Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Banget! Cara Mengganti Nomor WA Di Grup Chat

    Cara Mengganti Nomor WA Di Grup - Mengganti nomor Whatsapp sebenarnya bisa tetap terhubung dengan daftar kontak yang lama. Cara mengganti nomor WA di grup sendiri akan terjadi otomatis jika melakukan pergantian nomor. Di grup, biasanya akan muncul notifikasi bahwa ada yang mengganti nomor kontaknya. Untuk nomor kontak lainnya bisa diatur apakah memberitahu soal pergantian nomor ini. 


    Cara Mengganti Nomor WA Di Grup Chat
    Cara Mengganti Nomor WA Di Grup Chat 


    Mengganti Nomor Telepon untuk WhatsApp

    Nomor telepon yang dipakai saat mendaftar WhatsApp bisa diganti dengan mudah lewat pengaturan. Ini bisa diganti dengan nomor lain yang dimiliki dan masih aktif. Pergantian nomor ini kadang dilakukan karena nomor lama misalnya tidak dipakai lagi atau tidak aktif. Jadi perlu pergantian nomor jika ingin menggunakan WhatsApp dan login ke perangkat lainnya. Nomor yang tidak aktif tentunya tidak akan bisa melakukan verifikasi, jadi sebaiknya segera diganti.


    Mengganti nomor bisa dilakukan apakah itu menggunakan ponsel yang sama atau ponsel yang baru. Pastikan akun dengan nomor WhatsApp yang lama masih bisa digunakan agar riwayat chat dan grup bisa langsung digunakan. Cara mengganti nomor WA di grup juga sama dengan mengganti nomor kontak WA biasa. Nomor di grup nantinya akan ikut berubah. 


    Berikut ini cara untuk mengganti nomor dengan menggunakan ponsel yang sama.

    1. Pastikan nomor yang baru aktif dan dimasukkan dalam ponsel yang dipakai.
    2. Buka aplikasi WhatsApp.
    3. Ketuk ikon titik tiga atau opsi lainnya. Lalu masuk ke Setelan - Akun - Ganti nomor. Pilih LANJUT.
    4. Pada kolom yang pertama masukkan nomor telepon lama untuk WhatsApp. Sedang pada kolom kedua masukkan nomor telepon baru yang dipakai sebagai pengganti. Nomor yang dimasukkan tersebut mengikuti format internasional lengkap.
    5. Selanjutnya ketuk LANJUT.
    6. Selanjutnya muncul apakah ingin memberitahu kontak atau tidak. Jika ingin memberitahu teman di kontak maka pilih apakah memberitahu semua kontak, kontak yang berada di daftar chat, atau hanya kontak khusus saja. Setelah itu ketuk tanda centang.
    7. Verifikasi nomor telepon yang baru. 
    8. Nomor yang baru sekarang akan menggantikan nomor lama untuk akun WhatsApp.


    Di WhatsApp hanya ada pengaturan untuk memberitahu kontak soal perubahan nomor ini. Sedangkan untuk grup chat, maka notifikasi akan muncul secara otomatis. Jadi tidak bisa diatur apakah untuk grup chat tertentu saja.



    Caranya Mengganti Nomor WA pada Ponsel yang Baru

    Selain mengganti di ponsel yang sama, pergantian nomor juga dapat dilakukan di ponsel yang baru. Syaratnya, sebelumnya di ponsel yang lama, nomor sudah diganti terlebih dahulu. Kemudian akun WhatsApp tersebut perlu membuat cadangan di Google Drive. Cadangan data WA juga dapat ditransfer secara manual namun lebih mudah dilakukan jika lewat Google Drive. Pengguna tak perlu memindah memori data atau mentransfer data secara manual.


    Berikut cara untuk melakukan pencadangan di Google Drive.

    1. Buka aplikasi WhatsApp.
    2. Ketuk ikon titik tiga di bagian atas kemudian pilih Setelan - Chat - Cadangan Chat - Cadangkan ke Google Drive.
    3. Pilih frekuensi cadangan.
    4. Pilih akun Google untuk mencadangkan data riwayat chat dan grp chat.
    5. Ketuk Cadangkan melalui dan pilih jaringan yang digunakan. 


    Setelah cadangan akun WhatsApp dipastikan berada di Google Drive selanjutnya bisa masuk lewat ponsel yang baru. Pertama buka aplikasi WhatsApp yang baru dipasang di ponsel yang baru. Setelah itu daftarkan nomor yang baru lakukan verifikasi. Selanjutkan ada pilihan pulihkan cadangan. Ketuk Pulihkan, maka chat dan media dari Google Drive akan terunduh. 







