Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Dibuka

Cari Tahu Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Dibuka - Pernahkah Anda menemukan masalah saat ingin memainkan game Mobile Legend? Semisal, aplikasinya tidak bisa dibuka. Tenang, jangan panik! Baca sampai tuntas ulasan berikut ini untuk menemukan jawaban kenapa Mobile Legend tidak bisa dibuka.

 

Cari Tahu Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Dibuka
Cari Tahu Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Dibuka


Permasalahan Umum Game Mobile Legend

Aplikasi Mobile Legend paling banyak diunduh di Play Store. Hal itu menandakan bahwa game buatan Moonton ini berhasil menyedot perhatian para player sekaligus menjadikannya populer hampir di seluruh dunia. 


Kompetensi yang kerap diadakan Moonton disambut hangat oleh para gamers sebagai sebuah tantangan seru. Dari ajang itu pula player asal Indonesia berhasil menorehkan prestasi sebagai pemenang Mobile Legends World Tournament M1. 


Moonton sengaja merancang aplikasi game ini sepraktis mungkin agar bisa dimainkan kapan dan di mana saja. Tidak seperti game-game kebanyakan yang hanya bisa dimainkan lewat PC dan serta perangkat khusus seperti kursi gaming, gear, dan sebagainya. Cukup bermodal handphone android atau iOS, kita bisa sudah bisa bermain Mobile Legend. 


Walau demikian bukan berarti aplikasi game ini bebas dari masalah. Terkadang kita akan menemui beberapa kendala yang cukup menganggu kelancaran bermain. Permasalahan paling umum yang sering terjadi adalah tidak bisa login ke aplikasi Mobil Legend. Ketika masalah ini terjadi, jelas player akan kesal dan kebingungan: kenapa Mobile Legend tidak bisa dibuka? 


Jangan panik! Kalau kita sudah tau penyebabnya, akan mudah bagi kita untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut beberapa penyebab kenapa Mobile Legend tidak bisa dibuka.


Perangkat yang Digunakan Tidak Support 

Game Mobile Legend memang dapat dimainkan melalui smartphone berbais android atau iOS. Namun smartphone tetap harus memenuhi spesifikasi minimum agar bisa mendukung aplikasi ini. Sebab dari tahun ke tahun update dan fitur-fitur barunya kian bertambah. Sehingga membuat ukuran Mobile Legend semakin besar. 


Perangkat yang tidak memenuhi spesifikasi minimum dijamin tidak kuat menampung game ini. Kalaupun bisa, pasti akan tersendat-sendat jika dimainkan. Lambat laun perangkat bisa kolaps jika terus dipaksakan. 


Jika ternyata pusat masalahnya berada di perangkat yang digunakan, maka satu-satunya solusi adalah mengganti perangkat dengan spesifikasi yang lebih memadai. 



Koneksi Internet Tidak Stabil 

Kita tahu bahwa Mobile Legend adalah jenis game online. Maka kita sangat bergantung dengan koneksi internet untuk dapat memainkannya. Koneksi internet yang buruk akan mempengaruhi kelancaran Anda bermain. Anda akan terbentur dengan masalah sulitnya login. Paling banter stuck pada loading screen dan bikin Anda jenuh menunggu. 


Solusinya, pastikan Anda menggunakan provider dengan jangkauan yang luas, kecepatan stabil, dan sesuai dengan lokasi Anda saat ini. Sangat disarankan Anda menggunakan jaringan 4G atau WIFI agar lebih kencang.


Satu hal lagi, pertimbangkan juga posisi Anda saat bermain. Terkadang posisi turut mempengaruhi sinyal. Semisal, rumah atau tempat Anda bermain diapit oleh gedung-gedung tinggi. Alhasil sinyal/jaringan internetnya jadi timbul-tenggelam. 



Cache Full 

Kenapa Mobile Legend tidak bisa dibuka juga dipengaruhi oleh cache yang menumpuk atau penuh. Anda tahu cache? Cache diartikan sebagai tempat penyimpanan file dan data aplikasi sementara. Apabila cache menumpuk, operasional sistem ikut melambat. Akibatnya game bukan hanya tersendat-sendat, bahkan log in pun menjadi sangat susah dilakukan. 


Maka dari itu, penting untuk memeriksa cache secara berkala. Caranya mudah saja, masuk ke menu pengaturan/setting >> buka aplikasi Mobile Legend >> hapus cache. Beres. Saking mudahnya, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Performa perangkat Anda akan berjalan optimal dan aplikasi Mobile Legend dapat dibuka kembali. 



