Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nah Begini Cara Daftar Kartu Telkomsel Baru Melalui SMS dan Gerai

    Cara Daftar Kartu Telkomsel Baru - Karus SIM di Indonesia perlu didaftarkan atau diregistrasi dengan menggunakan kartu identitas dan kartu keluarga. Begitu juga dengan kartu sim dari provider Telkomsel. Cara daftar kartu telkomsel baru cukup mudah dilakukan dengan mengirim pesan SMS. Setiap orang yang ingin menggunakan kartu baru wajib untuk lebih dulu melakukan registrasi.


    Cara Daftar Kartu Telkomsel Baru
    Cara Daftar Kartu Telkomsel Baru


    Caranya Registrasi Kartu Baru

    Sejak 31 Oktober 2017 lalu, pemerintah Indonesia mewajibkan warganya untuk melakukan registrasi kartu SIM. Tak hanya yang membeli kartu SIM atau kartu perdana baru saja, namun pemilik kartu lama juga wajib melakukan registrasi. Hal tersebut tertuang dalam peraturan Menkominfo No.12/2016. Peraturan tersebut akan terus berlaku sampai ada peraturan baru. 


    Pelanggan Telkomsel juga perlu melakukan registrasi untuk menggunakan layanan kartu SIM yang dimilikinya. Cara daftar kartu telkomsel baru serupa dengan kartu dari provider lainnya. Registrasi dilakukan dengan mengirim SMS. Berikut ini syarat yang perlu disiapkan untuk melakukan registrasi.


    NIK

    NIK atau Nomor Induk Kependudukan terdiri dari 16 digit yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini dapat ditemukan di KTP berupa nomor 16 digit yang terletak di bagian atas. 


    Nomor KK

    Nomor Kartu Keluarga atau KK juga terdiri dari 16 digit. Ini dapat dilihat di Kartu Keluarga yang dimiliki, nomor tersebut berada di bagian atas. 


    Sebelum melakukan pendaftaran, siapkan syarat tersebut. Nomornya bisa dicatat lebih dulu atau KTP dan Kartu Keluarga langsung disediakan. Pendaftaran sendiri dilakukan melalui SMS, jadi perlu ponsel yang aktif. Nomor yang didaftarkan juga harus berada di dalam ponsel tersebut. Jadi SMS yang nantinya dikirimkan berasal dari kartu SIM yang nomornya akan didaftarkan.


    Berikut ini cara daftar kartu telkomsel baru. Kita simak ya:

    1. Masuk ke menu pesan.
    2. Ketik SMS: Reg<spasi>NIK#Nomor KK#.
    3. Kirimkan ke nomor 4444.


    Setelah mengirim SMS tersebut maka perlu menunggu proses validasi data. Proses ini dilakukan untuk validasi identitas diri dari pelanggan melalui database yang dimiliki pemerintah atau dukcapil. Waktu validasi data biasanya tidak terlalu lama, maksimal ialah 1x24 jam. Jika ada gangguan pada sistem, aktivasi bisa coba dilakukan kembali sampai berhasil. 


    Selain pelanggan baru, pelanggan lama juga wajib melakukan registrasi kartu. Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda yaitu melalui SMS. Pelanggan lama yang ingin melakukan pendaftaran ulang, yaitu dengan ketik SMS: ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#. Kirim SMS tersebut ke 4444. Tunggu sampai proses validasi selesai.


    Proses pendaftaran kartu SIM bisa dilakukan secara mandiri oleh masing-masing pelanggan. Hanya perlu menyiapkan nomor nik dan kartu keluarga saja sehingga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. 



    Pendaftaran Kartu Telkomsel di Gerai

    Selain melakukan pendaftaran kartu perdana melalui SMS, pelanggan juga bisa melakukannya di gerai Telkomsel terdekat. Di gerai biasanya juga dijual kartu perdana, jadi bagi yang ingin membeli bisa langsung di tempat. Setelah memiliki kartu perdana tersebut nantinya akan dibantu untuk melakukan registrasi oleh petugas. 


    Melakukan pendaftaran di gerai resmi Telkomsel tidak hanya bisa dilakukan oleh WNI namun juga oleh WNA. Warga asing atau WNA tentunya tidak memiliki KTP dan KK seperti WNI sehingga proses pendaftarannya tidak bisa melalui SMS. Mereka harus langsung mendatangi gerai Telkomsel dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.







    Cara daftar kartu telkomsel baru bagi WNA ialah dengan menggunakan kartu identitas berupa paspor atau Kartu Izin Tinggal Terbatas(KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Bawa identitas diri tersebut ke gerai Telkomsel. Nantinya petugas akan melakukan pendataan nama serta informasi lainnya seperti nomor identitas yang tersedia, kewarganegaraan, serta tempat dan tanggal lahir. 


