Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren dengan Internet atau Tanpa Internet

    Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren dengan Internet atau Tanpa Internet - Kuota internet saat ini menjadi hal yang cukup penting bagi para pengguna ponsel. Smartfren menjadi salah satu operator telekomunikasi yang menyediakan layanan internet bagi para pelanggannya. Cara mengecek sisa kuota Smartfren sendiri bisa dilakukan melalui ponsel atau komputer. Ada banyak paket internet yang bisa dipilih jika kuota tinggal sedikit atau habis. 


    Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren
    Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren


    Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren Tanpa Internet

    Mengecek sisa kuota Smartfren dapat dilakukan meski ponsel tanpa sambungan internet. Ini bisa dilakukan jika tiba-tiba sinyal internet hilang. Tentu pelanggan akan bertanya-tanya apakah kuota internet habis atau ada masalah di jaringannya. Untungnya pelanggan masih bisa mengecek kuota internet secara offline. Jadi meskipun tidak ada jaringan internet tetap bisa mengecek. 


    Cara mengecek kuota data internet secara offline bisa dilakukan dengan melakukan panggilan kode dial. Langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

    1. Hidupkan ponsel, pastikan sinyal ponsel masih ada.
    2. Masuk ke menu panggilan.
    3. Ketik *995#.
    4. Lakukan panggilan dengan tekan Call atau ikon telepon.
    5. Tunggu sampai muncul pop up informasi mengenai kuota iinternet.


    Mengecek kuota bisa juga dilakukan dengan melakukan panggilan suara ke operator. Nantinya yang menjawab adalah mesin otomatis. Caranya ialah dengan melakukan panggilan ke 999. Dengarkan baik-baik petunjuk dari operator. Ketik angka yang diperintahkan untuk mengetahui berapa sisa kuota internet. 


    Selain melalui panggilan, mengecek kuota Smartfren dapat dilakukan dengan mengirim SMS. Berikut langkah-langkah untuk mengecek kuota melalui SMS.

    1. Buka ponsel, masuk ke menu Pesan atau SMS.
    2. Masukkan nomor tujuan untuk mengecek kuota yaitu 995.
    3. Pada kolom pesan ketikkan CEK.
    4. Kirim pesan tersebut.
    5. Tunggu SMS balasan dari operator. SMS balasan akan berisi nomor kartu dan sisa kuota internet yang dimiliki. 


    Mengecek dengan SMS mudah untuk dilakukan dan gratis. Pesan yang didapat juga bisa tersimpan sehingga bisa dibaca ulang. Berbeda jika melakukan panggilan suara yang jawabannya berupa suara. Sedangkan jika menggunakan kode dial akan mendapat jawaban berupa pop up informasi yang tidak dapat tersimpan. 


    Namun tak jarang pesan SMS tersebut kemudian tidak mendapat balasan dari operator. Ini bisa terjadi karena masalah sinyal atau jaringan operator yang sedang gangguan. Lakukan cara lain jika kemudian pesan tidak terbalas dalam waktu yang lama. Jika sinyal ponsel ternyata memang tak ada berarti memang terjadi gangguan pada operator.



    Cara Mengecek Sisa Kuota Smartfren dengan Internet

    Jika ponsel masih bisa terhubung ke internet maka mengecek kuota dapat dilakukan melalui aplikasi yang disediakan operator. Smartfren sendiri memiliki aplikasi MySF atau MySmartfren yang bisa digunakan pelanggan untuk mengetahui pulsa, kuota, atau bonus yang dimiliki. Melalui aplikasi tersebut juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi paket kuota yang bisa dibeli. 


    Mengecek kuota Smartfren melalui aplikasi bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

    1. Unduh aplikasi MySF (MySmartfren) di Play Store atau App Store.
    2. Lakukan pendaftaran jika sebelumnya belum pernah memakai aplikasi ini. Login bisa dilakukan dengan menggunakan alamat email atau nomor ponsel. 
    3. Setelah masuk ke dalam aplikasi maka akan muncul nomor serta sisa pulsa. 
    4. Gulir layar sehingga bisa terlihat informasi mengenai kuota atau paket internet yang digunakan. 







    Selain mengecek langsung dengan ponsel melalui aplikasi, bisa juga dengan browser komputer. Pelanggan bisa mengecek melalui komputer atau laptop melalui website resmi MySmartfren. Ini serupa seperti mengakses aplikasi di ponsel namun ditampilkan di layar browser. Berikut cara untuk mengecek kuota melalui website:

    1. Pergi ke alamat my.smartfren.com.
    2. Masukkan user id atau email yang sudah didaftarkan di aplikasi MySmartfren.
    3. Masukkan password.
    4. Klik login.
    5. Periksa informasi kuota internet yang tersisa.