    Cara mengganti nomor WA di grup akan otomatis terjadi saat mengganti nomor di akun. Jadi tetap bisa menjadi anggota grup chat yang sebelumnya. Anggota lain juga dapat melihat notifikasi jika ada pergantian nomor ponsel.



    Masalah Saat Mengganti Nomor Telepon

    Nomor telepon dapat diganti dengan mudah melalui fitur ganti nomor di WhatsApp. Namun ada juga yang kemudian mengalami kegagalan saat akan mengganti nomornya. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal. Sebelum menggunakan fitur untuk mengganti nomor di akun WhatsApp maka pastikan dulu beberapa syarat berikut ini:


    1. Nomor telepon lama memang sudah terdaftar di akun WhatsApp. Pastikan memasukkan nomor lama yang benar dan sudah terdaftar di akun tersebut. Nomor telepon yang terdaftar sebelumnya dapat dilihat di Setelan WhatsApp lalu ketuk foto profil.
    2. Kartu SIM untuk nomor telepon baru dapat digunakan atau aktif. Kartu yang aktif diperlukan untuk proses verifikasi saat login dengan nomor baru di WhatsApp.
    3. Pastikan ponsel tersambung dengan koneksi internet apakah itu mobile data atau Wifi.
    4. Pastikan ponsel punya ruang penyimpanan internal yang cukup.


    Fitur ganti nomor WhatsApp ini bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp yang ada di Android atau iPhone. Fitur ini tidak tersedia di KaiOS.



    Cara Mengganti Nomor WA di Grup Agar Tidak Diketahui Jika Keluar

    Mengganti nomor WA kadang dilakukan agar bisa keluar dari grup tanpa diketahui oleh admin atau anggota lainnya. Ini merupakan salah satu trik yang bisa digunakan jika ingin keluar dari grup chat namun tidak secara langsung. Trik ini tetap memerlukan dua nomor yang aktif. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memalsukan nomor ponsel di grup chat.


    1. Siapkan nomor yang baru.
    2. Masuk ke pengaturan akun untuk menggunakan fitur ganti nomor.
    3. Isi kolom ganti nomor sesuai dengan petunjuk.
    4. Grup chat akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda mengganti nomor.
    5. Buka pengaturan aplikasi untuk menghapus data dan cache. Akun akan hilang namun nama akan tetap menjadi anggota.
    6. Masuk kembali ke aplikasi WhatsApp.
    7. Daftar kembali menggunakan nomor yang lama.


    Jika berhasil maka nomor lama yang didaftar ulang tersebut tidak akan masuk ke grup chat sebelumnya. Namun ini berarti Anda akan keluar tidak hanya untuk satu grup chat, namun semua grup chat. Ini bisa dilakukan jika memang ingin agar tidak terganggu dengan grup chat yang lama. 


    Mengganti nomor di grup WA bisa dilakukan baik oleh anggota atau administrator. Di grup nantinya akan muncul notifikasi bahwa ada yang telah mengubah nomornya. Beberapa anggota mungkin akan memperhatikan namun ada juga yang tidak begitu peduli apalagi jika merasa tak begitu kenal. 


    Trik mengganti nomor di grup WA sering dilakukan jika ingin keluar dari grup. Pengguna tidak ingin terlihat keluar langsung. Adanya anggota yang keluar dari grup nantinya akan muncul notifikasi di grup. Hal ini sering dihindari karena tak ingin dilihat oleh anggota lainnya jika keluar. Jadi perlu mengganti nomor yang lama dengan yang baru, namun nanti bisa kembali menggunakan nomor yang lama. 


    Trik cara mengganti nomor WA di grup ini bisa menjadi solusi agak tidak diketahui jika ingin keluar dari grup chat. Selain itu, mungkin pengguna memang ingin mengganti nomornya dengan yang baru. Memilki dua ponsel dan dua akun WhatsApp juga kerap dilakukan pengguna. Setiap nomor bisa ditujukan untuk hal yang berbeda misalnya untuk pribadi dan pekerjaan.


    tags : cara mengganti nomor wa di grup tertentu, cara memindahkan grup wa ke nomor lain, apakah ganti nomor whatsapp grup akan hilang, ganti nomor wa tanpa diketahui grup, cara mengganti nomor wa di iphone, ganti nomor wa tanpa diketahui kontak, cara ganti nomor wa tanpa verifikasi, cara mengganti nomor wa di hp baru