Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770 - Masih bingung bagaimana cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770, jangan khawatir ! Ulasan kali ini akan membantu Anda untuk mengulas, sebenarnya bagaimana cara mengisi tinta warna pada printer canon IP2770 tersebut.  


Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770
Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770


Canon dengan tipe IP2770 ini, sudah menggunakan catridge sebagai tempat untuk menyimpan tinta yang akan digunakan, baik itu tinta warna hitam atau tinta warna. Umumnya tinta jenis ini cepat sekali habis, dibandingkan dengan tinta infus, atau juga media lainnya yang berupa botol.     


Alat dan bahan yang diperlukan

Sebelum masuk ke dalam tahap pengisian atau cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770. Sudah tentu, Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Adapun yang harus dipersiapkan antara lain :

  1. Beli tinta refil dari Canon, agar hasil kualitas printer seperti kualitas tinta awalnya. Yang harus diperhatikan disini adalah, jenis tinta yang ada di pasaran mempunyai tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan jenis tinta dan jenis printer yang Anda miliki. Jika Anda ingin membeli tinta hitam, maka sebutkan warna hitam. Demikian pula ketika anda ingin mengisi tinta warna. Maka warna yang akan dibeli antara lain warna, biru, kuning dan juga merah, yang umumnya dibeli dalam bentuk paket.  
  2. Paku / jarum, yang fungsinya untuk memperbesar lubang catridge yang ada.
  3. Syringe / alat suntik. Yang tentunya sebagai alat untuk menyuntikkan tinta printer ke dalam catridge.
  4. Tissue. Tidak bukan adalah alat untuk mengelap noda tinta yang berceceran, baik di tangan, di catridge dan yang lainnya.


Alat dan bahan seperti ini biasanya mudah Anda temukan di tempat penjualan tinta. Dengan menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan, maka pihak toko akan langsung memberikannya untuk Anda. 


Pastikan Anda mengingat dan menyebut merk dan tipe printer, agar pihak toko dapat memberikan jenis tinta yang sesuai, akan lebih baik jika tinta yang digunakan juga merk Canon.     







Cara Isi Ulang Tinta Printer Hitam Canon IP2770

Jika alat dan bahan sudah disiapkan, maka berikut adalah mengisi tinta tersebut. Berikut ini adalah cara mengisi tinta dengan warna hitam pada Canon IP2770, antara lain :

  1. Pastikan printer Anda dalam kondisi menyala, jika belum, sebaiknya hidupkan printer tersebut, dengan cara menekan tombol On.
  2. Berikutnya tunggu hingga printer benar-benar dalam kondisi menyala. Jika sudah tunggu hingga kondisi printer dalam kondisi stand by.
  3. Jika sudah, maka buka bagian cover yang ada di bagian atas printer. Tentunya hal ini dilakukan agar Anda mudah melepas catridge tinta secara mudah.
  4. Lalu tunggu hingga posisi cartridge berada di bagian tengah. Berikutnya lepaskan cartridge dari dudukannya, secara hati-hati.

Berikutnya, perlu anda perhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pastikan Anda tidak menyentuh bagian elemen yang ada di bagian depan catridge.
  2. Apabila catridge printer yang Anda miliki masih terbilang baru, dan belum pernah diisi ulang. Sebaiknya lepas bagian label yang ada di bagian atas cartridge. Dari sana, Anda dapat melihat sebuah lubang, dan lubang itulah yang nantinya akan diperbesar menggunakan paku atau jarum, yang biasanya ada di bagian packing tinta. Umumnya posisinya ada di bagian bawah.
  3. Apabila Anda akan mengisi kedua catridge, baik yang warna hitam atau yang warna, sebaiknya isi yang warna hitam terlebih dahulu.
  4. Berikutnya ambil tissue secukupnya, berikutnya tutup bagian mulut semprot, (head cartridge), agar tidak mudah bocor dan menyebar kemana-mana. Posisi tepatnya ada di bagian depan.  Masukkan ujung jarum syringe yang ada di dalam lubang yang sebelumnya sudah diperbesar. Masuk hingga menyentuh habis tinta yang ada di dalam cartridge. Memang tidak terlihat, namun Anda dapat merasakannya.


