartridge tinta printer telah kosong maka harus segera diisi ulang supaya proses cetak bisa terus berlangsung lancar, apalagi untuk printer yang dipergunakan dalam frekuensi yang cukup sering. 


Jika sampai lupa tidak memperhatikan kondisi cartridge tinta maka hasil print out dari printernya bisa menjadi tidak berwarna atau terputus-putus hasil cetaknya  atau buram dan tidak jelas, biasanya juga ada pemberitahuan di komputer jika tinta printer telah habis. 


Untuk mengisi tinta printer Canon MP287 maka bisa dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa isi ulang tinta printer yang lebih ahli dan telah terbiasa melakukannya. Berikut ini tips panduan langkah dan cara jika hendak melalukan pengisian Ulang Tinta Printer Canon MP 287 tersebut.


Siapkan Peralatan

  1. Tinta refill untuk isi ulangnya
  2. Pin ataupun jarum atau obeng guna melubangi catridge tinta printernya
  3. Jarum suntik yang khusus untuk tinta,
  4. Kertas tissue atau lap kain guna membersihkan catridge yang telah diisi jika ada luberan tinta
  5. dan juga peralatan lainnya yang dibutuhkan.







Nyalakan Printer

  1. Pastikan printer dalam kondisi menyala, guna memudahkan proses untuk melepaskan catridge nya. 
  2. Lalu dalam kondisi printer masih menyala tersebut kemudian buka bagian cover printer dan lalu tunggu beberapa detik hingga posisi cartridge benar-benar berhenti pada posisi di bagian tengah printer. 
  3. Kemudian buka penutup casing printer nya supaya bisa dapat dengan lebih mudah melepaskan catridge nya.


Cabut Cartridge

  • Lalu cabut atau lepaskan catridge pada printer tersebut secara perlahan, dengan cara menekan cartridge hitam yakni PG 810 dan cartridge warna yakni CL 811.


Siapkan Tinta

  1. Kemudian siapkan tinta yang akan digunakan untuk mengisi di printer tersebut.
  2. Persiapkan juga suntikan yang akan digunakan untuk mengisi tinta printer.
  3. Lalu pastikan tinta yang kamu gunakan telah terisi pada suntikan tersebut.


Lepas Kabel Cartridge

  • Kemudian lepas label yang ada di bagian atas catridge yang akan diisi ulang dengan tinta yang baru.


Lubangi Cartridge

  1. Buka juga stiker penutup lubang cartridge dan pastikan lubang tersebut dapat digunakan. Perlu diketahui bahwa letak lubang cartridge tersebut berbeda-beda tergantung warna tintanya. 
  2. Pada catridge tinta warna merah maka letak lubang kecilnya tersebut ialah ada pada bagian atas, sedangkan untuk catridge tinta warna kuning letaknya ada pada bagian samping kiri. 
  3. Hal ini sama dengan cartridge tinta warna biru yang letak lubang kecilnya juga ada di pada bagian samping kiri. 
  4. Jangan sampai salah mengisikan warna tinta agar dapat menyebabkan hasil cetakan printer jadi kacau dan berantakan tercampur-campur warnanya.


Isikan Tintanya

  1. Kemudian bisa mulai untuk mengisikan tinta printer dengan cara menyuntikkannya dengan secara perlahan-lahan. 
  2. Isi cartridge hitam dengan tinta hitam dan cartridge warna sesuai dengan tinta warnanya masing-masing.
  3. Agar rapi dan tidak luber maka bisa lapisi jarum dengan kertas tissue, dan jika dalam proses pengisian tinta terlalu penuh maka bisa sedot kembali tintanya dengan menggunakan jarum tersebut.


Tutup Kembali Lubang Cartridge

  1. Kemudian jika sudah maka bisa tutup kembali lubang kecil yang tadi dilubangi di catridge tersebut agar tidak tumpah ketika saat digunakan, dengan menggunakan stiker atau selotip. 
  2. Sambil dilap dan dibersihkan jika ada tumpahan atau luberan tinta pada badan cartridge.


