Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kuota Smartfren Lewat SMS dan Alternatif Lainnya

Cara Cek Kuota Smartfren Lewat SMS - Bagi pelanggan lama Smartfren, pastinya sudah hafal luar kepala cara cek kuota Smartfren lewat SMS. Tapi tidak demikian dengan pelanggan-pelanggan lain yang mungkin baru saja menggunakan paket internet Smartfren. Supaya tidak mendadak kehabisan kuota, kita memang perlu mengecek sisa kuota beserta masa aktifnya secara berkala. Demi kelancaran surfing di dunia maya, sangat dianjurkan melakukan top up sebelum kuota 0. Baca tuntas artikel ini dan pelajari cara cek kuota Smartfren lewat SMS. 


Cara Cek Kuota Smartfren Lewat SMS


Paket Internet Unlimited Smartfren

Era digital yang terus berkembang telah membuat internet menjadi salah satu kebutuhan penting manusia. Internet membawa banyak kemudahan, terutama dalam akses informasi. Berkat internet dunia serasa dalam genggaman. Namun, kelancaran berselancar di dunia maya tetap memerlukan dukungan provider yang mantap. Di Indonesia sendiri persaingan operator jaringan selular berlangsung ketat. Beberapa nama provider melambung karena banyaknya jumlah pemakai. 


Sebuah firma asal Inggris melakukan signal bertajuk “The State of Mobile Network Experience”. Berdasarkan riset open signal tersebut, diketahui bahwa jaringan 4G di Indonesia sudah lumayan matang. Rata-rata operator jaringan selular telah menyediakan jaringan 4G dengan kecepatan yang memuaskan. 


Namun, nama Smartfren berhasil mencuri perhatian. Sebab, Smartfren dinyatakan sebagai provider dengan ketersediaan jaringan 4G paling tinggi di Indonesia. Tak heran jikakeberadaan Smartfren mulai diperhitungkan. Terlebih, Smartfren terus meningkatkan layanan mutunya dan tak habis-habis memberikan banyak pilihan bonus untuk pelanggannya.


Bagi Anda yang baru jadi pelanggan, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara cek kuota Smartfren lewat SMS. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan pulsa tiba-tiba, terlebih saat Anda sedang asyik-asyiknya chatting dengan seseorang atau browsing informasi penting. Begini caranya: 

  1. Silakan buka aplikasi pesan/message yang terdapat pada HP Anda. 
  2. Ketik pesan singkat CEK, kemudian kirim ke nomor 995.
  3. Dalam tempo kurang dari 1 menit Anda akan mendapatkan pesan balasan dari operator Smartfren yang berisi informasi berupa sisa kuota dan masa aktif kuota yang digunakan. 


Bukan hanya informasi seputar kuota bisa Anda dapatkan melalui SMS, tapi juga berbagai macam prom-promo internet yang sedang berlaku. Untungnya, mengecek kuota Smartfren lewat SMS tidak dibebankan biaya atau pemotongan pulsa sama sekali. Sehingga cara ini sangat mungkin dilakukan saat Anda tidak punya pulsa sekalipun. 


Selain lewat SMS, Smartfren juga menyediakan cara alternatif untuk mengecek pulsa. Beberapa cara lainnya, yakni: 


Via Menu USSD 

Cara kedua bisa dilakukan via menu USSD atau kode dial. Sederhananya, cara ini merupakan panggilan keluar menggunakan nomor khusus. Langkah-langkahnya mudah saja: 

  1. Silakan buka aplikasi phone pada ponsel Anda.
  2. Dial ke nomor kode *995#, selanjutkan tekan icon call sebagaimana Anda hendak melakukan panggilan ke luar. 

Walau cara ini dilakukan seperti saat kita ingin menelepon seseorang, namun jangan kaget jika panggilan kita tidak dijawab dalam bentuk suara. Melainkan berupa pesan pop up yang tampil di screen ponsel Anda. Pesan tersebut akan menginformasikan berapa banyak kuota Anda dan masa aktif paket yang sedang digunakan. Simple saja, bukan?



