Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti GC di WA Group? Ini Penjelasannya Ya!

    Apa Arti GC di WA Group - WA atau Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang paling populer. Aplikasi ini disukai karena mudah digunakan serta memiliki banyak fitur. Salah satu fiturnya yaitu GC. Apa arti GC di WA Group? GC sendiri memiliki beberapa kepanjangan namun jika untuk Whatsapp maka artinya adalah Group Chat. 


    Apa Arti GC di WA Group
    Apa Arti GC di WA Group


    GC atau Group Chat di Whatsapp

    Istilah GC di WA atau Whatsapp umumnya menunjuk pada Group chat. Ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Whatsapp. Adanya fitur ini membuat orang-orang bisa melakukan chat dengan banyak orang sekaligus. Group chat bisa dibuat dengan mudah oleh siapa saja yang memiliki akun Whatsapp. Saat ini ada beragam jenis grup yang dibuat oleh orang-orang. Beberapa grup yang umum dibuat misalnya grup keluarga, grup alumni, grup karyawan, grup sekolah, grup belajar, dan lain-lain. 


    Pengguna bisa membuat sebuah grup Whatsapp dengan jumlah sampai 256 anggota. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat Group Chat di Whatsapp.


    Buka Aplikasi Whatsapp 

    Membuat grup chat baru bisa dengan dua cara. Pertama dengan memilih lambang titik tiga lalu pilih Grup Baru atau New Group. Bisa juga dengan cara memilih lambang pesan lalu pilih Grup Baru yang berada di bagian atas. 


    Menambahkan Peserta

    Setelah memilih Grup Baru selanjutnya langsung menambahkan peserta. Akan muncul kontak-kontak orang yang ada di Whatsapp Anda. Pilih orang-orang yang akan dimasukkan ke dalam grup baru tersebut. 


    Memberi Nama Grup

    Setelah memilih peserta siapa saja yang akan masuk ke dalam grup selanjutnya yaitu mengetikkan nama atau subjek grup. Ketikkan nama grup yang diinginkan. Batasan nama grup yaitu 25 karakter. Bisa juga menambahkan emoji dengan mengetuk tanda emoji. Nama grup sebaiknya jelas sehingga peserta yang masuk bisa langsung memahami maksud dibuatnya grup tersebut.


    Mengganti Ikon Grup 

    Ganti ikon grup dengan mengambil gambar baik melalui galeri, kamera, atau mencari di web. Ikon grup sama seperti ikon kontak yang akan berbentuk bulat. 


    Selesai Membuat Grup

    Setelah yakin dengan grup baru yang dibuat selanjutnya klik tanda centang hijau. Grup baru selesai dibuat dan bisa digunakan untuk chat.


    Apa arti GC di WA Grup sendiri memang umumnya merupakan Group Chat. Pengguna bisa membuat grup chat untuk berbagai kebutuhan yang tentunya tidak melanggar hukum. Saat ini grup chat di WA kadang menjadi tempat untuk menyebarkan berita hoax. Hal tersebut tentu harus dihindari dengan selalu mengecek kebenaran berita dan saling mengingatkan jika ada yang salah menyebarkan berita. 


    Group chat dalam Whatsapp sejauh ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Ada banyak group yang dibuat untuk saling berbagi informasi yang bermanfaat. Ada juga yang menjadikan group chat sebagai tempat untuk menjalin silahturahmi secara virtual. Banyak yang bisa mendapatkan kabar dari teman lama karena adanya group chat alumni sekolah. Grup chat keluarga juga bisa menjadi sarana untuk saling memberi kabar antar sanak saudara.



    Makna Lain GC di Whatsapp 

    Singkatan GC yang ada di Whatsapp sebenarnya bisa dilihat dari konteks pembicaranya. Kepanjangan dari GC sendiri bisa bermacam-macam, tidak hanya Group Chat saja. Salah satu kepanjangan lain dari GC yang muncul di chat adalah Gerak Cepat. Kepanjangan ini memang tak semua orang mengetahuinya. Saat seseorang mengetikkan singkatannya bisa jadi penerima tidak memahaminya. Jika tidak yakin maka penerima pesan bisa langsung bertanya pada pengirim pesan.







    Selain itu, ada lagi kepanjangan lain dari GC yang merupakan bahasa Inggris. Beberapa makna lain dari GC bisa berupa “Good Condition”, “Good Call”, “Good Character”, “Garbage Collect” dan lain-lain. Namun secara umum jika digunakan di aplikasi Whatsapp, GC artinya Group Chat. 


