Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Share Screen di Telegram

    Cara Share Screen di Telegram - Hadir dengan teknologi canggih, pengguna aplikasi perpesanan sempat memiliki tanda tanya besar. Di tengah maraknya fitur video call, Telegram sempat belum menambahkan fitur ini. Padahal aplikasi yang sejenis sudah lebih dulu memiliki fitur ini. Untuk menjawab kecemasan pengguna, akhirnya Telegram merilis fitur Video Call dengan fasilitas berbagi layar.


    Cara Share Screen di Telegram
    Cara Share Screen di Telegram


    Peningkatan ini cukup berbeda dari platform pesan yang lain. Jumlah partisipan bisa mencapai 30 orang. Ditambah dengan konsep video call grup yang bisa dipakai oleh 1000 pengguna. Tak hanya tersedia untuk HP, versi laptop juga ikut ditambahkan fitur ini. Perhatikan cara share screen di Telegram berikut ini. Agar tidak canggung saat mengoperasikan.


    Cara Share Screen di Telegram Menggunakan HP

    Share screen pada Telegram merupakan perpanjangan dari fitur video call. Jika sebelumnya hanya bisa digunakan privat oleh dua orang. Hanya menggunakan HP, partisipan bisa lebih dari jumlah tersebut. Hanya saja, caranya sedikit berbeda dari video call biasa.


    Sayangnya, berbagi layar tidak bisa digunakan secara personal. Untuk itu perlu membuat grup Telegram terlebih dahulu. Sehingga bisa disebut sebagai grup privat. Video call ini dirancang dengan teknologi tinggi. Karena dapat bekerja secara efektif. Bahkan untuk keperluan pekerjaan sekalipun. Caranya, sebagai berikut:


    Membuka Aplikasi Telegram di HP

    Pastikan Telegram yang terinstal adalah versi yang baru. Agar kinerja aplikasi perpesanan ini lebih optimal. Bukalah aplikasi Telegram yang telah diinstal pada HP android atau iOS.


    Membuka Kolom Chat

    Maka akan muncul daftar akun chat pengguna lain yang terdaftar pada kontak. Cari akun yang ingin diajak share screen. Setelah menemukan akun grup, ketuklah pada chat tersebut. Sehingga muncul jendela baru berisi obrolan anggota. Melalui obrolan ini, pengguna bisa membuat pesan suara.


    Masuk pada Profil Grup

    Setelah terbuka, maka ketuk pada profil grup. Menu ini tampil di bagian paling atas. Terlihat nama grup, jumlah anggota dan foto profil. Kemudian muncul kolom deskripsi dan status pemberitahuan.


    Membuat Chat Suara

    Langkah selanjutnya adalah membuat pesan suara. Caranya, ketuk simbol pesan pada bagian paling atas. Simbol ini terletak di atas nama grup. Tapi, simbol pesan suara ini tidak akan muncul saat pertama kali membuat grup. Untuk itu, ketuk pada simbol titik tiga pada pojok kanan atas. Lalu muncul beberapa jendela perintah. Pilih “Mulai Pesan Video/suara”.

    Lalu akan muncul jendela notifikasi obrolan video selanjutnya. Terlihat deretan foto profil masing-masing anggota. Kemudian pilih “Mulai pesan video” untuk mengawali video call. Bisa juga memilih “Jadwal panggilan video” untuk membuat jadwal panggilan video. Nyalakan kamera agar menunjukkan wajah secara selfie.


    Berbagi Layar

    Layar akan menampilkan aktivitas panggilan yang disebut “Obrolan video”. Agar bisa share screen, maka ketuk titik tiga pada bagian kanan atas jendela aktivitas. Titik tiga tersebut berjajar secara vertikal.


    Memulai Share Screen

    Lalu muncul jendela berisi perintah selanjutnya. Ketuk pada menu “Bagi Layar”. Ketuk “Mulai” untuk mengizinkan Telegram melakukan share screen. Di halaman setelahnya, ketuk “tampilkan video”. Maka wajah anda akan muncul pada panggilan. Dengan begitu, pengguna bisa mengajak dan memanggil teman yang lain.


    Selesai

    Sudah selesai, sekarang anggota grup dapat melihat tangkapan layar yang dibagikan. Sehingga pengguna dapat melihat konten atau materi yang telah disiapkan.








