Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang

    Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang - Percakapan grup chat di Whatsapp bisa hilang atau terhapus karena beberapa hal. Cara mengembalikan grup wa yang hilang tersebut bisa mudah dilakukan jika data sudah di-back up. Ada baiknya mengatur penyimpanan data Whatsapp sehingga jika tidak sengaja terhapus dapat dikembalikan. Apalagi jika grup chat tersebut mengandung pesan atau file yang penting.


    Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang
    Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang


    Mengapa Pesan dan Grup WA bisa Hilang?

    Whatsapp saat ini digunakan untuk berbagai kepentingan baik untuk chat pribadi, sekolah, sampai pekerjaan. Tak hanya mengirimkan pesan, namun file audio, video, dan gambar juga kerap dikirimkan. Whatsapp sendiri secara otomatis akan menyimpan data-data yang dikirimkan ke akun pengguna. Cara mengembalikan grup WA yang hilang sebenarnya mudah dilakukan jika data pemulihan masih ada. 


    Kadang data riwayat chat dan grup Whatsapp tiba-tiba menghilang. Pengguna yang tidak merasa menghapus tentu saja akan terkejut dan ingin mengembalikan data tersebut. Beberapa alasan mengapa riwayat chat dan grup WA bisa hilang, antara lain:


    Tidak Sengaja Menghapus Data

    Kadang pengguna atau orang lain yang menggunakan ponsel tersebut memang tidak sengaja menghapus data Whatsapp. Penghapusan data tersebut mungkin disebabkan karena memori ponsel yang penuh sehingga memilih untuk menghapus beberapa data. Tanpa disengaja ternyata data Whatsapp yang ada di ponsel ikut terhapus.


    Menggunakan Aplikasi Antivirus dan Pembersih Data Tertentu

    Riwayat chat di Whatsapp dapat terhapus dengan sendiri karena adanya aplikasi lain yang menghapusnya. Aplikasi seperti antivirus dan cleaner bisa otomatis menghapus data tertentu tanpa disadari oleh penggunanya. Jika tiba-tiba terhapus setelah menggunakan aplikasi antivirus atau pembersih data maka sebaiknya menonaktifkan aplikasi tersebut.


    Data yang Corrupt

    Data Whatsapp bisa terhapus dengan sendirinya karena adanya data yang corrupt. Hal ini bisa terjadi tanpa disadari sehingga tiba-tiba saja kemudian riwayat dan grup wa bisa menghilang. 


    Menghapus Whatsapp dan Menginstall Ulang

    Pengguna kadang menghapus Whatsapp karena error, ada update baru, memori penuh dan alasan lainnya. Selanjutnya saat menginstall ulang ternyata tidak bisa melakukan pemulihan karena data yang tersimpan juga ikut terhapus. Pengguna bisa masuk dan melakukan chat baru, namun riwayat chat dan grup sebelumnya akan terhapus.


    Menggunakan ponsel baru

    Saat menggunakan ponsel baru tentunya akan mengunduh aplikasi Whatsapp baru. Pengguna tidak bisa mendapatkan riwayat chat sebelumnya jika ternyata tidak menyimpan di penyimpanan awan seperti Google Drive.


    Itulah beberapa alasan mengapa riwayat chat dan grup bisa hilang. Cara mengembalikan grup WA yang hilang cukup mudah jika ada data pemulihan yang tersimpan. Beberapa pengguna mungkin tidak menyimpan data Whatsapp secara online. Hal tersebut akan menyulitkan jika ingin memulihkan data yang sudah terhapus di ponsel. 



    Memulihkan Riwayat Chat dan Grup yang Hilang

    Cara mengembalikan grup WA yang hilang sebenarnya sama dengan memulihkan riwayat chat. Riwayat group chat yang hilang tersebut serupa dengan riwayat chat pribadi lainnya di Whatsapp. Data yang tersimpan tersebut dapat dipulihkan jika memang sebelumnya sudah tersimpan. Berikut ini langkah-langkah untuk memulihkan riwayat chat:


    Uninstall, lalu Install Ulang

    Saat tiba-tiba riwayat chat pribadi dan grup hilang di Whatsapp maka uninstall dulu aplikasinya. Selanjutnya unduh kembali aplikasi Whatsapp, tunggu sampai terinstall di ponsel.


    Masuk ke Nomor yang Digunakan Sebelumnya

    Masuk ke aplikasi Whatsapp menggunakan nomor yang sebelumnya digunakan untuk akun Whatsapp. Pastikan nomor yang dipakai masih dalam keadaan aktif. Verifikasi nomor yang digunakan. 


    Ketuk Pulihkan

    Setelah itu akan ada permintaan untuk memulihkan riwayat chat dan media dari Google Drive. Ketuk Pulihkan, selanjutkan data Whatsapp yang tersimpan di Google Drive otomatis akan terunduh.


