Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Agar Memori Internal Tetap Lega

Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi - Kamu hobi mengoleksi banyak aplikasi? Entah itu game, aplikasi edit foto, aplikasi edit video dan lain-lain. Kalau memang aplikasi tersebut menjadi kebutuhanmu tidak masalah sih, tapi kalau aplikasi tersebut cuma jadi koleksi aja hmmm.. Apa gak bikin berat performa hp kamu tuh?


Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi
Cara Memindah Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi


Eitsss.. tapi kamu nggak usah khawatir ya, kamu bisa cobain tips dibawah ini supaya memori HP kamu tetap lega.



Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD

Kini memindahkan aplikasi ke kartu SD bisa kita lakukan tanpa harus me-root HP terlebih dahulu, tapi sebelum memindahkan aplikasi tersebut perlu digaris bawahi ya bahwa tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal.


Aplikasi  yang tidak dapat dipindahkan ke kartu SD adalah aplikasi bawaan smartphone kamu, dan aplikasi dari Google. Kalau diibaratkan nih aplikasi itu adalah penghuni tetap Hp kita, jadi sudah pasti kita tidak bisa sampai memori handphone kamu mempunyai ruangan yang cukup memindahkan penghuni tetap ya hehe.


Pastikan kamu menyiapkan memori kartu SD terlebih dahulu, sesuaikan besaran kapasitas memori SD card kamu dengan  jumlah maksimal yang dapat didukung oleh smartphone. 


Biasanya kebanyakan smartphone mendukung kapasitas memori card dari 256 GB hingga 1 TB, jadi kamu perlu menyesuaikan besaran kapasitas memori SD card dengan spesifikasi HP yang kamu punya. 








Memindahkan Aplikasi ke kartu SD dengan bantuan aplikasi lain

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan Aplikasi ke kartu SD adalah dengan menggunakan aplikasi Link2SD, aplikasi ini bisa kamu temukan di PlayStore secara gratis.

Silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi ini, setelah itu Buka aplikasi Link2SD

Kemudian silahkan kamu pilih aplikasi mana yang akan kamu pindahkan ke memori eksternal atau kartu SD, setelah itu kamu tekan tombol "MOVE TO SD CARD" lalu tekan "Oke"

Tunggu sampai aplikasi tersebut benar-benar terpindahkan dengan sempurna ke SD card kamu.

Lakukan hal yang sama kepada aplikasi lain yang akan kamu pindahkan ke kartu SD.



Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa aplikasi 

Tips berikutnya adalah bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa bantuan aplikasi lain? caranya cukup mudah kok, 

Pertama, silakan kamu buka pengaturan di handphone kamu, lalu kamu cari opsi aplikasi atau App

Jika sudah ketemu, silahkan kamu cari aplikasi mana yang akan kamu pindahkan ke SD card, kemudian klik "Ganti Penyimpanan", silakan kamu pilih SD card untuk memindahkan aplikasi tersebut. Tunggu hingga proses pemindahannya selesai, setelah itu kamu bisa memindahkan aplikasi lain sesuai keinginanmu.



Mengubah opsi penyimpanan ke kartu SD

Cara ini berbeda dengan kedua tips diatas, jika kamu menggunakan cara ini saat kamu mendownload aplikasi maka akan secara otomatis tersimpan di SD card tanpa harus memindahkannya secara manual, caranya adalah. 

Pertama, silahkan buka pengaturan di hp kamu kemudian cari opsi penyimpanan

Bagaimana? Sudah ketemu? Oke mari kita lanjut.. Kemudian silahkan kamu pilih kartu SD yang kamu pakai

Setelah itu klik titik 3 yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi setelan penyimpanan

Jika sudah, langkah berikutnya silahkan kamu pilih opsi kartu SD lalu klik format sebagai internal 

Nah jika sudah berhasil, saat kamu mendownload aplikasi nantinya akan secara otomatis tersimpan di memori SD card kamu. Bagaimana cukup mudah kan tips-tips di atas? 

Kamu bisa praktekkan cara diatas agar performa handphone kamu tidak menurun meskipun kamu mengoleksi banyak aplikasi. Selamat mencoba. 


tags : cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi redmi note 8, cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi redmi 9, cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi redmi note 9 pro, cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi redmi note 7, cara memindahkan file ke sd card xiaomi redmi 6a, cara memindahkan data ke sd card xiaomi, cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi redmi 6a, cara memindahkan file ke sd card xiaomi redmi 5a