Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengunci Dan Mengatur Jaringan 4G Di Ponsel Vivo

Mengunci Dan Mengatur Jaringan 4G Di Ponsel Vivo - Seiring dengan perkembangan zaman dan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna ponsel, operator telekomunikasi mengubah jaringan ponsel menjadi 4G dari jaringan 3G atau 2G. Bahkan saat ini, jaringan 5G sudah dibuat. Tetapi sayangnya, penggunaan jaringan yang menjadi pengembangan dari jaringan 4G ini masih sangat terbatas.


Mengunci Dan Mengatur Jaringan 4G Di Ponsel Vivo
Mengunci Dan Mengatur Jaringan 4G Di Ponsel Vivo


Saat ini, jaringan 4G memang lebih diminati oleh para pengguna ponsel, termasuk para pengguna ponsel Vivo. Melihat fenomena seperti ini, operator-operator telekomunikasi memberikan harga paket internet jaringan 4G lebih murah dibandingkan dengan harga paket internet jaringan 3G atau 2G.



Kelebihan Jaringan 4G

Dibandingkan dengan jaringan 3G atau 2G, jaringan 4G memang memiliki beberapa kelebihan, terutama untuk Anda yang gemar bermain game. Adapun kelebihan dari jaringan 4G adalah sebagai berikut.


  1. Proses pertukaran data lebih cepat.
  2. Proses upload dan download lebih cepat.
  3. Mendukung sistem kerja IMT dan ITU-R.
  4. Mendukung mobilitas yang cukup tinggi.
  5. Lebih nyaman saat Anda memainkan game yang berat.
  6. Jaringan internet atau sinyalnya lebih stabil dan lebih kuat.
  7. Dapat meminimalkan buffering saat Anda streaming.
  8. Terdapat fasilitas OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) sehingga transmisi data yang melalui spektrum radio dengan skala besar akan lebih cepat.
  9. Dapat mengakses internet lebih cepat.








Kelemahan Jaringan 4G

Selain kelebihan, jaringan 4G juga memiliki beberapa kelemahan yang akan Anda alami jika mengaktifkannya. Adapun kelemahan dari jaringan 4G adalah sebagai berikut.


  1. Belum semua daerah atau wilayah dapat mengakses jaringan 4G.
  2. Tidak dapat menerima pesan singkat (SMS) atau telepon yang menggunakan jaringan 3G atau 2G karena jaringan 4G baru dapat digunakan untuk mentransfer data.
  3. Jika ingin menelepon dengan menggunakan jaringan 4G, Anda harus menggunakan Voice over LTE (VoLTE) yang baru didukung oleh beberapa operator dan ponsel.
  4. Tidak dapat mengakses internet di daerah yang lemah atau tidak mendukung 4G jika ponsel Anda sudah diubah untuk menggunakan jaringan 4G.



Cara Mengunci Dan Mengatur Jaringan 4G Di Ponsel Vivo

Sebelum memutuskan untuk mengunci dan mengatur jaringan 4G di ponsel Vivo kesayangan, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dan mempelajari kelebihan dan kekurangannya, seperti di atas. Jika Anda sudah benar-benar ingin menggunakan dan mengatur jaringan 4G, silakan ikuti cara berikut ini.


  1. Bukalah menu phone atau dialpad pada ponsel Vivo kesayangan Anda.
  2. Ketik *#*#4838#*#*.
  3. Tekan call untuk mengaktifkannya.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat halaman Menguji.
  5. Pilih Informasi Telepon.
  6. Scroll ke arah bawah hingga menemukan menu Setel Jaringan yang Disukai.
  7. Pilih LTE Only.
  8. Setelah itu, ponsel Vivo kesayangan Anda sudah beralih ke jaringan 4G.


Selain mengikuti cara di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tambahan, seperti 4G LTE Switch atau Force LTE Only. Anda dapat men-download aplikasi tambahan tersebut di Google Play Store.


Itulah cara mengunci dan mengatur jaringan 4G di ponsel Vivo kesayangan Anda. Sebenarnya, cara ini juga dapat dilakukan pada ponsel 4G lainnya. Hanya saja kode yang harus diketikkan berbeda, yaitu *#*#4636#*#*.


Jaringan 4G memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jaringan 3G atau 2G. Dengan jaringan 4G, Anda dapat mengakses internet, meng-upload, men-download, dan bermain game lebih nyaman karena sinyalnya lebih stabil dan lebih kuat. Selamat mencoba!