    Ketuk Lanjut

    Ketuk Lanjut dan chat akan ditampilkan saat proses inisialisasi selesai dilakukan.



    Pemulihan data dari Google Drive ini bisa dilakukan jika sebelumnya sudah melakukan pengaturan otomatis di Google Drive. Pengguna yang tidak melakukan penyimpanan data secara online tidak bisa melakukannya.


    Jika riwayat data Whatsapp masih ada di ponsel maka Whatsapp akan otomatis memulihkan data dari file yang ada di ponsel tersebut. Cadangan data di ponsel lama tentunya tidak akan dipulihkan jika menggunakan ponsel baru. Data dari ponsel lama perlu dipindahkan lebih dulu ke ponsel yang baru.







     

    Mengembalikan Data Riwayat Chat dan Grup dari Cadangan Lokal

    Aplikasi Whatsapp memungkinkan untuk menyimpan data-data ke cadangan lokal selama 7 hari terakhir. Penyimpanan lokal dibaut otomatis setiap hari pada pukul 2 dini hari. Data ini akan tersimpan di ponsel. Data biasaya akan tersimpan di folder sdcard/WhatsApp. Selain itu bisa juga berada di penyimpanan internal atau penyimpanan utama. 


    Saat ada data cadangan di ponsel, maka aplikasi Whatsapp yang baru diunduh akan otomatis dipulihkan datanya. Namun akun atau nomor yang dipakai untuk masuk tetap harus sama.


    Cadangan lokal yang sudah agak lama sebenarnya juga bisa dipulihkan. Ini bisa jadi cara mengembalikan grup wa yang hilang atau riwayat chat yang hilang. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:


    Mengunduh Aplikasi Manajer File

    Jika belum memiliki aplikasi file manager di ponsel maka unduh dulu di Play Store. Tunggu sampai terpasang di ponsel.


    Buka Data Whatsapp

    Pada aplikasi file manager, buka sdcard/WhatsApp/Database. Data tersebut bisa tersimpan di kartu SD atau penyimpanan internal ponsel. 


    Ganti Nama File

    Ubah nama file cadangan yaitu dari msgstore-TTTT-BB-HH-1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Cadangan yang lebih lama biasanya akan memiliki kode protokol dengan angka yang lebih sedikit misalnya crypt9 atau crypt10. Jangan ubah nomor tersebut.


    Uninstall Whatsapp, lalu Install Ulang

    Copot dulu aplikasi Whatsapp di ponsel dengan melakukan uninstall. Selanjutnya unduh kembali dan pasang ulang.


    Melakukan Pemulihan

    Saat masuk ke aplikasi Whatsapp lakukan pemulihan data. Tunggu sampai selesai.



    Menyimpan Riwayat Whatsapp di Google Drive

    Selain melakukan cadangan otomatis di ponsel, pengguna disarankan untuk mencandangkan secara online di Google Drive. Whatsapp sendiri sudah bekerja sama dengan Google Drive sehingga pengguna bisa dengan mudah menghubungkan akunnya. Agar bisa melakukan cadangan dengan Google Drive ini memerlukan akun Google yang aktif. 


    Pada aplikasi Whatsapp masuk ke ikon titik tiga lalu masuk ke Setelan - Chat - Cadangan chat - Cadangan ke Google Drive. Lalu pilih frekuensi cadangan, dan pilih akun Google yang digunakan untuk tempat penyimpanan riwayat chat. Pencadangan secara manual dan otomatis bisa diatur melalui setelan chat ini.


    Jika belum ada akun Google yang terhubung maka bisa menambahkan akun yang dimiliki. Jangan mengganti-ganti akun yang digunakan karena pengguna bisa kehilangan akses ke cadangan di akun sebelumnya. 


    Data Whatsapp baik berupa chat atau file lainnya kadang memang memenuhi memori ponsel. Adanya pilihan pemulihan dari penyimpanan awal seperti Google Drive ini bisa sangat membantu. 


    Cara mengembalikan grup WA yang hilang juga sama saja dengan memulihkan riwayat chat. Perlu riwayat data yang masih tersimpan apakah itu di ponsel atau di penyimpanan awan. Akun akan tetap menjadi anggota grup kecuali memang tidak sengaja keluar atau dikeluarkan.


    tags : cara mengembalikan whatsapp yang hilang, cara mengembalikan chat wa di hp baru, cara mengembalikan chat whatsapp yang sudah di delete for me, cara mengembalikan chat wa yang terhapus tanpa instal ulang, cara mengembalikan chat wa yang hilang, cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup, cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen, cara mengembalikan chat whatsapp yang sudah di clear