Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Turnamen Mobile Legend Ini Wajib Kamu Tahu

Peraturan Turnamen Mobile Legend - Peraturan tunamen Mobile Legend menjadi perhatian para pemain yang ingin bertanding. Mobile Legend adalah game online yang dimainkan oleh jutaan orang. Pemainnya berasal dari seluruh dunia. Saking banyaknya pemain sampai ada tunamen Mobile Legend mulai dari tingkat regional sampai internasional. 

Peraturan Turnamen Mobile Legend
Peraturan Turnamen Mobile Legend


Turnamen inilah yang membuat pemain Mobile semakin menjamur di penjuru dunia. Anda termasuk salah satunya? Jika iya, apakah sudah pernah mengikuti turnamen Mobile Legend? Seru ya!


Nah, dari turnamen tersebut, muncul pemain berbakat dari seluruh dunia. Tak sedikit yang juga mendapatkan keuntungan dari bermain game. Jadi bukan sekadar bermain, tetapi juga mendapatkan cuan. 


Sama seperti pertandingan lain, turnamen Mobile Legend juga ada aturan mainnya lho. Peraturan turnamen Mobile Legend ini dibuat agar pertandingan dapat berjalan dengan baik. Apalagi melibatkan pemain dari seluruh dunia. Mau tidak mau, harus ada aturan main yang dibuat dan diikuti oleh seluruh pemain. 


Turnamen Mobile Legend juga menjadi ajang para pemain untuk mengasah kemampuan. Pasalnya dalam turnamen, mereka akan bertemu dengan pemain dari berbagai negara. Tentunya para pemain tersebut punya trik permainan yang berbeda. Bagi pemain Mobile Legend pemula, bisa menjadi ajang belajar. Sedang bagi mereka yang sudah kerap ikut turnamen, ini adalah kompetisi. 



Ini yang Perlu Diperhatikan dalam Turnamen Mobile Legend 

Turnamen Mobile Legend sudah beberapa kali digelar. Dari turnamen tersebut, muncul pemain terhebat. Ada juga pemain terhebat Mobile Legend yang berasal dari Indonesia. Jika Anda tertarik untuk ikut turnamen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.Termasuk peraturan turnamen Mobile Legend yang digelar oleh MoonToon selaku pengembang. 


1. Sistem Pertandingan 

Penyelenggara biasanya mengadopsi sistem Best of 3 atau Bo3 dalam turnamen Mobile Legend. Sistem tersebut dimulai dari babak penyisihan atau kualifikasi sampai ke semifinal. Untuk babak final, barulah penyelenggara menggunakan sistem Best of 5 atau Bo5. Sistem tersebut diterapkan untuk turnamen berskala nasional atau internasional. Untuk turnamen regional atau skala kecil, menggunakan sistem gugur.


Sistem gugur artinya dua tim yang bertanding, tim yang kalah tidak berhak untuk lanjut ke babak berikutnya. Sedang sistem Bo3, akan ada tiga babak yang dimainkan. Skor yang tertinggi bisa masuk ke babak berikutnya. Mirip pertandingan sepakbola ada juga sistem kualifikasi grup. Pemain yang berhasil menjadi juara grup artinya melaju ke babak berikutnya. 



2. Penentuan Juara

Permainan Mobile Legend menuntut pemain bermain objektif. Pemenang akan ditentukan berdasarkan siapa yang berhasil menghancurkan benteng pertahanan lawan. Akan tetapi, jika salah satu tim menyerah alias tidak mampu lagi melanjutkan pertandingan maka piha penyelenggara berhak mendiskualifikasi. 


3. Persyaratan Tim 

Satu tim Mobile Legend terdiri dari lima orang. Setiap tim bisa memiliki pemain cadangan. Pihak penyelnggara bisa menentukan jumlah pemain cadangan yang dibolehkan. Untuk turnamen Mobile Legend tingkat dunia, pihak penyelenggara biasanya juga memberikan slot untuk manajer tim. 


4. Banned Hero 

Pada pertandingan tertentu penyelenggara berhak untuk melakukan banned hero. Setiap tim ada tiga hero yang dibanned. Selain itu, dalam pertandingan, penyelenggara juga berhak menentukan hero apa saja yang akan dibanned. Biasanya penyelenggara akan membanned hero-hero baru atau yang sedang terkena bug. 








