Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hanya 10 Langkah: Cara Membuat Pintu Otomatis di Minecraft

Cara Membuat Pintu Otomatis di Minecraft - Siapa yang tidak mengenal Minecraft? Permainan seru ini digandrungi anak-anak dan umumnya diijinkan oleh orangtuanya. Mengapa? Bisakah membuat aneka desain rumah canggih? Bagaimana cara membuat pintu otomatis di Minecraft? Ayo kita cari tahu.


Cara Membuat Pintu Otomatis di Minecraft
Cara Membuat Pintu Otomatis di Minecraft


Permainan Seru untuk Semua

Jika harus memilih, kebanyakan orang tua akan mengijinkan putra atau putrinya memainkan Minecraft dibandingkan permainan digital lain. Minecraft adalah permainan digital bak pasir. Permainan ini dibuat oleh pengembang asal Swedia bernama Markus Persson. Sejak dirilis pada tahun 2009, Minecraft telah berhasil menarik perhatian. Permainan ini dirilis penuh pada tahun 2011. Microsoft membeli permainan ini pada tahun 2014. Hingga saat ini, Minecraft tetap disukai.


Secara visual, mungkin banyak orang akan merasa aneh dengan permainan ini karena bentuknya yang serba kotak-kotak. Namun dengan permainan ini orang bisa menghasilkan banyak hal. Meskipun semakin kreatif seseorang, ia akan semakin bagus dalam menghasilkan produk di Minecraft, namun orang paling tidak kreatif sekalipun masih bisa memainkan permainan ini. 


Pada dasarnya ada dua mode permainan yaitu mode kreatif dan mode bertahan hidup. Pada mode kreatif, pemain dapat membangun bangunan sederhana seperti rumah dengan segala variasinya. Pada mode ini, pemain memiliki sumber daya tidak terbatas. Pemain dapat pula menantang diri membangun bangunan yang lebih megah seperti istana yang dilengkapi berbagai perangkat penunjang hidup. Dengan mode ini, Anda mungkin akan menemukan cara membuat pintu otomatis di Minecraft. Sebagai catatan, semua dibangun dengan menggabung-gabungkan kotak-kotak memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. 


Pada mode bertahan hidup, pemain dapat masuk sangat jauh ke dalam dunia. Pemain akan dipertemukan dengan mob berbahaya. Agar dapat bertahan hidup, pemain mungkin harus membuat senjata atau zirah. Kelebihan lain, Minecraft dapat dimainkan multiplayer. Selain itu, Minecraft dapat dimainkan dengan PC maupun telepon seluler.



Pintu Otomatis

Sumber daya tanpa batas dalam Minecraft mode kreatif memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam benda dan alat untuk mengamankan dirinya. Bagaimanapun, rumah yang dibangun dalam mode kreatif dapat digunakan dalam mode bertahan hidup. Oleh karena itu penting untuk mengamankan setiap komponennya. 


Di dunia nyata, orang mengamankan rumah dengan pagar dan berbagai sarana pengaman. Selain itu, rumah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk hidup yang lebih nyaman dan mudah. Sebagai contoh, adanya peralatan otomatis, seperti lampu otomatis dengan sensor cahaya ataupun pintu otomatis sehingga orang tidak perlu membuang energi untuk mendorong dan menutupnya kembali.


Salah satu benda yang ada dalam kehidupan nyata dan ternyata juga dapat dibuat di Minecraft adalah pintu otomatis. Bagaimana cara membuat pintu otomatis di Minecraft? Apakah sulit? 


Ternyata pembuatan pintu otomatis ala Minecraft tidaklah sulit. Yuk, baca langkah-langkah berikut ini dan ikuti. 


Pertama, sebagaimana membuat bangunan di dunia nyata, kita membutuhkan beberapa bahan baku, antara lain:

1. Redstone

Redstone adalah komponen non padat yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan, seperti menyalakan cahaya, menggerakkan benda, dan sebagainya. Redstone dapat diperoleh dengan cara menambang dari kedalaman, dibeli dari penduduk desa (pendeta), dari peti, atau penyihir. 


2. Redstone Torches (Obor Redstone)

Obor redstone adalah komponen non padat yang dapat digunakan untuk menyalurkan energi redstone. Pada saat digunakan, obor redstone harus disambungkan dengan jaringan redstone sehingga dapat berfungsi sesuai keinginan pembuatnya. 