Via Official Website Smartfren

Kemudahan mengecek kuota Smartfren juga bisa kita coba melalui official website operator selular itu sendiri. Biasanya, alternatif ketiga ini dipilih saat Anda kebetulan sedang tidak bisa mengakses HP karena suatu sebab (HP hang atau baterai habis). Jadi Anda bisa melakukannya melalui komputer/PC. Ayo ikuti langkah-langkahnya: 






  1. Pertama, pastikan perangkat Anda sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga bisa menampilkan web browser. Kemudian kunjungi official website Smartfren di https://my.smartfren.com/.
  2. Selanjutnya, akan muncul tampilan depan dari website tersebut dan perintah log in. Silakan isi kolom log in dengan nomor Smartfren Anda atau bisa juga email yang digunakan saat pertama kali melakukan aktivasi kartu. 
  3. Bila log in berhasil, Anda akan bertemu dengan halaman baru. Klik menu DETAIL yang tertera di sana. Setelahnya, akan muncul pesan pop up berisi sisa kuota yang Anda punya lengkap dengan masa aktif paket. 

Apabila Anda ingin berhenti berlangganan dengan paket yang sedang digunakan dan beralih ke pilihan paket lainnya, Anda tinggal klik opsi “Berhenti Berlangganan” pada halaman website tersebut. 


Via Aplikasi My Smartfren

Selain cara cek kuota Smartfren lewat SMS, dial USSD, atau official website, apakah masih ada cara lainnya yang memungkinkan pengguna mengetahui ketersediaan kuota dan masa berlaku paket yang digunakannya? Tentu saja ada. Anda dapat mengetahuinya via aplikasi My Smartfren. 


FYI aplikasi My Smartfren merupakan aplikasi khusus yang hanya bisa digunakan oleh pelanggan Smartfren. Di dalamnya terdapat berbagai macam layanan yang berhubungan dengan Smartfren. Contohnya, informasi seputar sisa pulsa, kuota, pilihan paket data, status kartu, masa tenggang waktu, masa aktif paket, bonus top up pulsa hingga pembelian paket internet. 


Untuk menikmati layanan informasi kuota via aplikasi, Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

  1. Pastikan Anda telah menginstall aplikasi My Smartfren itu sendiri di ponsel Anda. Pengguna ponsel berbasis android bisa menemuan aplikasi ini melalui Playstore dan App Store khusus pengguna ponsel iOS. 
  2. Kalau aplikasi My Smartfren sudah diinstal, Anda tinggal Buka aplikasi My Smartfren tersebut. Anda akan diminta sign in terlebih dahulu. Masukkan nomor Smartfren Anda pada kolom yang tersedia. Setelah terverifikasi, Anda bisa log in menggunakan nomor tadi. 
  3. Jika proses log in berhasil, Anda akan disguhi beberapa macam menu layanan. Silakan klik menu PAKET SAYA untuk mendatakan informasi mengenai kuota dan masa aktif paket Anda. Semudah itu!



Pilihan Paket Data Internet Smartfren 

Persaingan ketat antara operator selular yang ada, tak pelak mengharuskan seluruh operator maksimal dalam pelayanan dan kreatif dalam menghadirkan program-program seru. Layanan berdayaguna mempertahankan pelanggan lama, sedangkan program-program seru lebih ditujukan untuk menjaring calon-calon konsumen baru. 


Dua hal tersebut gencar dilakukan Smartfren dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu buktinya, Smartfren begitu loyal terhadap pelanggan-pelanggannya melalui pemberian bonus serta pilihan paket data yang beragam. Beberapa di antaranya seperti: 


Paket Bulanan yang terdiri atas: 

  1. Paket MIFI dari harga 200-an hingga 400-an ribu rupiah, dengan masa aktif selama 90-180 hari. Jumlah kuota 45-90 GB dan bonus kuota hingga 20 GB banyaknya. 
  2. Paket UNLIMITED seharga 60-an ribu rupiah, dengan masa aktif 30 hari. Jumlah kuota 4 GB dengan bonus harian 1 GB selama 1 bulan. 


Paket Tahunan yang terdiri atas: 

  1. Paket MIFI seharga 900-an ribu rupiah, dengan masa aktif selama 1 tahun. Jumlah kuota 200 GB dan bonus hingga 20 GB. 


Itulah beberapa contoh pilihan paket data Smartfren. Silakan tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa terapkan cara cek kuota smartfren lewat SMS atau alternatif lainnya secara berkala agar aktivitas berselancar Anda tidak terkendala hanya karena mendadak kehabisan kuota. Semoga bermanfaat.