    GC dengan makna Good Condition biasanya terlihat di situs jual beli seperti e-Bay. Ini muncul di iklan untuk menjelaskan keadaan barang yang dijual dalam kondisi baik.


    Sementara itu GC dengan makna Good Call dapat ditemukan di online chat dan pesan teks. Good Call digunakan untuk mengekspresikan persetujuan dari sebuah keputusan atau saran. Ada juga makna Good Character yang menunjuk pada seseorang yang sangat menarik. 


    Jadi apa arti GC di WA Group bisa sangat bervariasi. Penerima pesan bisa menebak artinya dengan melihat konteks pembicaraan. Kalimat atau kata lain yang menyertai singkatan tersebut juga bisa menjadi penunjuk apa kepanjangan dari GC yang dimaksudkan.


    Adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi lewat pesan teks seperti chat Whatsapp memang kerap terjadi. Ini bisa terjadi karena pengirim dan penerima pesan tidak memiliki pengertian yang sama. Apalagi dengan menggunakan kata-kata yang dipersingkat. Penerima pesan ada baiknya bertanya saja jika memang ada istilah yang tidak dimengerti. Meskipun terkesan tidak gaul tapi itu lebih aman agar tidak terjadi kesalahpahaman.



    Menggunakan Singkatan atau Istilah Gaul dalam Whatsapp

    Pesan chat umumnya dilakukan dengan ringkas menggunakan singkatan, bahasa gaul, dan ditambah dengan emoji untuk menghidupkan suasana. Penggunaan istilah atau singkatan tertentu meskipun populer kadang ada saja penerima yang kurang memahami. Namun singkatan dalam pesan chat memang tak bisa dihindari apalagi jika sudah terbiasa menggunakannya. 


    Pengguna whatsapp yang tidak terbiasa dengan singkatan, kata-kata slang, dan sejenisnya sebenarnya bisa mempelajarinya dengan mudah. Seperti Apa arti GC di WA Group yang bisa diartikan sebagai group chat. 


    Contoh Singkatan yang Sering digunakan dalam Pesan Chat.

    PM

    PM merupakan singkatan dari Private Message atau pesan pribadi. Saat seseorang mengirim pesan ingin PM berarti ia ingin melakukan chat secara pribadi tidak dalam grup. Ini juga umum dipakai di sosial media tak hanya di aplikasi chat saja.


    Japri

    Japri merupakan singkatan dari Jaringan Pribadi.In sebenarnya tak jauh berbeda dengan PM, yang bertujuan agar melakukan chat secara pribadi. Kata japri bisa dipakai jika berada di dalam grup chat atau menulis status. Informasi mengenai iklan barang misalnya akan diberi keterangan japri jika ingin mengetahui harga barangnya.


    GC

    GC dapat berarti group chat atau gerak cepat. Untuk kepanjangan gerak cepat kadang singkatannya adalah “gece”. Gerak cepat memiliki arti agar supaya bisa segera melakukan sesuatu.


    VC

    VC merupakan singkatan dari voice call atau panggilan suara. Pesan dengan kata VC berarti pengirim ingin melakukan panggilan suara dengan penerima pesan. Selain itu, VC juga bisa berarti video call, jika tidak yakin apa artinya maka penerima sebaiknya bertanya dulu pada pengirimnya. 


    Kirkon

    Kirkon merupakan singkatan dari kirim kontak. Misalnya jika pengirim pesan ingin meminta kontak seseorang yang diketahui oleh penerima pesan. Mengirim kontak di WA sendiri mudah untuk dilakukan yaitu lewat profil Whatsapp lalu pilih bagikan kontak.


    Whatsapp menjadi sarana yang saat ini banyak digunakan untuk mengirim pesan dan berbagi informasi. Istilah dan singkatan yang dipakai di dalamnya sangat beragam dan perlu dipahami oleh penggunanya. Seperti apa arti GC di WA group yang dapat berarti group chat dan arti lainnya tergantung konteks pembicaraan. Komunikasi melalui teks di WA sebaiknya dilakukan dengan jelas sehingga tak ada kesalahpahaman. 


    tags : apa itu gc di wa, apa itu gc di rp, apa itu gc di telegram, join gc artinya, arti gc di telegram, maksud cc dalam whatsapp, maksud nc di whatsapp, apa arti spc di wa