Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Dokumen Word yang Berfungsi untuk Mengetahui Nama Dokumen yang Sedang Aktif Adalah

Bagian Dokumen Word yang Berfungsi untuk Mengetahui Nama Dokumen yang Sedang Aktif Adalah - Program Microsoft Word adalah salah satunya program pengolah kata yang paling disukai banyak pemakai di dunia. Sebab memiliki banyak sejumlah fitur dengan penampilan yang gampang dipakai (pemakai friendly). 


Bagian Dokumen Word yang Berfungsi untuk Mengetahui Nama Dokumen yang Sedang Aktif Adalah
Bagian Dokumen Word yang Berfungsi untuk Mengetahui Nama Dokumen yang Sedang Aktif Adalah



Hingga software ini bisa menolong mempermudah pemakai dalam menjalankannya. Sesudah mengetahui pemahaman Microsoft Word pada artikel awalnya, kita harus juga mengetahui beberapa bagian Microsoft Word. 


Supaya kita dapat menjalankan program dan belajar MS Word dengan gampang terutama sekali untuk mengetahui nama dokumen yang sedang aktif. Pada artikel ini saya memakai tampilan Microsoft Word 2019. Tetapi sesungguhnya beberapa bagian dari penampilan tidak berbeda jauh dengan word 2007, 2010, 2013 dan 2016. Di bawah ini penampilan dan beberapa bagian Microsoft Word dan kegunaannya.



Quick Access Toolbar (Toolbar Akses Cepat)

Toolbar akses cepat ada di sudut kiri atas jendela. Toolbar ini mempunyai 3 tombol yang berupa ikon yakni tombol Save, Undo dan Redo dan Customize Quick Access Toolbar. Kegunaan toolbar akses cepat ini: Save, untuk simpan tiap perombakan file dokumen Undo, untuk menggagalkan/kembalikan perombakan file dokumen yang paling akhir. 


Nampak tombol panah ke arah bawah untuk menyaksikan tiap daftar perombakan file yang dibatalkan. Redo, untuk kembalikan penundaan jika kita sudah mengubah file dokumen yang paling akhir. Customize Quick Access Toolbar, untuk mengkustom atau kita bebas mengontrol tombol yang ada di toolbar akses cepat sesuai keperluan.








Title Bar (Baris Judul)

Title bar adalah bagian Microsoft Word yang ada di tengah-tengah teratas program waktu MS Word dibuka. Title bar berfungsi untuk tampilkan nama dokumen dan tipe dokumen yang sedang aktif pada bagian atas jendela program. 


Bila kita buka file baru dan belum dikasih nama karena itu dokumen akan secara standar namanya Document1, Document2, dan sebagainya. Bukan hanya hanya itu, peranan title bar yang lain bisa juga dipakai untuk mengalihkan jendela program keseluruhannya dengan drag and turun memakai mouse.



Window Management (Kontrol Jendela)

Window Management berada di pojok kanan atas jendela dan terdiri dari 4 tombol. Kegunaan pada setiap tombol itu diantaranya:

  • Tombol Close berfungsi untuk tutup jendela ms word
  • Tombol Restore Down dipakai untuk mengecilkan jendela. Sedang tombol Maximize dipakai untuk tampilkan dan membesarkan jendela secara full.
  • Tombol Minimize, bila tombol ini di klik karena itu jendela word memperkecil dirinya sendiri dan jadi ikon aktif pada taskbar.
  • Ribbon Display Options, untuk tampilkan atau sembunyikan toolbar ribbon, ada banyak opsi penataan yang dapat kita sesuaikan.

Oh ya, bila jendela ms word dalam ukuran normal, karena itu tombol restore akan beralih menjadi tombol maximize, begitu demikian sebaliknya.



Ribbon

Ribbon adalah kelompok menu bar yang mempunyai beberapa tombol perintah MS Word dan sudah digolongkan demikian rupa berdasar peranan setiap untuk mempermudah pemakaiannya. Peranan ribbon adalah untuk mengklasifikasikan sejumlah fitur dari MS Word yang selanjutnya diperlihatkan dengan teratur supaya gampang dijangkau. Dalam ribbon ada bagian lain yakni Ribbon di microsoft word 2019.