    Cara Share Screen di Telegram Menggunakan Desktop

    Kadang kala, pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan HP. Memerlukan layar yang lebih lebar, seperti laptop atau komputer. Fitur berbagi layar dari pesaing WhatsApp ini sangat menunjang pekerjaan. Sehingga pemateri atau pembicara dapat menyampaikan hasil secara efektif. Tanpa perlu memegang HP dengan tangan.


    Membuka Aplikasi pada Desktop

    Langkah pertama adalah membuka aplikasi Telegram yang telah terinstal pada laptop atau komputer. Aplikasi ini khusus versi desktop. Berbeda dengan aplikasi lain yang terhubung langsung pada website. Telegram meluncurkan versi desktop. Aksesnya akan terintegrasi dengan internet.


    Mencari Chat Grup

    Setelah masuk pada daftar chat, carilah grup yang ingin diundang share screen. Pastikan nama grup benar agar tidak salah alamat.


    Membuka Chat Grup yang Akan Diundang Share Screen

    Bukalah chat grup yang telah ditemukan. Akan muncul ruang chat pada bagian tengah.


    Memilih Fitur Pesan Suara

    Kemudian klik menu “Voice chat” atau “Pesan suara”. Menu tersebut berbentuk simbol pesan. Terletak pada bagian kanan atas, bersebelahan dengan nama akun.


    Berbagi Layar

    Lalu muncul jendela aktivitas panggilan. Nyalakan fitur kamera dengan satu kali klik untuk menghilangkan tanda garis miring. Klik pada barisan titik tiga vertikal. Akan muncul tampilan jendela baru. 


    Mulai Share Screen ke Semua Anggota

    Klik pada pilihan perintah “Berbagi layar” atau “Share screen”. Wajah pengguna akan terlihat pada layar. Dengan begitu, telegram siap membagikan tangkapan layar.


    Memilih Tampilan Screen

    Silakan pilih layar, konten atau materi yang ingin diperlihatkan kepada grup. Ini sama saja dengan siaran langsung. Sehingga anggota grup dapat melihat tangkapan layar pengguna.


    Selesai

    Jika pengaturan ini bekerja, maka berbagi layar dapat dijalankan. Silakan menikmati penjelasan materi!



    Cara Bergabung pada Share Screen Telegram

    Karena masih baru, banyak pengguna yang bingung. Terlebih lagi tentang cara bergabung saat mendapat undangan share screen. Untuk memudahkan, maka ikuti cara berikut ini.


    Masuk pada Ruang Obrolan Grup

    Jalankan Telegram pada HP atau PC. Pastikan aplikasi di HP dalam bentuk versi terbaru agar tidak terjadi error. Carilah grup atau channel yang sedang berlangsung siaran.


    Ketuk atau Klik Bergabung

    Setelah ruang chat terbuka, nampak di bagian atas berupa undangan atau notifikasi voice chat. Ketuk atau klik pada menu “Gabung”. Voice chat memang akan muncul sebagai tanda kepada anggota untuk melihat tangkapan layar yang dibagikan.


    Selamat Bergabung!

    Anggota yang berhasil bergabung akan masuk pada layar share screen. Sehingga dapat melihat siaran yang dibuat oleh orang lain. Ini menjadi pertanda mengikuti acara secara live.



    Cara Menyudahi Share Screen pada Aplikasi Telegram

    Setelah melakukan share screen, pengguna platform pesan ini bisa mengakhiri dengan mudah. Cara menyudahi tangkapan layar ini bisa dilakukan oleh pembuat. Berikut ini caranya”


    Masuk Dalam Share Screen

    Silakan masuk dalam fasilitas berbagi layar yang telah disediakan Telegram. Masuk pada acara yang berlangsung. 


    Stop Membagikan Layar

    Bukalah jendela berikutnya dengan sentuh simbol titik tiga vertikal. Lalu pilihlah “Stop bagi layar”. 


    Selesai

    Tampilan layar akan kembali pada info dan deskripsi grup. Ini menandakan pengguna telah berhasil keluar dari fitur share screen.


    Cara share screen di Telegram ini terbilang canggih dan mudah. Terlebih lagi, fiturnya dapat menunjang pembelajaran dan pekerjaan. Sehingga dapat dilakukan secara efisien dari HP maupun laptop.