Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Tinta Printer Canon

    Tempat Tinta Printer Canon - Tempat tinta printer canon menjadi barang yang biasa dicari dalam mesin pencarian. Di jaman yang serba digital sekarang ini, tentu proses dari cetak mencetak menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan kita. Hampir semua orang mencetak sebuah dokumen yang ada dalam komputer untuk keperluan mereka. 


    Tempat Tinta Printer Canon


    Sehingga penggunaan alat cetak menjadi barang penting dalam menunjang dunia kerja. Bahkan tak hanya mencetak perihal dokumen dalam dunia perkantoran saja, alat cetak juga dibutuhkan saat kita ingin mencetak foto maupun berkas penting lainnya. 


    Printer berasal dari kata print yang berarti cetak. Sehingga printer adalah alat untuk mencetak. Piranti keras ini disambungkan ke komputer agar bisa digunakan untuk menghasilkan cetakan teks atau grafis dari bentuk digital menjadi bentuk fisik. Banyak orang yang lebih nyaman membaca dokumen dalam bentuk fisik daripada bentuk digital. 


    Karena dokumen dalam bentuk fisik dapat dicoret-coret dengan leluasa terlebih pada saat melakukan koreksi tulisan. Terlebih orang tua pun akan merasa lebih nyaman membaca dokumen dalam bentuk fisik karena mereka dapat memegang dan melihatnya dengan jelas. 



    Sejarah Printer

    Sejak abad ke-14, perkembangan cetak mencetak sudah terjadi di Cina. Disana terdapat beberapa orang yang berhasil membuat tinta dan juga block printing. Keberhasilan itulah yang membawa pengaruh hingga terjadi inovasi akan kebiasaan tradisi menulis. 


    Namun berbeda dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Inovasi yang dialami oleh Cina tidak berkembang dengan cepat dikarenakan Cina memiliki banyak ideogram yang spesifik sehingga hal tersebut tidak efisien dalam pengaplikasiannya ke dalam mesin. 


    Berbanding dengan Eropa yang mengalami perkembangan pesat akan adanya teknologi mesin cetak saat itu. Hal ini juga menjadi dasar dari berkembangnya dunia percetakan dengan adanya perkembangan budaya yang pesat sehingga menuntut proses pencetakan dokumen tulisan harus cepat. 


    Pada abad ke-19, printer elektronik didesain untuk yang pertama kali oleh perusahaan Jepang. Kemudian printer elektronik tersebut diluncurkan pada tahun 1968. Dikarenakan banyaknya permintaan akan proses cetak dengan kecepatan tinggi, maka dibuatlah printer yang menggunakan sistem yang lebih spesifik untuk komputer.


    Hingga tahun 1984 printer laser dari beberapa merk mulai hadir. Sampai menginjak tahun 2000-an muncul banyak printer dengan kualitas yang tinggi. Dengan perkembangan jaman, maka percetakan 3D perlahan mulai dikembangkan sekitar tahun 2010.








    Fungsi Printer


    Printer memang menjadi alat penting dalam dunia percetakan. Tidak hanya mencetak dokumen, namun foto juga dapat dicetak menggunakan printer. Perbedaannya adalah ketika mencetak foto atau gambar baiknya menggunakan printer dengan kualitas tinggi agar menghasilkan cetakan yang sempurna. Karena mencetak foto atau gambar kertas yang digunakan pun adalah kertas khusus untuk memberikan hasil yang optimal.


    Namun kini printer tidak hanya mampu mencetak dengan menggunakan media kertas saja, tapi juga dapat digunakan untuk sablon, mencetak spanduk dan lainnya dengan media lain seperti kain hingga kaca.


    Keunggulan lain yang kini semakin beragam adalah adanya tambahan fitur scanner. Dari yang tadinya fungsi printer adalah alat cetak, fitur scan pada printer ini berfungsi untuk membaca dokumen kemudian mengubahnya dalam bentuk digital. 



    Jenis Printer


    Terdapat beberapa jenis printer yang dapat kita gunakan berdasarkan kebutuhannya. Berikut diantaranya beberapa printer yang sering digunakan.