  • Menu bar adalah baris menu khusus yang diperlihatkan secara mendaftar di bawah title bar. Peranan dari menu bar adalah untuk mengelompokkan menu berdasar manfaatnya. Menu pada Microsoft Word secara standar terbagi dalam 10 menu. Yakni menu Home, Insert, Desain, Lay-out, References, Mailings, Ulasan, View dan Help.
  • Tombol pembuka diskusi box, ada banyak menu perintah yang mempunyai tombol pembuka diskusi box ini. Klik pada tombol itu hingga bisa tampil diskusi box yang terkait denga menu perintah itu. 



Ruler (Penggaris)

Ruler adalah fitur pengukuran halaman yang berfungsi untuk mengendalikan tatanan letak halaman baik itu text atau object (dapat gambar, table dan lain-lain). Dengan manfaatkan fitur ini kita dengan gampang dapat mengetahui dan mengendalikan batasan halaman, tabulasi, jarak teks dengan pinggir halaman atau dengan objek yang lain. Letak tersebut umumnya ada di atas lembar halaman (pas di bawah ribbon). Tetapi disamping itu kita bisa juga tampilkan ruler dari sisi halaman.


Worksheet (Lembar Kerja)

Bila kita buka dokumen baru dan nampak lembaran halaman berwarna putih itu adalah Worksheet. Worksheet biasa dikatakan sebagai helai kerja, workspace atau text tempat pada Microsoft Word. Worksheet seperti seperti kanvas. Bagian ini adalah tempat untuk menulis, mengubah, menambah gambar dan pekerjaan lain sesuai keperluan kita.


Kursor

Saat sebelum kita menulis di lembar dokumen yang baru, kita akan menyaksikan tanda garis tegak yang berkedip-kedip. Terletak ada pada kiri atas worksheet. Kursor berfungsi untuk memperlihatkan status pengetikan atau status hubungan dengan monitor sekarang ini. Saat menuliskan suatu hal karena itu text akan keluar di lokasu kursor itu.  Kita dapat mengalihkan kursor kita dengan gerakkan mouse dimanapun yang kita harapkan. Misalkan untuk mengubah text yang sudah kita catat.


Status Bar

Status bar ada pada bagian kiri paling bawah jendela MS Word. Peranan status bar adalah untuk tampilkan info secara real time berkenaan perintah yang sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka. Info itu diantaranya:


Page … of … , memperlihatkan jumlah keseluruhan halaman yang sedang diperlihatkan dan pada halaman berapakah (cursor) anda aktif.… Words, memperlihatkan jumlah kata yang ada di dokumen. English (United States), yakni Bahasa yang dipakai dalam ms word itu atau selaku pengejaan kata (spelling) pada text yang diketik.



Page View (Penampilan Halaman)

Bagian jendela yang satu ini ada pada sudut kanan paling bawah ms word. Terletak sebaris dan berdekatan dengan Status Bar. Secara standar penampilan yang nampak pada monitor kita adalah penampilan print lay-out. Dapat anda saksikan pada gambar itu jika penampilan print lay-out sedang aktif.


Pada toolbar Page View ada 5 jenis opsi penampilan yang bisa kita tentukan sesuai keperluan. Setiap memiliki peranan tertentu untuk pemakainnya. Berikut lebih detilnya apakah bedanya dari masing -masing penampilan itu: 


  • Read Model, model ini tampilkan halaman dokumen jadi satu penampilan ada 2 helai halaman secara berdampingan layaknya seperti buku yang dijilid.
  • Print Lay-out, model ini berfungsi untuk memperlihatkan ukuran sesungguhnya dari dokumen dan tampilkan tatak letak halaman. Hingga mempermudah saat dokumen akan dibuat (di print).
  • Situs Lay-out, model ini berfungsi untuk tampilkan halaman dokumen seperti penampilan pada web. Halaman dokumen akan terlihat melebar bila anda pilih penampilan ini.
  • Slider zoom in dan zoom out, untuk mengontrol perbesaran atau pengecilan penampilan halaman dokumen dengan menarik ke arah kiri untuk zoom out (atau klik tombol +) sedangkan bawa ke kanan untuk zoom in (atau klik tombol -)


Bagaimana, pada intinya apa kalian telah mengenali benar beberapa bagian jendela dari ms word untuk mengetahui nama dokumen yang sedang aktif? Yakni di bagian title menu. Selain itu pasti bila kita lagi pelajari dan coba satu-satu tiap menu yang ada karena itu kita akan terlatih memakainya.