Memori Ponsel Full 

Selain cache, biang kerok yang menyebabkan aplikasi Mobile Legend tidak bisa dibuka adalah memori ponsel Anda full. Sudah tidak memungkinkan lagi menjalankan program apapun. Apalagi aplikasi-aplikasi berukuran besar. Bahkan, bila dipaksakan dapat membuat perangkat Anda game over. 


Mengganti ponsel baru dengan kapasitas memori yang lebih besar memang solusi yang diutamakan. Hanya saja, belum tentu solusi ini bisa dilakukan semua orang mengingat harga ponsel berkapasitas besar tidaklah murah. Kita bisa mensiasatinya dengan solusi lain yakni memilah aplikasi yang ada di ponsel/perangkat. Hapus aplikasi-aplikasi yang sangat jarang digunakan agar daya tampung berkurang dan memungkinkan aplikasi Mobile Legend Anda tetap bisa digunakan. 







Aplikasi Kedaluwarsa 

Setiap aplikasi memerlukan tindakan pembaharuan setiap beberapa bulan sekali. Pembaharuan bukan hanya berguna untuk memperkaya fitur-fitur baru, tapi juga memperbaiki performa dari aplikasi itu sendiri. Demikian halnya dengan aplikasi Mobile Legend. 


Apabila aplikasi Mobile Legend sudah kedaluwarsa, secara otomatis Anda akan tertolak saat melakukan log in. Ini bukan masalah serius. Sebab, cara mengatasinya cukup dengan melakukan update melalui Google Play untuk mendapatkan versi terbarunya. 



Versi Mobile Legend Tidak Kompatibel

Kegagalan mengakses Mobile Legend juga bisa disebabkan karena versi yang sekarang kemungkinan tidak cocok dengan perangkat Anda. Kasus seperti ini memang jarang terjadi, tapi tetap dianggap lumrah mengingat settingan setiap perangkat itu berbeda-beda. 


Untungnya aplikasi game ini tersedia dalam beberapa versi. Jika salah satu versi tidak kompatibel dengan perangkat Anda, coba gunakan versi baru di atasnya atau justru satu tingkat di bawahnya (downgrade). 


Serangan Malware

Piranti Anda sangat mungkin diserang oleh malware atau virus. Malwareyang menyusup tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sebagian atau bahkan seluruh aplikasi yang terpasang pada perangkat. Aplikasi jadi lamban atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali karena virus merusak data-data di dalamnya. 


Untuk mengatasinya, Anda perlu memasang antivirus pada perangkat. Antivirus akan mendeteksi malware sejak dini. Namun, kemungkinan kebobolan tetap akan ada tapi persentasenya kecil. Selanjutnya, lakukan update aplikasi untuk memulihkan semua data yang telanjur dirusak malware. 


Jika ternyata masih belum bisa log in, copot/uninstall aplikasi lalu download ulang. Solusi ini biasanya ampuh untuk mengatasi aplikasi Mobile Legend yang tidak bisa dibuka karena virus. 



Perangkat Perlu Refresh 

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada perangkat menyebabkan sistem perangkat jadi “lelah”. Apalagi bila beberapa aplikasi terbuka atau dijalankan sekaligus. Hal itu bisa diumpamakan seperti manusia yang melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Lama-kelamaan performanya pasti akan menurun.

 

Untuk mengembalikan performa seperti semula, perangkat perlu di-refresh. Setelahnya, aplikasi Mobile Legend dan yang lainnya akan berfungsi normal kembali. 



Perangkat Panas dan Daya Baterai Lemah

Suhu perangkat/ponsel dan daya baterai turut mempengaruhi sulitnya log in. Sebaiknya istirahatkan perangkat apabila sudah terasa panas. Tidak disarankan juga mengakses Mobile Legend saat ponsel dalam keadaan di-charge. Anda bisa mencoba log in kembali saat baterai sudah terisi penuh. 

Selain masalah aplikasi Mobile Legend tidak bisa dibuka, ada beberapa permasalahan lain yang cukup sering dihadapi oleh player, yakni:


  1. Aplikasi mendadak terhenti atau keluar sendiri (force close).
  2. Karakter hero tidak muncul.
  3. Network error tanpa sebab yang jelas (unknown error).


Itulah beberapa jawaban atas rasa penasaran kita kenapa Mobile Legend tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat. 

Tags : mobile legend error hari ini, mobile legend tidak bisa loading, mobile legends error 99994, kenapa mobile legend tidak bisa masuk di iphone, mobile legend stuck loading 50, mobile legend tidak bisa dibuka di iphone, mobile legend error hari ini 2021, cara mengatasi mobile legend stuck di loading