Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

    Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati - Ketika Anda menggunakan sebuah ponsel maka Anda tentu harus memiliki sebuah nomor ponsel. Nomor ponsel bisa didapatkan dari provider yang bermacam-macam, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu provider di Indonesia yang sudah sangat terkenal adalah Smartfren. Beberapa orang yang menggunakan kartu Smartfren sudah sering menceritakan bagaimana baiknya sistem layanan yang dimilikinya.


    Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati
    Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati


    Apabila Anda mengalami beberapa keluhan seperti kartu Smartfren mati, maka Anda harus menemukan bagaimana cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati. Kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kartu apabila sudah mati, terblokir, tidak ada sinyal dan sebagainya. 


    Cara ini bisa dilakukan di rumah maupun harus datang langsung ke galeri Smartfren untuk meminta bantuan dari customer service. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. 



    Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

    Tidak perlu panik, ada sebuah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati. Sayangnya, Anda hanya bisa mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati dengan datang ke galeri Smartfren. Kartu yang mati tidak akan bisa digunakan untuk dial up maupun SMS sehingga tidak ada jalan lain untuk mengubah status kartu dari kartu mati menjadi kartu aktif. Bagaimana langkah-langkah memperbaiki status kartu di galeri Smartfren? 


    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membawa kartu yang sudah mati ke galeri Smartfren. Sebelum datang ke galeri, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Anda harus mempersiapkan kartu SIM yang lama, yang sudah hangus atau mati, lalu Anda juga harus mempersiapkan fotokopi KK, fotokopi KTP dan uang. Anda juga harus mempersiapkan riwayat telepon. Catat 3 sampai 5 nomor terakhir yang dihubungi selama 3 bulan terakhir. 


    Apabila semua berkas sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung datang ke galeri Smartfren terdekat. Silakan mengantri dan sampaikan kepada Customer Service terkait keluhan yang Anda alami yakni kartu telah hilang atau hangus. Katakan juga bahwa Anda ingin mengaktifkan kartu tersebut kembali. 


    Usahakan pemilik kartu atau orang yang identitasnya terdaftar adalah orang yang datang langsung ke galeri. Mengapa demikian? Selagi proses pengembalian masa aktif kartu, Anda akan ditanyai beberapa hal terkait kartu yang Anda miliki. Jika sudah menjawab semua pertanyaan dengan baik, Anda hanya perlu menunggu hasilnya. 


    Anda harus mengeluarkan sejumlah uang apabila kartu telah aktif kembali dan diganti dengan kartu baru. Biaya tersebut berguna untuk mengganti kartu yang telah diaktifkan kembali. Anda akan diberikan kartu SIM baru dengan nomor yang sama sehingga bisa digunakan seperti biasanya. Apabila dibutuhkan, Anda mungkin harus melakukan registrasi kartu kembali. 



    Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir 

    Jika sebelumnya dijelaskan bagaimana cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati, maka kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir. Sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa penyebab yang membuat kartu sim mudah terblokir. 


    Penyebab pertama adalah telah melewati masa tenggang. Setiap Anda mengisi pulsa, Anda akan diberikan waktu atau masa tenggang yang bervariasi. Apabila Anda tidak kunjung mengisi pulsa maka status kartu Anda akan berubah dari aktif menjadi tenggang. Setelah kartu melewati masa tenggang, maka kartu akan diblokir secara otomatis oleh operator Smartfren. Penyebab kedua adalah salah memasukkan PIN. 


    Jika nomor Anda terblokir karena salah memasukkan PIN maka Anda akan diminta memasukkan kode PUK. Kode PUK ini sudah tertera dengan jelas di bagian cangkang kartu perdana Smartfren Anda. Tetapi biasanya, banyak orang yang sudah tidak menyimpan cangkangnya lagi. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni:







    Melalui Sosial Media

    Anda bisa mencoba menghubungi sosial media Smartfren untuk mendapatkan kode PUK dari nomor Anda. Anda bisa menghubungi melalui akun twitter resmi Smartfren atau melalui akun fanpage Facebook resmi Smartfren. 

