Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak - Smartfren dikenal sebagai operator jasa telekomunikasi yang memberikan pilihan layanan prabayar dan pascabayar. Nomor kartu Smartfren bisa tidak aktif jika memang tidak diperpanjang dengan mengisi pulsa. Ada beberapa cara mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak. Ini berguna jika nomor tersebut tiba-tiba tidak bisa digunakan atau lama tidak digunakan.


Cara Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak
Cara Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak


Mengecek Nomor Smartfren Tanpa Internet

Nomor Smartfren bisa diketahui masa aktifnya secara offline, jadi tidak perlu memiliki paket data atau terhubung ke Wifi. Ini lebih mudah dilakukan jika nomor tersebut masih dapat digunakan atau terpasang di ponsel. Caranya ialah dengan melakukan pemeriksaan melalui panggilan kode dial atau dengan mengirim SMS. Syaratnya ialah kartu yang dipakai memang merupakan nomor yang ingin diperiksa masa aktifnya. 


Berikut ini langkah-langkah cara mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak melalui kode dial.

  1. Nyalakan ponsel.
  2. Buka ikon telepon atau menu panggilan.
  3. Ketik *999# lalu panggil.
  4. Tunggu sampai muncul pop up informasi yang berisi masa aktif kartu Smartfren.


Melakukan panggilan dengan kode dial tersebut juga harus memastikan bahwa ada sinyal atau jaringan telepon. Lihat pada ikon sinyal yang terletak di bagian atas, pastikan ada sinyal meski hanya satu bar.


Ada juga dengan melakukan panggilan suara ke nomor 999. Setelah masuk, maka bisa mengikuti petunjuk dari provider. Pilih informasi yang ingin diketahui misalnya soal masa aktif kartu dan sisa pulsa dalam kartu tersebut


Selain dengan panggilan kode dial, mengecek masa aktif juga dapat dilakukan dengan mengirim SMS. Caranya yaitu dengan mengirim pesan ke nomor 999. Pesan yang dikirimkan yaitu “Cek”. Tunggu sampai mendapatkan balasan dari operator. Pesan balasan yang diterima berupa masa aktif serta sisa pulsa dari nomor tersebut. 



Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak Lewat Aplikasi

Smartfren menyediakan aplikasi MySF yang bisa dipakai oleh pelanggannya. Melalui aplikasi ini bisa langsung diketahui nomor, pulsa, dan masa aktif sebuah kartu. Namun untuk masuk ke dalamnya harus menggunakan jaringan internet. Jadi ini bisa dipakai jika ponsel dapat terhubung ke internet baik melalui mobile data atau Wifi. Berikut ini cara mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak lewat aplikasi MySF.


  1. Unduh aplikasi MySF atau MySmartfren di Play Store untuk ponsel Android dan di App Store untuk ponsel iOS.
  2. Masuk ke aplikasi MySF lalu daftarkan nomor yang ingin di cek. Jika sudah terdaftar maka tinggal memasukkan nomor dan passwordnya.
  3. Pada aplikasi MySF ketuk pada profil akun. Setelah itu akan terlihat nomor kartu dan masa aktif.


Pelanggan yang bisa menggunakan aplikasi ini dengan nomornya biasanya memang nomor tersebut masih aktif. Apalagi jika masih ada sinyal dan data yang bisa dipakai menggunakan nomor tersebut.



Cara Mengecek Nomor Smartfren Masih Aktif atau Tidak Lewat Website

Smartfren memiliki website resmi yang berisi tentang informasi layanan dan produk bagi pelanggannya. Selain itu ada juga laman website mysmartfren. Laman website ini digunakan untuk melakukan pendaftaran nomor dengan NIK serta untuk mengecek nomor Smartfren. Ini bisa digunakan menggunakan browser komputer sehingga tak perlu untuk menggunakan ponsel dengan nomor yang ingin dicek. Namun perlu untuk memiliki akun yang sudah terdaftar di MySmartfren.


Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengecek masa aktif Smartfren melalui website:

  1. Masuklah ke my.smartfren.com.
  2. Masukkan user Id/email yang digunakan saat mendaftar di MySmartfren.
  3. Masukkan password.
  4. Klik Login.


