Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Link Group WA Tapi Bukan Admin

Cara Mengetahui Link Group WA Tapi Bukan Admin - Ingin gabung ke sebuah group WA tapi tidak tahu linknya? Tenang, itu bukan perkara sulit. Ada cara mengetahui link group WA tapi bukan admin yang bisa Anda praktikkan saat ingin join ke group yang diinginkan. Tahapannya mudah sekali. Silakan baca sampai tuntas artikel ini untuk mendapatkan penjelasannya. 


Cara Mengetahui Link Group WA Tapi Bukan Admin
Cara Mengetahui Link Group WA Tapi Bukan Admin


Fitur Group Whatsapp

Banyaknya aplikasi pesan bermunculan membuat beberapa nama yang sempat popular kini meredup akibat persaingan ketat. Seperti BBM (Blackberry Messenger) yang tersingkir oleh Whatsapp (WA). Walau kabarnya kini posisi WA mulai genting karena pesaing-pesaing baru, namun WA masih bertahan berkat sebagian orang yang masih setia menggunakannya. 


Whatsapp memungkinkan kita untuk membuat group percakapan di dalamnya. Memang itu bukan sesuatu yang baru dalam ranah aplikasi pesan, namun kapasitas member pada group WA lebih banyak dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya. Sedikitnya, WA dapat menampung member group sebanyak 256 orang. 


Bahkan bila WA tetap bertahan dalam panggung persaingan aplikasi pesan, biasanya daya tampun tersebut akan meningkat seiring pembaharuan. Sementara ina bila membernya sudah memenuhi syarat daya tampung maksimal, maka member baru yang ingin bergabung akan tertolak dengan sendirinya.


Group WA memudahkan kita dalam memupuk suatu komunitas yang diikuti. Kita dapat berkomunikasi atau bertukar informasi dengan beberapa orang yang tepat sekaligus. Untuk sistem manajerial tiap-tiap group melibatkan satu orang atau beberapa orang sebagai admin atau pengurus. 



Tugas dan Kewenangan Admin

Admin group punya mengatur izin bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi. Jika merasa perlu, ia bisa langsung menambahkan seseorang ke dalam group tanpa harus meminta izin orang yang bersangkutan terlebih dahulu. Asalkan, nomor orang tersebut sudah tersimpan dalam daftar kontak admin. 


Di luar ajakan admin, kita juga bisa bergabung dengan suatu group. Namun, butuh acc dari adminnya dulu. Jika admin setuju, permohonan bergabung akan dikonfirmasi oleh admin. 


Selain mengirim undangan bergabung atau menyetujui permintaan calon member baru, Admin juga berwenang mengapus atau mengeluarkan anggota dianggapnya tidak perlu ada. Kewenangan itu bahkan dapat dilakukan tanpa memerlukan persetujuan dari orang yang bersangkutan. 


Sebuah group memiliki lebih dari satu orang admin. Penunjukan admin kedua hanya dapat dilakukan oleh admin pertama. 


Dari admin pula informasi umum serta aturan tentang suatu group dibuat. Mengenai apa-apa yang perlu diubah pada pada informasi umum dan aturan tersebut harus atas izin atau pengetahuan admin. 


Admin juga memegang tugas controlling. Artinya, ia boleh membatasi percakapan di dalam group. Biasanya kewenangan ini digunakan admin ketika pembahasan antar anggota sudah melenceng dari point utama. Agar tidak menganggu ketentraman anggota lainnya, admin bisa “mencekal” beberapa percakapan yang dirasa tidak terlalu penting. 



Bukan Admin tapi Tahu Link Group WA

Di luar kewenangannya, seorang admin pastinya mempunyai keterbatasan. Admin tidak mungkin standby 24 jam penuh mengontrol aktivitas groupnya. Admin juga tidak mungkin mengingat satu per satu orang yang dianggap perlu bergabung. Karenanya di luar undangan dari admin, kita tetap bisa kok join ke dalam sebuah group yang diinginkan. Terpenting, cara mengetahui ling group WA tapi bukan admin sudah kita kuasai. 







Cara mengetahui link group WA tapi bukan admin tidaklah sulit. Coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

Pertama, buka browser Anda. Kunjungi situ yang menyediakan daftar link berbagai macam group Whatsapp. Untuk memudahkan, Anda bisa gunakan kata kunci “Kumpulan link Whatsapp”. Situs-situs yang dimaksud akan menampilkan daftar panjang group wa berdasarkan kategorinya masing-masing. 