    Melakukan pengecekan melalui website seperti ini juga membutuhkan jaringan internet. Namun ini tidak perlu terhubung dengan ponsel. Jadi bisa menggunakan jaringan internet apa saja. Pengguna hanya perlu user id dan password saja. Jika lupa dengan password yang dipakai ada juga menu lupa password. 


    Bagi yang belum mendaftar di MySmartfren, bisa juga melakukan pendaftaran di website. Pergi ke menu daftar lalu isi informasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Hal utama yang dibutuhkan yaitu nomor Smartfren itu sendiri. Info lainnya bisa diisi sesuai dengan keinginan pelanggan. 


    Pendaftaran dengan melengkapi data tersebut nantinya akan dilanjutkan pada tahap verifikasi token. Nantinya akan ada nomor token yang dikirim ke nomor Smartfren yang didaftarkan. Jadi yang bisa mendaftar hanya yang memiliki nomor tersebut. Setelah itu proses registrasi dapat selesai. 


    Cara mengecek sisa kuota Smartfren melalui website seperti ini dapat dilakukan jika ponsel tidak dapat digunakan. Misalnya jika ponsel tersebut tidak memiliki jaringan atau sinyal yang baik. Gunakan Wifi dari jaringan internet lainnya sehingga tetap bisa mengakses website melalui komputer. Jika ternyata kuota masih ada namun internet Smartfren masih tak dapat dipakai berarti kemungkinan ada gangguan. 



    Mengisi Kuota atau Paket Internet Smartfren

    Setelah cara mengecek sisa kuota Smartfren baik secara offline atau online, selanjutnya yaitu memutuskan apakah akan membeli kuota tambahan atau paket internet baru. Jika ternyata sisa kuota masih banyak maka bisa menunda untuk membeli kuota yang baru. Namun jika hampir habis maka bisa segera mengisi tambahan kuota atau mendaftar paket internet baru. 


    Smartfren sebagai operator layanan telekomunikasi memberikan banyak pilihan paket internet. Pilihan paket internet tersebut kadang berubah secara berkala tergantung dari program yang sedang dijalankan provider. Saat akan mengisi kuota bisa melihat dulu jenis paket internet mana yang cocok untuk kebutuhan.


    Beberapa pilihan paket internet yang tersedia misalnya:

    1. Paket data 10N+3GB (15rb).
    2. Paket data 10N+9GB (35rb).
    3. Paket data 10N+18GB (55rb).
    4. Unlimited Lite 28 hari (55rb).
    5. Volume Based 16GB (40rb).
    6. Kuota Nonstop 14GB (45rb).
    7. Kombo VIU 3GB (29rb).


    Cara mendapatkan paket internet tersebut bisa dengan melakukan pembayaran dengan menggunakan pemotongan pulsa. Selain itu, bisa juga menggunakan layanan e-commerce yang menyediakan pembelian paket data. Pembelian juga bisa dilakukan melalui mobile banking yang menyediakan pembelian paket data untuk Smartfren. Selain itu bisa juga dengan membeli voucher data Smartfren.


    Smartfren juga memberikan pilihan produk premium yang memberikan kuota dengan kapasitas besar. Harga yang ditawarkan sesuai dengan besaran kuota data yang diinginkan. Berbeda dengan dulu, saat ini kartu Smarftren bisa digunakan untuk berbagai perangkat ponsel. 


    Setelah mengisi paket data selanjutnya yaitu mengecek sisa kuota yang tersedia. Pengguna bisa memilih cara apa yang paling mudah untuk digunakan. Ada yang lebih senang mengecek dengan cara mengirim SMS, ada yang mengecek dengan kode dial, dan ada pula yang langsung membuka aplikasi MySF dari Smartfren.


    Cara mengecek sisa kuota Smartfren yang beragam tersebut bisa dipilih sesuai dengan keadaan. Saat ternyata tak bisa tersambung ke internet maka bisa langsung memilih opsi SMS atau kode dial. Kadang pengecekan tersebut tidak mendapat balasan, lakukan pengecekan kembali saat jaringan operator tidak sedang terganggu.


    tags : cara mengecek kuota smartfren, aplikasi cek kuota smartfren, cek kuota smartfren 2021, cara cek kuota smartfren 2021, cek kuota smartfren mifi, cek kuota smartfren andromax, cek pulsa smartfren 4g, paket internet smartfren