Pendaftaran user mysmartfren juga bisa dilakukan melalui website ini. Masuk ke halaman registrasi dan isi informasi yang dibutuhkan. Masukkan nomor smartfren, nama, user id, dan password. Selanjutnya ikut langkah untuk registrasi MySmartfren.


Selain mengecek dengan menggunakan user id, ada juga pilihan mengecek nomor yang sudah diregistrasi. Caranya yaitu dengan masuk ke my.smartfren/check.nik.php. Masukkan nomor NIK dan nomor kartu prabayar. Lalu isi jawaban kemudian cek status. Di sini juga bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran nomor prabayar.








Mengetahui Nomor Smartfren yang Tidak Aktif

Pengguna sebenarnya bisa mengetahui sebuah nomor hangus dengan melihat apakah kartu dari nomor tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Nomor yang sudah hangus atau habis masa tenggangnya tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau SMS. Nomor tersebut juga tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan internet. Pulsa serta paket yang dimiliki dalam kartu sebelum juga akan hangus tidak dapat dipakai lagi.


Saat kartu masa aktifnya habis maka pelanggan tidak bisa menggunakan pulsa yang tersisa di dalamnya. Ini serupa seperti nomor yang sudah hangus namun selama masa tenggang berarti masih bisa diperpanjang sehingga nomor aktif kembali. Sedangkan jika nomor sudah hangus maka tidak bisa diaktifkan kembali. 


Smartfren sendiri menyediakan masa tenggang selama 30 hari setelah masa aktif sebuah kartu sudah habis. Saat masa aktifnya habis maka pelanggan bisa memperpanjang dengan mengisi pulsa. Pengisian pulsa otomatis akan memperpanjang masa aktif kartu tersebut. Selain dengan mengisi pulsa, bisa juga dengan cara membeli paket internet dengan pulsa. Ada bonus tambahan masa aktif jika membeli paket internet.



Mengaktifkan Nomor yang Telah Hangus dengan Paket Pascabayar

Setelah mengetahui cara mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak, selanjutnya bagaimana jika kartu memang telah hangus? Nomor yang telah hangus sebenarnya tidak dapat diaktifkan seperti sedia kala karena telah melewati masa tenggang. Jadi pelanggan harus memperkirakan kapan masa tenggangnya habis sehingga bisa memperpanjang masa aktif tepat waktu.


Namun kartu prabayar yang telah hangus tersebut bisa diubah menjadi pascabayar. Jadi bisa digunakan kembali walaupun layanan kartunya menjadi sedikit berbeda. Caranya yaitu dengan mendatangi gerai Smartfren terdekat. Ini mungkin sedikit rumit karena harus datang ke gerai dengan membawa beberapa persyaratan. Tapi jika memang nomor tersebut tidak ingin hilang maka cara ini perlu dilakukan.


Beberapa syarat yang perlu dibawa misalnya KTP atau kartu identitas lainnya dan kartu keluarga. Bawa juga kartu yang telah hangus tersebut. Setelah itu beli paket pascabayar secara tunai atau dengan kartu.


Pelanggan yang tidak ingin kartunya hangus memang perlu rutin melakukan pengecekan pulsa dan masa aktif kartu tersebut. Apalagi jika kartu tersebut jarang dipakai sehingga kadang membuat lupa untuk melakukan pengisian pulsa. Kartu yang tidak dipakai kadang memiliki nomor yang cukup penting karena digunakan sebagai pendaftarkan untuk berbagai layanan. Misalnya nomor tersebut digunakan untuk akun wa atau akun toko online. Tentu saja diusahakan agar nomor tersebut bisa tetap aktif sehingga akun di layanan yang terdaftar juga tetap aktif.


Cara mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak cukup mudah dilakukan baik dengan kode dial, SMS, aplikasi, atau website. Kartu yang ternyata sudah tidak aktif sebaiknya segera diperpanjang agar kartu tidak melewati masa tenggang dan hangus. Ada baiknya menggunakan kartu tersebut dan mengisinya dengan rutin jika memang nomornya penting.


tags : cara cek masa aktif smartfren di aplikasi, cara cek masa aktif kartu smartfren di aplikasi, cek masa aktif smartfren unlimited, cek masa aktif smart cambodia, cek masa aktif smartfren mifi, cek masa aktif kuota smartfren, cek masa aktif telkomsel, cara unreg kartu smartfren