Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segala Hal Tentang Driver Printer Canon MP287 yang Penting untuk Diketahui

Driver Printer Canon MP287 - Sobat tekno, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan printer. Perangkat ini digunakan untuk mencetak dokumen yang masih berbentuk soft file ke hard file.  Namun sebelum printer bisa difungsikan untuk tujuan tersebut, kalian perlu menghubungkan terlebih dahulu printer dengan laptop/PC kalian. 


Driver Printer Canon MP287
 Driver Printer Canon MP287

Kedua perangkat tersebut dihubungkan dengan sebuah aplikasi software yang disebut driver. Pada pembahasan kali ini, kalian akan diajak mengenal lebih dalam mengenai driver dari salah 1 tipe printer produksi perusahaan ternama yaitu adalah driver printer canon MP287. Berikut adalah poin-poin pembahasan tentang driver ini yang cukup menarik untuk kalian simak.



Cara  Penginstalan Driver


Biasanya driver printer bisa kalian install lewat CD yang diberikan pada saat kalian pertama kali membeli sebuah printer. Namun tahukah kalian bahwa penginstalan driver ini  bisa dilakukan tanpa CD? Berikut adalah cara melakukan penginstalan tersebut :

  1. Link penginstalan driver ini sudah banyak tersedia dari website apapun Namun pada pembahasan ini, tutorial menginstal driver printer akan merujuk pada situs resmi dari perusahaan canon sendiri. Tidak perlu khawatir karena website ini sudah menggunakan bahasa Indonesia sehingga kalian dapat mengikuti petunjuk penginstalan dengan lebih mudah. Selain itu penginstalan yang dilakukan lewat website juga tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis. Tampilan saat kalian masuk ke situs resmi dari canon.
  2. Selanjutnya kalian klik pada fitur yang bertuliskan “dukungan” dan website kalian akan berubah tampilan 
  3. Kalian masukkan tipe printer canon MP287 pada kolom pencarian tersebut. Klik simbol “kaca pembesar”. Selanjutnya tampilan website kalian akan langsung menunjukkan tipe printer tersebut
  4. Scroll ke bawah pada halaman website tersebut. Pilih sistem operasi yang sesuai dengan laptop/PC kalian lalu klik “cari”. Selanjutnya pilih salah 1 link  install yang tersedia
  5. Setelah kalian masuk link. Lalu Klik “unduh”.

Kemudian dilanjutkan dengan,
  1. Kalian akan langsung diarahkan untuk menyimpan file penginstall driver tesebut. Tentukan di mana kalian akan menyimpan file tersebut lalu klik “save”. 
  2. Masuk ke tempat kalian menyimpan file tadi lalu klik 2x pada file installer tersebut dan  monitor laptop/PC. Klik “Yes”.
  3. File akan berproses beberapa saat untuk melakukan “unzip” konten di dalamnya jadi tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  4. Sesudah itu akan muncul tampilan untuk kalian bisa memulai menginstall driver kalian. Klik “next”.
  5. Proses penginstalan akan berjalan. Tunggu dengan sabar hingga bar  loadingnya penuh.
  6. Akan muncul perintah untuk menyambungkan laptop/PC kalian dengan printer dengan kabel USB. Tunggu beberapa saat sampai laptop/PC kalian mendeteksi keberadaan printer lalu apabila sudah selesai klik “finish”
  7. Driver printer canon MP287 kalian sudah selesai terinstal dan printer siap digunakan. Apabila kalian ingin memastikan apa benar software sudah terinstal maka bisa kalian cek di bagian Devices and Printer dengan cara : Start > Devices and Printers.
  8. Untuk mengecek apakah printer sudah siap digunakan, kalian bisa masuk ke microsoft word kalian lalu coba lakukan pencetakan salah satu dokumen, atau bisa juga pada fitur Print Test Page yang ada di menu Printer Properties.







