Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

    Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain - Smartfren adalah salah satu provider telekomunikasi di Indonesia yang kini kian banyak penggunanya. Beberapa orang memilih Smartfren sebagai provider pilihan karena mampu memberikan sejumlah fitur dan pelayanan yang menarik. Salah satunya adalah kuota Smartfren Unlimited. 


    Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain
    Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain


    Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beragam promo paket internet lainnya yang tidak kalah menarik. Dengan hanya mengaktifkan kuota internet saja, Anda bisa mengaktifkan kartu Smartfren hingga 1 tahun.


    Selain kuota telepon, SMS, dan internet, Smartfren juga memiliki fitur lain yang tidak kalah memenyenangkan. Jika anda kehabisan kuota atau pulsa, maka biasanya anda akan mengisi ulang di penjual atau counter terdekat. Tetapi dengan adanya fitur berbagi kuota dan juga pulsa yang sudah tersedia, Anda tidak harus datang ke penjual voucher yang ada di sekitar rumah. 


    Fitur ini sangat bermanfaat dalam keadaan genting seperti kehabisan saldo di kartu sim Anda, masa aktif kartu hampir tenggang, dan isi kuota internet tanpa harus mengeluarkan budget.



    Fitur Transfer Pulsa

    Saat ini sudah sangat umum jika provider telekomunikasi memiliki fitur transfer pulsa. Tetapi tidak semua provider menyediakan fasilitas menambah pulsa ke lain sim card. dengan mudah. Biasanya mereka hanya menyediakan kirim pulsa untuk sesama kartunya. Meskipun ada, caranya rumit. 


    Namun berbeda dengan kartu merek Smartfren. Provider ini dapat Anda gunakan untuk kirim atau berbagi pulsa ke operator lain. Tetapi sebelum itu, ada dua hal yang perlu Anda ketahui. Smartfren memiliki 2 jenis fitur berbagi pulsa kepada sesama pengguna SmSmartfren. Apa sajakah itu? 


    Berikut ini adalah 2 jenis fitur berbagi isi pulsa sebelum jalankan cara transfer pulsa Smartfren ke operator lain.


    Fitur Kirim Isi Pulsa

    Fitur pertama adalah berbagi isi pulsa, di mana anda yang memiliki sejumlah saldo pulsa mentransferkan nominal pulsa tertentu kepada pengguna lainnya. Semisal ketika saudara anda kehabisan pulsa dan ia membutuhkannya segera maka anda bisa mentransfer beberapa sisa pulsa anda kepada saudara. Namun tentu saja ada beberapa ketentuan yang perlu Anda patuhi.

    Adapun aturan yang perlu Anda cermati disini adalah ketika anda mentransfer pulsa ke sesama pengguna sim card yang sama, maka anda harus memiliki sisa saldo minimal Rp 5.000 ketika transfer selesai. Sementara limit transfer yang bisa anda kirim adalah Rp 100 ribu per hari. 

    Namun jika nominal saldo anda masih mencukupi, maka limit transfer bisa tidak terbatas. Semakin banyak nominal pulsa yang anda kirimkan maka akan semakin lama pula masa aktif kartu Smartfren pengguna yang menerima pulsa tersebut.







    Fitur Minta Pulsa

    Cara kerja fitur ini sama dengan fitur transfer pulsa. Perbedaan antara keduanya adalah cara untuk mendapatkan pulsa. Jika transfer pulsa adalah Anda yang mengirim pulsa maka fitur minta pulsa adalah kondisi di mana anda yang meminta pulsa. Limit minta pulsa ini mencapai Rp. 100.000. Ketika anda dalam keadaan darurat, fitur ini akan sangat membantu sekali.



    Macam-macam Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

    Smartfren memiliki beragam fitur menarik untuk transfer pulsa. Tidak hanya melalui pesan singkat, Anda juga bisa mengirim pulsa ke sesama Smartfren dengan cara lain. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk transfer pulsa Smartfren.


    Pesan singkat/SMS

    Cara transfer pulsa yang pertama ini paling banyak digunakan pengguna Smartfren. Selain mudah, cara ini juga tidak mengambil saldo Smartfren. Anda hanya perlu mengisi bodi pesan dengan format kirim, nomor penerima dan nominal pulsa yang akan ditransfer. Setelah itu kirim ke nomor 879.


    Aplikasi MySmartfren

    Kalau mau cara yang lebih simpel maka cobalah untuk melakukan transfer pulsa melalui aplikasi my Smartfren. Hanya dengan memilih satu menu saja, anda sudah bisa mentransfer pulsa.


    Via Website

    Cara transfer pulsa yang ketiga ini tidak jauh berbeda ketika anda melakukannya di aplikasi MySmartfren. Perbedaannya hanyalah pada bentuk aksesnya saja.