3. Cobblestone 

Blok biasa pada Minecraft. Cobblestone yang umum digunakan adalah berupa kotak abu-abu dengan penampakan mirip dengan batu biasa. 


4. Sticky Pistons

Sticky piston adalah blok yang dapat digunakan untuk menekan blok lain sekaligus bisa menarik blok lain tersebut, sehingga posisi awal tidak berubah. Sticky piston dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.


5. Stone Pressure Plates

Stone pressure plates adalah bidang datar yang bereaksi terhadap tekanan, misalnya akibat diinjak atau saat ada benda tertentu diletakkan di atasnya. Selain stone pressure plates dari bahan batu, juga ada yang berbahan kayu dan bahan lainnya. Namun dalam tutorial ini akan digunakan yang dari bahan batu. 



Setelah bahan-bahan siap, Anda dapat mulai menyusun bangunan pintu otomatis. Pertama, tentukan lokasi dimana pintu akan dibuat. Tutorial ini ditulis untuk pintu dengan lebar dua blok. 


Langkah kerja yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Gali lubang dengan kedalaman dua blok, lebar tiga blok dan panjang dua blok. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:
  2. Buat lubang memanjang tepat di tengah lebar lubang (meneruskan bagian tengahnya) ke arah samping sebanyak dua blok dengan kedalaman dua blok dan lebar satu blok. Kemudian lanjutkan menghilangkan satu blok lagi di depan Anda. Lakukan hal yang sama untuk sisi lain lubang utama. Bagian panjang ini kita sebut koridor. 
  3. Ambil redstone dan pasang pada lubang utama, sehingga Anda memiliki jaringan redstone berukuran dua kali tiga blok. 
  4. Ambil redstone torch dan pasang pada ujung panjang setiap koridor.
  5. Pasang redstone pada lantai koridor sehingga redstone torch dan jaringan redstone pada lubang utama terhubung.
  6. Tutup seluruh permukaan dengan cobblestone. Khusus di ujung koridor, blok akan terpasang di atas permukaan tanah. 
  7. Pasang sticky piston di bagian tepi dari lubang-lubang utama dan hubungkan dengan bagian samping pintu atau biasa kita sebut kusen. 
  8. Selanjutnya, pasangkan bahan pintu pada sticky piston. Anda bisa membuat pintu dari bahan kaca, kayu, atau cobblestone biasa.\
  9. Langkah terakhir, pasang masing-masing sebuah stone pressure plate di depan setiap sisi pintu.
  10. Lakukan pengujian. Seharusnya dengan cara ini, saat Anda berdiri di atas stone pressure plate, pintu akan otomatis terbuka. 



Manfaat Pintu Otomatis

Pintu otomatis di dunia nyata sangat bermanfaat dalam penghematan energi orang yang berlalu lalang melalui pintu tersebut. Adanya pintu otomatis juga sangat memudahkah, terutama ketika orang yang akan lewat sedang membawa barang dan tangannya tidak bisa digunakan untuk membuka pintu. 


Di Minecraft, pintu otomatis juga memiliki fungsi serupa. Selain itu, adanya pintu otomatis dapat dimanfaatkan sebagai pintu kejutan, misalnya saat ingin mengecoh pemain lain atau mob pengganggu. 


Anda dapat menambahkan pintu otomatis ini pada bangunan yang sudah ada. Hanya saja Anda perlu mengatur ulang beberapa bagian, misalnya di dekat pintu sudah telanjur diletakkan barang atau ornamen khusus, maka mungkin Anda harus menyingkirkannya untuk sementara. 


Selain itu, saat membuat pintu otomatis, Anda dapat pula menambahkan ornamen sehingga tidak perlu menggunakan blok tambahan. Adanya ornamen akan memperindah penampilan bangunan dan memberikan nilai estetik yang tinggi bila memang Anda berniat menarik perhatian pemain lain. 


Nah, di atas adalah versi mudah dari cara membuat pintu otomatis di Minecraft. Silahkan mencoba dan berkreasi, sehingga keterampilan Anda semakin baik dan menjadi pemain unggulan di Minecraft. 


Tags : cara membuat pintu otomatis di minecraft menggunakan command block, cara membuat pintu rahasia di minecraft, cara membuat kolam otomatis di minecraft, how to make automatic door in minecraft pe, minecraft sliding door with lock