    Printer Dot Matrix

    Printer ini masih menggunakan pita dan menghasilkan cetakan yang masih kasar. Warna yang dimiliki juga tidak bervariasi hanya ada hitam, biru dan juga merah. Printer Dot Matrix masih digunakan di perkantoran maupun di toko ritel.


    Printer Inkjet

    Printer ini menjadi printer yang sering digunakan untuk pribadi atau perkantoran. Dapat memberikan hasil cetak yang lebih baik karena sudah menggunakan tinta cair dengan bermacam warna.


    Printer Laser Jet

    Printer jenis ini merupakan yang terbaik dibanding dengan kedua printer diatas. Menggunakan inframerah sebagai sistem pencetaknya dan juga menggunakan bubuk toner sehingga membuat hasil cetakan lebih kering.



    Macam Tinta Printer

    Memiliki peran yang sangat penting dalam printer, kita juga perlu memperhatikan tinta apa yang sesuai dengan jenis printer yang dimiliki. Seperti halnya tempat tinta printer canon yang menjadi point penting dalam printer.


    Tinta Cair

    Tinta ini terbagi menjadi dua bentuk lagi yaitu tinta dye base dan tinta pigmen. Dapat digunakan pada tinta inkjet.


    Tinta Toner

    Tekstur tintanya kering sehingga dapat digunakan pada printer laser dan LED.


    Tinta Padat

    Berbentuk stik dengan bahan yang terbuat dari partikel pigmen dan tertanam pada lilin seperti crayon.


    Tinta Pita

    Menggunakan cartridge berisi pita dengan kain panjang pada rodanya. Umumnya tinta pita digunakkan pada printer dot matrix dan yang berjenis impact.


    Tinta Sublimasi

    Berbahan minyak, diluent, pewarna serta zat kimia lain membuat hasil cetakannya tahan lama dan tidak mudah luntur. Biasa digunakan untuk printer infus dengan media cetak selain kertas.


    Dengan mengetahui jenis tinta, maka dapat membantu kita saat proses pengisian tinta ke dalam printer. Merk printer yang sering kita jumpai yang digunakan pribadi maupun perkantoran adalah merk Canon. Canon merupakan printer berjenis laserjet. Hasil cetaknya pun lebih bagus dengan proses cetak yang cepat. Salah satu printer Canon yang sering digunakan dalam IP 2770. 


    Tempat tinta canon ini berbentuk cartridge. Saat posisi standby buka bagian depan printer. Otomatis cartridge akan bergeser ke tengah. Buka cartridge yang akan diisi tinta yang telah habis. Sesuaikan warnanya dengan cartridge jangan sampai tertukar. 


    Cabut cartridgenya dan masukkan tinta pada lubang yang ada. Dalam mempermudah pengisian, tinta dimasukkan pada suntikan khusus tinta. Tekan jarum suntik tersebut ke dalam lubang pada cartridge hingga terasa penuh. Jika sudah letakkan kembali cartridge pada tempatnya dan tutup printer. 


    Biasanya tempat tinta printer Canon yang menggunakan cartridge ini berada di bagian depan printer. Namun ada juga yang terletak diluar. Tempat tinta printer yang berada diluar biasanya adalah printer infus. Tabung tinta dari printer infus berada di sisi samping luar printer. Tabung tinta tersebut transparan sehingga saat tinta habis maka dapat terlihat dengan jelas. 


    Perawatan dari printer infus juga harus diperhatikan. Peletakkan tabung tinta harus sejajar dengan jarak yang tidak begitu jauh dari printer itu sendiri. Selain peletakkan tabung, peletakkan selang juga harus ditata dengan baik. Selang yang tertekuk akan mempengaruhi proses masuknya tinta ke cartridge. Jika tinta yang mengalir ke cartridge terhambat akan menyebabkan penyumbatan. 


    Canon memang menjadi salah satu merk printer yang cukup populer. Meskipun harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun dari dilihat dari segi kualitasnya tidak bisa dianggap remeh. Untuk itu selalu perhatikan tempat tinta printer canon agar hasil cetak tetap bagus dengan warna yang memuaskan.