Anda tinggal pilih group sesuai kebutuhan. Ada link group politik, group Tik Tok, group masak, group anime lover, group fotografi, group film, group jastip produk luar negeri, dan sebagainya. Alangkah bagus jika latar belakang Anda bergabung dalam suatu group memang benar-benar berdasarkan minat, bukan sebatas kepo belaka. Sehingga ada nilai manfaat yang bisa Anda ambil selama bergabung dalam group tersebut. Sekaligus nyambung saat berkomunikasi dengan member lainnya.



Kedua, Setelah menentukan salah satu link yang Anda anggap sesuai dengan minat/kebutuhan, klik link group tersebut. Secara otomatis Anda akan bergabung dalam group selama jumlah membernya belum melebihi batas maksimum (256 orang). 

Seperti itu cara mengetahui link group WA tapi bukan Admin. Ringkas sekali, bukan? Lantas bagaimana jika Anda ingin mengajak teman lainnya untuk ikut bergabung ke dalam group yang sama, sedangkan Anda bukan admin. 

Telah disinggung sebelumnya bahwa urusan menambah member baru maupun mendepak member lama yang tidak perlu, adalah kewenangan admin. Hanya saja, mengingat seorang admin bisa saja disibukkan oleh berbagai urusan lain, maka butuh waktu untuk mendapat persetujuan darinya. 



Untuk meringankan tugas admin, Whatsapp mengizinkan member group merekrut member-member baru. Namun, tetap memerlukan sedikit campur tangan admin pada tahapan awalnya. Begini langkah-langkahnya: 


  1. Langkah pertama, minta admin group untuk share link group dalam bentuk tautan kepada salah satu member group. 
  2. Langkah kedua, member group yang telah menerima tautan bisa menyebarkannya kembali kepada calon member yang ingin bergabung. Setelah calon member menerima tautan, ia bisa klik link tersebut lalu pilih opsi join. Dengan demikian orang tersebut resmi bergabung menjadi member tanpa verifikasi admin. 


Dua langkah di atas memang meringankan kerja admin sekaligus mempercepat proses calon member bergabung. Namun, penerimaan tanpa tahap verifikasi terlebih dahulu kadangkala menimbulkan masalah baru. Group jadi berantakan akibat member-member baru ternyata bukan orang-orang yang berada dalam satu minat atau ketertarikan yang sama. 



Cara Membuat Link Group

Sebagai seorang admin, Anda tentu diharuskan bisa membuat link dan memasukkan calon member baru. Di bawah ini ada petunjuk pembuatan link yang bisa Anda terapkan apabila menjadi admin group Whatsapp. 


  1. Buka program Whatsapp Anda terlebih dahulu. kemudian, buka group WA yang ingin Anda sebarkan undangan untuk bergabung. 
  2. Klik menu informasi pada group yang telah dipilih. Berikutnya, klik fitur “Undang Lewat Link” atau “Invite by Link”. Link tautan dapat langsung Anda paste dalam bentuk pesan lalu dikirim calon member yang nomor teleponnya terdaftar dalam phone book Anda. Bisa juga disebar melalui aplikasi lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. 
  3. Khusus untuk pengguna iPhone, undangan dapat ditanggapi oleh calon member dengan cara melakukan scan code QR langsung dari kamera telepon. 
  4. Admin juga bisa menarik kembali link yang sudah telanjur disebar apabila ternyata dalam penerapannya tidak berjalan sesuai harapan. Dalam arti kata, group dimasuki oleh orang-orang yang tidak Anda inginkan atau mengganggu suasana di dalam group. 


Seperti itulah uraian lengkap mengenai cara mengetahui link group WA tapi bukan admin, serta informasi-informasi yang masih erat kaitannya dengan group WA. Ingat, group yang baik dibentuk oleh kerjasama yang solid antara admin dan member-membernya. Semoga ulasan ini sarat manfaat bagi pembaca sekalian. 

Tags : cara masuk grup whatsapp tanpa admin, cara invite ke grup wa bukan admin, cara menambahkan teman di grup wa bukan admin, cara mengambil alih admin grup whatsapp, cara mengetahui link grup wa, cara invite grup wa tanpa admin, cara masuk grup whatsapp melalui link, cara menjadi admin grup wa tanpa persetujuan