Pasang Kembali Cartridge pada printer

  1. Lalu pasangkan kembali cartridge yang telah diisi tinta tadi kembali pada tempatnya di printer nya
  2. Usahakan agar pada bagian PIN cartridge, tidak ada noda tinta yang tertinggal di bagian tersebut.


Tutup Penutup Casing Printer

  • Kemudian tutup penutup casing printer tersebut, lalu bisa lakukan pengetesan guna memastikan bahwa printer sudah bisa berfungsi dengan baik kembali.


Tips Hemat Tinta Printer

Guna menghemat tinta catridge printer, maka bisa dilakukan cara dengan mengubah aturan setting colour pencetakannya menjadi pilihan hitam putih atau gracycale. 


Sehingga pada saat mencetak teks, maka itu tidak akan banyak menghabiskan tinta, meski ketebalan warna hitamnya menjadi agak berkurang. Lalu apda saat hendak mencetak dokumen yang berwarna, bisa ubah kembali aturan setting colour warnanya menjadi ke pilihan colour warna.


Tips Cetak Printer Canon MP287 Tanpa Komputer

Printer Canon MP287 ialah salah satu tipe printer produksi Canon yang populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Selain harganya yang relatif murah, maka printer multifungsi ini juga dapat dimodifikasi dengan menambahkan sistem infus serta cara perawatannya juga tidak terlalu sulit. 


Tak heran jika banyak yang lantas tertarik untuk membeli printer Canon MP287 tersebut baik dalam kondisi baru atau bekas. Untuk itu maka perlu mengecek fungsional printer tersebut, yakni apakah normal atau tidak, dengan cara Manual Print Head Cleaning dan Nozzle Check. 


Berikut ini caranya yang bisa dilakukan secara langsung dari printer dengan memggunakan kombinasi tombol atau menu, tanpa perlu harus menggunakan suatu software atau komputer. Self test ini bisa dilakukan dengan cara print head cleaning atau cara print nozzle check.


Print Head Cleaning

  1. Pertama nyalakan printer, dan lalu pastikan bahwa kondisi printer telah siap.
  2. Kemudian Tekan tombol Settings, yang ada gambar Tang dan Obeng,  sebanyak tiga kali hingga muncul huruf Y pada display printer.
  3. Lalu selanjutnya Tekan tombol Start Color, jika hendak melalukan print head cleaning catridge color atau warna dan tekan tombol start Black, jika hendak melakukan print head cleaning catridge black atau hitam.
  4. Kemudian kalau terdengar suara mesin printer, maka ini tanda bahwa proses print head cleaning sedang berjalan. Tunggulah beberapa saat hingga suara mesin berhenti dan selesai cetak.


Print Nozzle Check

Sesudah melakukan print head cleaning, dengan menarik atau membuang tinta dari dalam catridge, maka selanjutnya bisa dilakukan cek hasil print head cleaning, guna mengetahui kualitas hasil cetak seluruh warna. Caranya sebagai berikut.

  1. Pertama nyalakan printer, dan lalu pastikan bahwa kondisi printer telah siap.
  2. Lalu Tekan tombol Settings, yang ada gambar Tang dan Obeng,  sebanyak sekali saja
  3. Kemudian tekan tombol Start Color atau start Black untuk proses melakukan Print Nozzle Check.
  4. Apabila hasilnya belum maksimal ataupun masih terdapat garis yang terputus-putus pada hasil print nozzle check, maka bisa dicoba ulangi lagi lalukan Print Head Cleaning hingga beberapa kali agar tinta jadi merata.

Cukup mudah sebenarnya proses pengisian ulang tintanya, namun jika kerepotan bisa meminta bantuan pada ahlinya. Sekian penjelasan secara singkat mengenai cara mengisi tinta Printer Canon MP287. Semoga Bermanfaat!