    Caranya mudah saja, pertama silakan buka sosial media yang akan dijadikan media permintaan kode PUK. Anda bisa langsung menuju inbox atau Direct Message dan mengatakan bahwa Anda meminta tolong kepada admin. Sampaikan juga keluhan bahwa Anda ingin meminta kode PUK untuk nomor Anda. 

    Setelah admin sosial media tersebut membalas pesan Anda, Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor Smartfren yang digunakan, nomor NIK dan tempat tanggal lahir Anda. Apabila dibutuhkan, admin juga akan menanyakan beberapa hal guna melakukan pencocokan data-data dari nomor Anda. Jika semua data yang dibutuhkan sudah lengkap dan cocok, maka Anda akan diberitahu berapa nomor PUK dari nomor Smartfren Anda. 


    Melalui Call Center 

    Jika Anda ingin mendapatkan respon yang lebih cepat terkait nomor PUK, maka Anda bisa menghubungi melalui call center Smartfren. Ada 3 nomor yang bisa Anda hubungi, yakni 888, 02150100000 dan 08811223344. 

    Anda bisa memilih salah satu dari nomor tersebut. Anda hanya perlu menceritakan kronologi kejadian dan maksud Anda menghubungi call center. Anda akan dibimbing untuk menyebutkan data-data pendukung guna mendapatkan nomor PUK dari nomor Smartfren Anda. 

    Apabila nomor PUK sudah bisa Anda dapatkan, maka Anda bisa langsung memasukkannya agar SIM tidak jadi terblokir dan aktif kembali. 



    Cara Non Aktifkan Kartu Smartfren

    Bagian selanjutnya yang akan dibahas adalah bagaimana cara menonaktifkan kartu Smartfren. Biasanya, cara ini dilakukan apabila Anda sudah tidak lagi menggunakan kartu Smartfren, tetapi tidak ingin nomornya disalahgunakan sehingga lebih baik dinonaktifkan saja. Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan, yakni:


    Melalui SMS 

    Anda bisa menonaktifkan kartu Smartfren yang Anda miliki melalui SMS. Pertama, silakan buka aplikasi perpesanan di ponsel Anda lalu pilih menu pesan baru. Ketikkan UNREG#NIK#. Pastikan Anda memasukkan nomor NIK dengan urut dan benar. 

    Apabila format sudah lengkap, silakan kirimkan pesan tersebut ke 4444. Anda akan mendapatkan balasan yang menyatakan bahwa nomor sudah tidak teregistrasi. Semua layanan seperti SMS, telepon maupun paket data akan langsung terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. 


    Melalui Contact Center 

    Anda bisa langsung menghubungi server Smartfren dengan menghubungi nomor 4444. Jelaskan bahwa Anda ingin dibantu untuk proses nonaktivasi kartu Smartfren. Dalam proses penonaktifan kartu, Anda mungkin membutuhkan beberapa data seperti NIK dan KTP. 


    Melalui Galeri Smartfren 

    Anda bisa langsung membawa nomor kartu yang akan dinonaktifkan dengan datang ke galeri Smartfren. Anda akan dibantu menyelesaikan masalah hingga selesai. Anda hanya perlu datang dan membawa beberapa berkas yang sekiranya dibutuhkan. 

    Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencari tahu cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati. Pastikan Anda meminta bantuan operator atau customer service apabila mengalami kesulitan dalam proses. Selamat mencoba. 


    tags : cara mengaktifkan kartu smartfren yang terblokir, cara mengaktifkan nomor yang sudah tidak aktif, cara mengaktifkan nomor yang hangus, cara memperpanjang masa aktif kartu smartfren tanpa pulsa, registrasi smartfren, cara perpanjang masa aktif smartfren dengan pulsa, harga kartu smartfren, smartfren call center