Langkah Terakhir :
  1. Masukkan tinta printer secara perlahan, sekitar 20 ml, jika sudah isi kembali sebanyak 20 ml. Pastikan Anda tidak memaksakan mengisi tinta terlalu penuh, atau bahkan sampai isinya tumpah, hingga ke luar lubang syringe.
  2. Jika sudah selesai, berikutnya bersihkan bagian mulut  semprot atau head cartridge, dengan menggunakan tissue.  Setelah selesai membersihkan bagian tersebut, kemudian pasang kembali bagian penutup, dan pasang kembali cartridge pada printer.       


Cara Isi Ulang Tinta Printer Warna Canon IP2770

Sebenarnya proses atau cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770 ini tidak terlalu jauh berbeda dengan isi ulang tinta warna hitam. Hanya saja, karena ada 3 buah warna yang akan diisi, maka Anda harus lebih berhati-hati, ketika mengisinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :


  1. Seperti yang disebutkan di atas, ada 3 buah warna yang akan digunakan, untuk mengisi tinta warna, yaitu warna merah, biru dan warna kuning. Tepatnya di catridge Anda harus mencari tahu posisi dari 3 warna tersebut. Dimana posisi warna kuning, warna merah dan warna biru. Lakukan hal tersebut, sebelum Anda mengisi ulang tinta tersebut.
  2. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kapasitas isi ulang tinta warna ini tidak terlalu banyak dibandingkan dengan tinta warna hitam. Jadi pastikan Anda harus lebih berhati-hati, ketika mengisi ulang tinta tersebut. Agar tidak terjadi pencampuran warna, antara warna satu dengan warna lainnya.

Selanjutnya :
  1. Seperti yang disebutkan pada tinta hitam, Anda perlu membuka segel dan memperbesar masing-masing lubang yang ada di dalam cartridge tersebut. Hati-hati agar jangan sampai, jarum syringe masuk lebih dalam.
  2. Berikutnya siapkan tissue, guna menutupi mulut semprot atau head catridge itu sendiri, tentunya adanya di bagian depan.
  3. Berikutnya suntikkan tinta yang akan digunakan, seperti tinta warna merah, kuning dan juga biru satu per satu, secara bergantian. Tentunya pada masing-masing posisi, dan jangan sampai tertukar. Ketika mengisi, lakukan secara perlahan dan hati-hati, sekitar 5 hingga 10 ml saja.
  4. Apabila semua warna sudah mulai terisi, dan pastikan jangan sampai terlalu penuh. Bersihkan mulut semprot / head cartridge, kemudian, letakkan kembali cartridge ke tempat awalnya, yaitu di printer.



Jika semua proses sudah selesai semua, maka berikutnya tutup kembali cover printer, lalu tunggu hingga printer dalam kondisi standby. Sebelum Anda menggunakan printer tersebut, untuk mencetak dokumen atau yang lainnya. sebaiknya lakukan head cleaning printer terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk menstabilkan proses keluarnya tinta dari mulut semprot atau head catridge.        


Jadi dari ulasan di atas, proses atau cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770, ini tidak terlalu sulit. Anda dapat melakukannya sendirian. Tapi sedikit tips untuk Anda, sebaiknya berhati-hati ketika melakukan proses isi ulang, akan lebih baik, jika mempersiapkan celemek. 


Guna menghindari cipratan yang mungkin saja terjadi, ketika Anda sedang mengisi ulang. Agar tidak terciprat pada pakaian atau baju yang sedang dikenakan. Selain itu, isi ulang tinta tersebut secara perlahan, dan sesuai ketentuan yang berlaku.