Update Driver yang Sudah Dilakukan Canon


Perkembangan dari kecanggihan  komputer salah satunya ditunjukkan pada perkembangan sistem operasinya. Sebagai contoh Microsoft yang terus-menerus melakukan update pada sistem operasi yang dibuatnya yaitu Windows yang versi terbarunya sekarang adalah Windows 10. Dengan kecanggihan tersebut tentu juga berpengaruh pada driver printer yang digunakan. 


Oleh karena itulah Canon juga terus melakukan update untuk mengakomodasi perkembangan sistem operasi ini. Selain itu juga untuk memperbaiki kekurangan dari layanan printer mereka sendiri. Berikut adalah update-update yang telah dilakukan pada driver printer canon MP287:


Update [Ver.1.01]

Memperbaiki masalah pada fungsi pemulihan ketika terjadi masalah kertas yang tersangkut ketika dicetak.


Update [Ver.1.02]

Menambahkan Windows 8 sebagai sistem operasi yang kompatibel untuk diinstal dengan software driver printer dari canon.


Update [Ver.1.03]

Driver printer kini dapat digunakan untuk laptop/PC dengan Windows versi 8.1 dan 10 sebagai sistem operasi.


Update [Ver.1.04]

Memperbaiki kegagalan sistem yang menyebabkan instalasi driver printer tidak dapat dilakukan pada laptop /PC dengan windows 10.


Tentu apabila pembaharuan versi sistem operasi ini dilakukan maka juga akan muncul kendala kendala tertentu. Hal ini pun sudah diprediksi oleh pihak Cannon sendiri sehingga mereka juga menyediakan solusinya untuk menanganinya. Berikut adalah kendala-kendala yang bisa muncul dari pembaharuan sistem operasi pada driver printer kalian.



Kendala yang Terjadi Pada Sistem Operasi Windows 10 


  1. Terjadi ketidaksesuaian antara pengaturan pada standar print dari sistem operasi dengan standar dari sistem printer itu sendiri. Contohnya adalah saat melakukan pencetakan tanpa dibatasi margin. Oleh karena itu lakukan pengaturan standar print pada sistem printernya apabila dibutuhkan  Kalian dapat mengatur sistem printer ini dengan cara : 
  2. Klik menu “start” lalu masuk ke bagian “settings”. Pilih “devices” lalu lihat pada menu. Klik kanan pada menu tersebut dan pilih bagian “printing preferences”. Pada bagian tersebut akan memunculkan menu dialog. Kalian bisa melakukan pengaturan pada printer kalian lewat menu dialog ini. Ketidaksesuaian hasil cetak yang tertampil ketika dalam bentuk soft file dengan tampilan setelah menjadi hard file. Dalam kasus tersebut, kalian harus melakukan pengaturan pada sistem printer kalian sebagaimana dengan kendala yang terjadi pada poin 1. Ketika masuk ke menu “printing preferences” ubah ukuran kertas sesuai dengan yang kalian inginkan.

Berikutnya, 
  1. Disaat kalian membuka website yang mengandung bahasa jepang dengan browser Internet Explorer 1 dan ingin mencetaknya, Ada beberapa kasus hasil print kurang memuaskan. Untuk mengatasi ini maka kalian harus memperbaharui sistem operasi dan Internet Explorer ke versi terbaru.
  2. Canon juga menambahkan sedikit catatan usahakan jangan melakukan update pada sistem operasi kalian apabila fitur-fitur pada driver printer sedang diinstal. Hal itu dapat mengakibatkan nantinya beberapa fitur pada printer tidak dapat digunakan sehingga kalian harus menginstall ulang driver printernya. 


Pentingnya Menginstal Driver Printer Lewat Situs Resmi


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memang sudah banyak link untuk menginstal driver printer canon MP 287 yang tersebar di berbagai website. Namun lebih aman apabila kalian menginstal langsung lewat situs resmi dari Canon sendiri. 


Hal ini mencegah masuknya virus dan malware yang dapat merusak laptop/PC kalian. Selain itu juga driver pada situs resmi juga terjamin telah mendapatkan update terbaru sehingga driver yang kalian gunakan dipastikan dapat berfungsi dengan baik tanpa terganggu oleh bug (kesalahan pemrograman).