Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Memori Penuh? Begini Cara Menghapus Aplikasi Pada Ponsel Realme c2

Cara Menghapus Aplikasi di HP Realme c2 - Buat kalian yang mengincar ponsel berkualitas tapi memiliki budget terbatas, realme c2 mungkin merupakan salah satu brand yang cukup populer. Sayangnya, meskipun harga realme c2 hanya berada pada kisaran 1 juta rupiah, ponsel ini seringkali memiliki aplikasi bawaan yang memakan banyak memori.


Cara Menghapus Aplikasi di HP Realme c2
Cara Menghapus Aplikasi di HP Realme c2


Sebenarnya, aplikasi-aplikasi bawaan atau bloatware tersebut dapat kalian hapus. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak artikel berikut.



Sekilas Tentang Realme c2

C2 merupakan seri ponsel low end besutan realme, yang awalnya merupakan anak perusahaan dari OPPO Corporation. Spesifikasi realme c2 yang membuat unggul di kelasnya, antara lain memiliki prosesor mediatek Helio P22 2GHz octa-core, baterai 4.000 mAh, serta kamera belakang ganda 13MP + 2MP.


Ponsel ini sendiri sebetulnya memiliki kapasitas penyimpanan 16GB dan 32GB. Sayangnya, beberapa bloatware yang hadir bersama perangkat ini seringkali memakan banyak dari storage  tersebut.



Cara Menghapus Aplikasi di HP Realme c2

Umumnya, ada dua cara utama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus bloatware :


Menghapusnya lewat layar utama

Cara ini amat mudah dilakukan. Bahkan, beberapa dari kalian mungkin sudah mahir melakukannya tanpa kalian sadari. Berikut merupakan langkah-langkahnya :

  1. Pertama, pastikan posisi aplikasi yang ingin kalian hapus pada home screen
  2. Kemudian, ketuk dan tahan ikon aplikasi tersebut. 
  3. Setelah menahan cukup lama, sebuah pop up notifikasi akan muncul
  4. Pilih menu app info 
  5. Terakhir, pilih menu uninstall atau bongkar


Melalui menu pengaturan

Menu pengaturan juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghapus aplikasi di hp realme c2. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan ialah sebagai berikut :







  1. Pertama, pilih menu pengaturan atau settings pada ponsel 
  2. Pilih menu app management , maka akan muncul daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel
  3. Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus
  4. Setelahnya, pilih bongkar atau uninstall. Maka aplikasi tersebut akan terhapus


Perlu diketahui sebelumnya bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus. Hal ini karena beberapa bloatware yang ada tersebut mendukung fungsi sistem kerja smartphone, sehingga menghapusnya dapat merusak kinerja perangkat kalian. 


Adapun beberapa aplikasi bawaan realme C2 yang dapat dihapus, antara lain :

  1. TikTok
  2. Lazada
  3. Facebook
  4. BaBe
  5. WPS Office
  6. J&T Express
  7. File PDF
  8. Browser bawaan


Sementara itu, aplikasi-aplikasi besutan google seperti Google Play, Google Music, Chrome, dan lain sebagainya tidak bisa kalian hapus. Meski demikian. aplikasi-aplikasi tersebut masih dapat dinonaktifkan.



Menghapus Hot Game dan Hot Apps pada Realme C2

Selain semua nama tersebut diatas, ponsel realme juga memiliki beberapa aplikasi yang masuk pada kategori hot game dan hot apps. Sama halnya seperti Google, aplikasi pada kategori ini tidak dapat dihapus namun masih bisa dinonaktifkan.


Untuk melakukannya, kalian bisa simak beberapa tahapan berikut :

  1. Pilih menu pengaturan atau settings pada ponsel
  2. Selanjutnya, pilih menu system apps
  3. Pilih Apps Market
  4. Cari kategori Hot Game dan Hot Apps
  5. Pada kedua kategori tersebut, kalian tinggal menggeser toggle dari aktif menjadi nonaktif


Selesai. Kedua aplikasi tersebut akan berstatus non aktif pada perangkat kamu. Untuk mengeceknya kamu bisa masuk ke layar utama dan mengecek keberadaan aplikasi tadi.


Demikian tadi cara menghapus aplikasi di hp realme c2. Ada baiknya kalian mengecek semua aplikasi tersebut secara berkala, sebab bila dibiarkan, storage serta RAM ponsel kalian akan tergerus karenanya. 


tags : cara menghapus aplikasi baca plus di hp realme, cara menghapus aplikasi baca plus di hp oppo, cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root, cara uninstall baca plus, cara uninstall aplikasi yg tidak bisa di uninstal, cara menghapus aplikasi bawaan realme, cara menghilangkan bloatware android