    WNA yang ingin melakukan registrasi sebaiknya langsung pergi ke gerai resmi Telkomsel bukan ke outlet atau konter lainnya. Konter tidak resmi tidak memiliki wewenang untuk pendaftaran sehingga kadang tidak jujur mengenai data. Identitas yang dimasukkan bisa jadi milik orang lain misalnya dengan menggunakan KTP milik sendiri. Jadi kartu yang dipakai nantinya malah tidak jelas kepemilikannya karena didaftarkan atas nama orang lain.


    Pendaftaran kartu di gerai juga dapat dilakukan bagi yang gagal saat melakukan pendaftaran via SMS. Registrasi di gerai umumnya tidak akan gagal karena petugas sudah memahami prosedur yang harus dilakukan. Bagi yang merasa ragu untuk mendaftar melalui SMS, bisa saja langsung mendaftar ke gerai. Namun jangan lupa untuk membawa ktp dan kartu keluarga. 



    Kenapa Pendaftaran Kartu Perdana Gagal Dilakukan?

    Pendaftaran melalui SMS memang paling mudah untuk dilakukan. Sayangnya kadang registrasi yang dilakukan dengan mengirim SMS dapat gagal dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, baik dari pengguna atau sistem registrasi. 

    Berikut ini 5 alasan mengapa pendaftaran bisa gagal dilakukan.


    Salah Format

    SMS registrasi kartu harus sesuai dengan format. Ketik sesuai format yang sudah ditentukan, yaitu Reg<spasi>NIK#Nomor KK#. Jika ada kesalahan misal nomor KK terbalik dengan nomor NIK maka registrasi akan gagal.


    Salah Memasukkan Nomor NIK atau KK

    Nomor NIK dan KK sama-sama 16 digit. Periksa lagi apakah nomor yang diketikkan tersebut sudah benar. Nomor yang salah nantinya tidak bisa divalidasi. 


    Salah Nomor SMS

    Cara daftar kartu telkomsel baru melalui SMS ke nomor 4444. Mengirim ke nomor yang keliru tentunya menyebabkan kegagalan.


    Gangguan Sistem Registrasi

    Gangguan pada sistem registrasi bisa saja terjadi. Hal ini bisa menyebabkan registrasi tak bisa dilakukan. Coba lakukan registrasi lagi secara berkala. 


    Gangguan pada sinyal provider

    Sinyal provider yang terganggu bisa membuat SMS tidak terkirim. Jadi perlu menunggu saat jaringan memang lancar. 



    Daftar Kartu SIM Perdana Itu Penting Lho

    Registrasi kartu perdana merupakan hal wajib sehingga harus dilakukan oleh semua pelanggan layanan telekomunikasi. Tak hanya Telkomsel, namun kartu dari provider lainnya juga harus diregistrasi lebih dulu agar dapat digunakan. Kartu perdana yang tidak diregistrasi tidak akan bisa digunakan. Pengguna tidak perlu ragu untuk melakukan registrasi dengan identitas dirinya karena ini merupakan persyaratan yang diwajibkan.


    Pemerintah sendiri membuat peraturan ini agar bisa lebih mudah dalam melindungi masyarakat dari kemungkinan perilaku kriminal. Melalui layanan telekomunikasi mobile banyak kejahatan yang bisa terjadi misalnya, teror, phising, spamming, dan lain-lain. Ini juga dapat membangun data pelanggan yang berguna untuk masalah finansial, seperti distribusi donasi, hibah dari pemerintah, dan lain-lain.


    Pelanggan sebaiknya mendaftarkan sendiri kartunya dengan nomor identitas pibadinya. Tidak perlu meminta bantuan konter yang tidak resmi. Jika ingin mendapatkan bantuan maka bisa langsung ke gerai resmi Telkomsel saja. Ini akan lebih aman dilakukan jika melalui cara yang resmi. 


    Cara daftar kartu telkomsel baru mudah dilakukan apalagi hanya melalui SMS saja. Setiap pelanggan hanya perlu mengirimkan SMS dengan format yang benar. Bagi yang kesulitan, misalnya para orang tua maka bisa meminta bantuan pada anak atau langsung pergi ke gerai terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan KK untuk memasukkan nomor identitas.


    tags : cara registrasi kartu telkomsel 2020, cara registrasi kartu telkomsel tanpa kk, registrasi kartu telkomsel gagal, cara registrasi kartu telkomsel sms, cek registrasi kartu telkomsel, tidak bisa registrasi kartu telkomsel, registrasi telkomsel sms, cara registrasi kartu telkomsel 2021