Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemudahan Bersama Samsung One UI

Kemudahan Bersama Samsung One UI - Persaingan bisnis gawai terbilang sangat ketat memasuki gerbang tahun 2020. Setelah gerbang tahun ini terbuka, hampir dapat dipastikan produsen ponsel pintar akan gila-gilaan meluncurkan produk terbaru dengan kualitas inovasi yang terus ditingkatkan. Hal ini tentu menjadi agenda utama produsen ponsel asal K-pop, SaMSUNG. Ponsel pintar yang diluncurkannya sudah memiliki Samsung One UI yang dapat dipastikan akan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. 


Kemudahan Bersama Samsung One UI
Kemudahan Bersama Samsung One UI


Apa Itu Samsung One UI?

Samsung One UI adalah sistem antarmuka yang membuat hp dalam genggaman Anda tampak lebih sederhana secara tampilan, mudah digunakan, dan pastinya customized sesuai kebutuhan Anda. Perangkat lunak untuk Android yang dikembangkan sendiri oleh Samsung Electronics ini baru diluncurkan pada akhir tahun 2018. 

Tidak semua ponsel pintar memiliki Samsung One UI. Hanya beberapa tipe saja yang bisa memuaskan penggunanya karena memiliki interface system ini. Lalu, apa kelebihan dari Samsung One UI ini?


Lift To Wake

Samsung One UI membuat Anda menghemat waktu dengan layar yang menyala otomatis saat ponsel diangkat. Anda perlu melakukan pengaturan untuk kemudahan ini dengan cara:

  1. Masuk ke Settings. 
  2. Pilih menu Advanced Features. 
  3. Selanjutnya, Anda bisa memilih Motions And Gestures.
  4. Swipe slider pada pilihan Lift To Wake. Sekarang Lift To Wake Anda sudah aktif dan bisa langsung digunakan. 


Edge Screen 

Fitur Edge Screen sangat dibutuhkan bagi Anda yang sering menggunakan ponsel pintar untuk berbagai keperluan dalam satu waktu. Aplikasi edge screen dari Samsung One UI ini akan muncul manakala Anda menggeser aplikasi dari pinggir hingga berada di tengah layar. Anda bisa menambahkan aplikasi favorit ke dalam edge screen ini. 







One Hand Use

Samsung One UI memungkinkan Anda mengoperasikan hp hanya dengan menggunakan satu tangan. Silakan masuk ke settings, kemudian Anda bisa menemukan motions and gestures. Selanjutnya, saat Anda scroll ke bawah, Anda akan menemukan ONE-handed mODE. Langsung saja swipe slider untuk mengaktifkan fitur ini. 


Night Mode Otomatis

Pengaturan layar pada siang dan malam hari tentu berbeda. Hal ini sangat berguna bagi kesehatan mata Anda. Adanya Samsung One UI membuat Anda tidak perlu bolak-balik mengatur night mode. 

Night mode akan bekerja secara otomatis dengan sekali pengaturan saja sebagai berikut.

  1. Masuk ke Pengaturan Night Mode. 
  2. Kemudian, Anda bisa memilih Turn On As Scheduled. 
  3. Terakhir, Anda bisa klik Sunset To Sunrise untuk night mode otomatis dan sebaliknya. 


Samsung One UI 2.0

Fitur yang lebih banyak akan disematkan pada Samsung One UI 2.0 terbaru ini. Beberapa diantaranya adalah penghematan pemakaian data, peningkatan fitur keamanan, peningkatan mode kamera, dan pengisian daya super cepat. 


Penghematan Pemakaian Data

Anda tentu sangat gembira jika hp Samsung yang Anda gunakan bisa menampung sekian banyak data tanpa khawatir akan mengalami gangguan, bukan? Samsung One UI terbaru ini bisa mewujudkannya. Fitur ini bisa Anda maksimalkan dengan cara:

  1. Masuk ke Settings. 
  2. Pilih Notifications. 
  3. Kemudian, Anda bisa scroll ke bawah hingga menemukan Put Unused Apps To Sleep. 
  4. Tambahkan aplikasi yang hendak Anda matikan karena terlalu jarang dipakai atau sama sekali tak terpakai. 


Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Adakalanya foto-foto yang sudah kita ambil dengan susah payah justru terhapus tanpa sengaja. Anda bisa mengambilnya lagi tanpa harus mengunduh aplikasi recycle bin di App Store. Berikut cara mengambil foto yang telah dihapus.

  1. Masuk ke Camera. 
  2. Pilih tanda titik 3 yang ada di pojok kanan atas. Klik Recycle Bin. 
  3. Kemudian, Anda bisa pilih Restore untuk memunculkan foto atau gambar kembali. Selain itu, Anda juga bisa menghapus gambar secara permanen.


Hide Apps

Fitur dalam Samsung One UI ini bisa membantu Anda dalam menyembunyikan aplikasi dari Home Screen sehingga aplikasi tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain. Berikut cara menggunakan Hide Apps pada Samsung One UI. 

  1. Klik Home Screen. 
  2. Pilih Home Screen Settings. 
  3. Selanjutnya, Anda bisa memilih Hide Apps. 
  4. Lalu, Anda bisa memilih aplikasi yang hendak disembunyikan. 


Samsung One UI adalah salah satu wujud rasa peduli Samsung Electronics pada para penggunanya. Anda bisa memaksimalkan fungsi fitur-fitur di dalamnya supaya kegiatan menggunakan ponsel pintar Anda semakin mengasyikkan.


Apakah Anda tahu aplikasi terbaru apalagi yang ada di Samsung One UI terbaru?