    Dial Up

    Metode ini sangat umum digunakan oleh pengguna Smartfren. Untuk transfer pulsa via dial-up, anda hanya perlu mengetikkan nomor *879#. Setelah itu, anda bisa mengikuti beberapa instruksi selanjutnya.



    Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain

    Apakah benar Smartfren bisa transfer pulsa ke operator lain? Ya, tentu saja bisa namun caranya agak sedikit berbeda ketika anda transfer pulsa ke sesama pengguna Smartfren. Bahkan di beberapa kasus, anda akan melakukan cara yang berbeda ketika mentransfer pulsa ke jenis operator yang berbeda pula.


    Daripada bingung memikirkan bagaimana cara untuk mentransfer pulsa Smartfren Anda ke operator lain, berikut ini secara jelas cara transfer pulsa Smartfren ke operator lain.


    Transfer Pulsa ke Banyak Operator

    Ada batasan ketika anda ingin transfer pulsa Smartfren ke operator lain. Aktivitas transfer pulsa ke operator lain dibatasi 20 kali per hari. Selain itu Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 per transaksi. Satu hal lagi yang perlu dicermati adalah pengguna hanya bisa melakukan transfer pulsa ke operator lain ketika usia kartu mencapai 30 hari. Lalu bagaimana cara untuk mentransfer pulsa ke operator lain?

    Smartfren menyediakan transfer pulsa ke banyak operator. Tidak hanya anda bisa melakukan transfer pulsa ke Telkomsel, tetapi juga bisa dilakukan pada provider XL, Axis, Indosat dan lain-lain. Agar bisa melakukan transfer pulsa tersebut maka anda perlu mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini.


    Buka Aplikasi Pesan

    Pertama-tama bukalah aplikasi perpesanan anda. Gambar ikonnya menyerupai bentuk amplop. Beberapa ponsel berbentuk ikon gelembung chat.


    Tulis dan Kirim Pesan Transfer Pulsa

    Lalu buatlah pesan baru dengan nomor tujuan sesuai nominal transfer yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika anda ingin transfer pulsa sebesar Rp. 7000 maka bisa mengikuti format tulisan pada pesan berupa <nomor penerima> kirim ke 7000. 

    Contohnya, ketik 0838777890976 lalu kirim ke 7000.



    Jika anda ingin mengirim pulsa Rp 10 ribu, maka tujuan pesan adalah 10000. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda akan dikenai biaya layanan sebesar Rp. 2000 maka dari contoh di atas bisa disimpulkan, bahwa Rp 5000 untuk transfer pulsa dan Rp. 2000 untuk biaya layanan.


    Jika anda bingung dengan cara lama tersebut, maka bisa gunakan format terbaru berupa KIRIM.Nomor Penerima.Nominal Pulsa lalu kirim ke 7000. Contohnya KIRIM.0838777890976.50000 kirim ke 7000.


    Tidak seperti yang lain, transfer pulsa Smartfren ke operator lain sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi perpesanan ponsel. Tidak hanya bisa digunakan untuk mentransfer pulsa ke sesama saudara atau kerabat, cara ini juga bisa anda gunakan untuk transfer transaksi online.



    Transfer Pulsa Via Aplikasi MySmartfren

    Selain lewat SMS, Anda juga bisa transfer pulsa Smartfren ke operator lain dengan bantuan aplikasi MySmartfren. Caranya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu login ke dalam aplikasi kemudian masuk ke menu E-Pulsa. Untuk tahapan selanjutnya, Anda bisa mengikuti instruksi yang ada di dalam aplikasi tersebut.



    Transfer Pulsa Via Uangku

    Cara lain untuk transfer pulsa Smartfren ke operator lain adalah dengan menggunakan aplikasi uangku. Instal aplikasi ini dan buka menu kirim pulsa. Masukkan nomor tujuan lalu juga nominal nominal pulsa yang ingin dikirim.


    Demikian itu adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk transfer pulsa Smartfren ke operator lain. Tentunya cara-cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika Anda mentransfernya ke sesama operator. 


    Semoga dengan adanya ulasan ini, anda semakin mudah dalam mengatasi hal-hal terkait pulsa Smartfren.


    tags : cara transfer pulsa smartfren ke operator lain 2021, cara transfer pulsa smartfren lewat mysmartfren, cara transfer pulsa smartfren ke telkomsel 2021, cara transfer pulsa smartfren ke gopay, cara transfer pulsa telkomsel ke semua operator, cara transfer pulsa telkomsel lewat sms, menu e-pulsa smartfren, transfer pulsa 3