Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Pada Vivo

Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Pada Vivo - Semakin meningkatnya kebutuhan akan pembuatan konten, maka banyak pengguna gadget terutama smartphone yang berlomba mencari smartphone dengan kualitas kamera sebagus DSLR. Salah satunya adalah smartphone Vivo. 


Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Pada Vivo
Tutorial Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Pada Vivo


Namun sayangnya, banyak pengguna Vivo yang mengeluhkan adanya kendala "sayangnya kamera telah berhenti". Jika anda salah satunya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. 


1. Restart Kamera

Salah satu hal yang menyebabkan adanya "sayangnya kamera telah berhenti" pada Vivo adalah kamera yang dibiarkan terhenti lama. Jika ini terjadi, anda bisa mengambil restart kamera sebagai solusinya. Caranya mudah. Anda bisa membuka pengaturan, lalu buka aplikasi, masuk pada daftar aplikasi, pilih kamera, dan klik "paksa berhenti", lanjutkan dengan Ok agar semua proses kamera terhenti. Anda hanya tinggal menunggu sekitar 30 menit untuk bisa menggunakan kamera lagi.


2. Restart Vivo

Tidak hanya untuk Vivo. Restart smartphone ini bisa anda lakukan jika tiba-tiba ada beberapa aplikasi yang terhenti. Termasuk aplikasi kamera. Restart adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar semua aplikasi yang ada pada background smartphone terhenti.


3. Hapus Cache Dan Data App Kamera






Cara mengatasi "sayangnya kamera telah berhenti" selanjutnya adalah dengan menghapus cache dan data App kamera. Dengan menghapus data dan cache aplikasi, ada akan dengan mudah mengatur ulang aplikasi ke pengaturan defaultnya.


4. Copot Pemasangan Aplikasi Kamera Lain

Mungkin tidak terlintas pada pikiran anda bahwa memakai aplikasi kamera pihak ketiga bisa mengganggu kinerja kamera utama sehingga menyebabkan "sayangnya kamera telah berhenti". Aplikasi kamera pihak ketiga tersebut bisa mengambil tempat kamera utama. Jika ini terjadi, tidak lain dan tidak bukan cara menyelesaikannya adalah meng-uninstal aplikasi kamera lain selain kamera utama.


5. Scanning Virus

Seperti layaknya sebuah CPU, kadang yang menyebabkan errornya sebuah aplikasi pada smartphone termasuk Vivo adalah adanya virus yang secara tidak sopan sengaja bersarang pada sistemnya. Jika ini terjadi, jalan keluar terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan scanning virus menggunakan aplikasi bawaan Vivo atau bisa juga menggunakan aplikasi serupa yang bisa diunduh di Playstore.


6. Perbarui Software Vivo

Jika kondisi Vivo yang anda gunakan masih baru, bisa jadi penyebab "sayangnya kamera telah berhenti" adalah belum dilakukan pembaharuan sistem. Anda bisa gunakan tambalan kamera yang sengaja telah disediakan Vivo untuk mengatasi hal ini.


7. Hard Reset

Hard reset adalah cara yang paling ekstrem untuk membenahi masalah "sayangnya kamera telah berhenti". Mengapa dinamakan cara paling ekstrem? Karena cara ini sering dipakai ketika cara lain sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun sebelum anda melakukan hard reset, sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu agar data penting anda tidak lenyap.


8. Instal Aplikasi Google Kamera

Selain melakukan hard reset, anda juga bisa menginstal aplikasi Google kamera sebagai pengganti kamera utama. Bisa dikatakan aplikasi Google kamera ini merupakan aplikasi substitusi ketika kamera utama sudah tidak mungkin lagi bisa digunakan.


Itulah 8 hal yang bisa anda lakukan jika terjadi "sayangnya kamera telah berhenti" pada smartphon Vivo anda. Cara-cara di atas sangatlah mudah sehingga anda bisa melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan pada orang lain. Namun jika 8 cara di atas belum bisa juga menyelesaikan masalah anda, sebaiknya kunjungi Vivo Center terdekat di kota anda.