Perhatikan Ini, Peraturan Turnamen Mobile Legend yang Wajib Anda Tahu

Kendati permainan online, ada juga lho peraturan turnamen Mobile Legend yang wajib ditaati. Peraturan ini secara garis besar diadopsi oleh setiap penyelenggara. Jika ada perbedaan biasanya hanya terletak pada sistem kualifikasi apakah menggunakan sistem gugur atau Best on 3. 


Berikut ini adalah poin-poin utama yang menjadi aturan main dalam turnamen Mobile Legend. 

1. Pemain 

Setiap pemain harus memiliki akun atau aplikasi Mobile Legend sendiri. Tidak menggunakan akun milik orang lain. Satu tim terdiri dari lima orang. Satu orang yang ditunjuk sebagai kapten. Jumlah pemain cadangan biasanya akan ditentukan oleh penyelenggara. 

Aturan main umum lainnya adalah pemain tidak diperkenankan main di tim lain kendati beda grup. Satu pemain hanya boleh bermain di satu tim saja. 



2. Tim 

Tim yang bertanding tidak diperkenankan menggunakan nama yang mengandung unsur SARA dan pornografi. Setiap penyelenggara punya ketentuan nama tim. Misalnya singkatan nama pemain atau menggunakan nama tertentu. 

Tim menyerahkan nama pemain ke pihak penyelenggara. Kebanyakan penyelenggara tidak mengizinkan pemain mengganti nama pemain mereka. Jadi sebelum bertanding, tentukan dulu nama Anda. Jangan sampai Anda ingin mengganti nama di tengan permainan. 



3. Sistem Pertandingan

Ada beberapa sistem pertandingan yang digunakan. Sebagian besar menggunakan sistem gugur. Tim yang menang berhak lanjut ke babak berikutnya. Ada juga yang menggunakan sistem best of 3. Biasanya sistem Bo3 digunakan ketika masuk di babak semifinal. Sistem mana yang digunakan tentu akan dilihat dari antusias atau jumlah pemain. 



4. Setelan Lobby 

Untuk pertandingan lobby, pemain yang berhak membuat lobby adalah yang berada di atas bracket. Setelah selesai barulah kapten lawan diundang ke lobby. Untuk posisi tim, bisa ada kesepakatan atau ditentukan oleh pihak penyelenggara. 



5. Sistem Match 

Dalam peraturan turnamem Mobile Legend pemain dilarang untuk melakukan pause permainan dengan alasan apapun. Termasuk masalah koneksi internet atau perangkat yang bermasalah. Jadi pastikan koneksi internet stabil dan perangkat yang digunakan dalam keadaan prima. Terutama masalah baterai dan memory. 

Tidak ada toleransi bagi pemain yang terkendala masalah koneksi internet. Jika terjadi masalah tersebut maka itu tanggung jawab dan risiko yang harus dihadapi. Apabila ada kendala bug, kapten harus segera melapor ke wasit atau pihak penyelenggara agar bisa dilakukan pause game sementara. 



6. Tepat Waktu 

Pemain harus ada di arena permainan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pertandingan pun harus dimulai tepat waktu. Beberapa turnamen juga memberikan waktu tunggu. Artinya pemain yang datang terlebih dahulu boleh masuk ke area permainan. Mereka punya waktu tunggi 10 menit sampai pemain lawan tiba. 

Apabila dalam kurun waktu tersebut tim lawan tidak juga datang, maka tim pertama berhak walkout. Setelahnya tim yang datang lebih dulu melapor ke penyelenggara untuk pertanyaan sebagai pemenang. Penyelenggara akan melakukan verifikasi terlebih dulu. 



Tim dilarang melakukan remake tim tanpa izin atau persetujuan dari wasit atau penyelenggara sebelumya. Apabila ada tim yang didiskualifikasi atau batal permain, maka pemain atau tim berikutnya sudah harus siap. Jadi, Anda juga harus bersiap jika tim berada di urutan kedua atau ketiga. 


Nah, demikian garis besar aturan main yang ada di Mobile Legend. Sebagai catatan setiap turnamen punya aturan lain yang dibuat sendiri. Jika ada perbedaan, tentu berdasarkan petimbangan pihak penyelenggara. Nah, selamat bertanding dan jangan lupa pada peraturan turnamen Mobile Legend.


Tags : peraturan turnamen mobile legend 2021, peraturan turnamen mobile legend offline, cara membuat turnamen mobile legend sendiri, peraturan turnamen pubg, cara menganjurkan pertandingan mobile legend, how to organize mobile legends tournament, how to create tournament room in mobile legends, proposal esport mobile legend