Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Dilakukan Sebelum Beli: Cara Cek HP Xiaomi

    Cara Cek HP Xiaomi - Ada cara cek HP Xiaomi yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa semua fungsi dari perangkat berjalan dengan baik dan normal. Langkah ini bisa dilakukan terutama jika kamu sedang akan membeli unit second dari ponsel, pengecekan setelah servis atau bahkan pengecekan rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan dari ponsel.


    Cara Cek HP Xiaomi
    Cara Cek HP Xiaomi


    Pemeriksaan ponsel semacam ini memang sudah dibenamkan dari pabrikan untuk menguji berbagai macam fungsi yang ada. Ini akan sangat berguna terutama dalam memberikan informasi terkait dengan perangkat. Komponen apa saja yang perlu dicek juga bisa kamu perhatikan. Simak beberapa hal tersebut berikut ini.



    Lakukan Pemeriksaan Fisik & Fungsi

    Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pemeriksaan dari ponsel adalah dengan memeriksa kondisi bodi ponsel. Jika kamu berniat membeli unit second, maka kamu bisa memperhatikan kerapatan dari bodi ponsel tersebut. Pastikan bodi ponsel tidak renggang dan masih tertutup dengan sempurna. Cacat di area body mungkin wajar karena pemakaian. Tapi jika ada bekas penyok, kamu patut mempertimbangkan untuk tidak membelinya.


    Lakukan pengujian dengan menekan bagian tombol, baik power dan volume sehingga kamu bisa memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik. Untuk semakin memantapkan pengecekan ponsel, maka kamu bisa masuk ke menu rahasia dengan mengetikkan kode rahasia. Caranya yaitu kamu masuk ke menu telepon, lalu ketikkan kode cek HP Xiaomi *#*#64663#*#*. Voila! Kamu akan masuk ke menu rahasia yang berguna untuk memeriksa fungsi dari ponsel.







    Fungsi yang bisa kamu cek pertama yaitu fungsi keypad. Kamu tekan tombol yang ada dan jika aplikasi memberikan feedback, maka tombol memang berfungsi dengan baik. Lanjutkan untuk pemeriksaan layar dengan memperhatikan apakah ada warna yang kurang akurat, garis-garis LCD yang mengganggu atau bahkan dead pixel.


    Beragam fungsi lainnya juga bisa kamu lakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa semua fungsi yang ada memang bekerja dengan baik. Mulai dari backlight, LED, speaker, bluetooth, GPS dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu pastikan melalui fungsi dari software pengecek ini.



    Jangan Lupa Cek IMEI dan Fungsi Jaringan

    Hal yang tidak kalah penting selain cara cek layar HP Xiaomi yaitu melakukan pemeriksaan terhadap IMEI dan juga fungsi jaringan ponsel tersebut. IMEI merupakan kode yang diberikan pada setiap unit ponsel yang diproduksi dan eksklusif sehingga antara satu produk dan yang lainnya memang berbeda. IMEI ini berfungsi sebagai kode dari ponsel tersebut. Untuk melakukan pemeriksaan IMEI, kamu bisa masuk ke menu pengaturan, lalu pilih “Tentang” dan pilih “Status”. Di situ akan ada kode IMEI. Cocokkan dengan kardus ponsel untuk memastikan ponsel tersebut memang sesuai.


    Kamu juga bisa lakukan pemeriksaan IMEI dengan langsung masuk ke situs Xiaomi dan menginput nomor IMEI ponsel untuk memverifikasi bahwa ponsel memang legal dan asli. Fungsi dari IMEI ini juga bermanfaat untuk melakukan pelacakan pada saat ponsel dicuri atau hilang. Jadi wajar jika IMEI ini kemudian penting untuk dilakukan pemeriksaan.


    Selain IMEI, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap fungsi jaringan yang ada. Cara ini sangat berguna terutama untuk memastikan bahwa ponsel benar-benar bisa berfungsi. Perhatikan sinyal bar yang ada. Jika penangkapan sinyal masih bagus, maka ponsel bisa bekerja dengan baik. Lakukan juga pemeriksaan pada WiFi dengan menyambungkannya pada hotspot area. Jika tersambung dengan baik, maka jaringan memang masih aman. Ini adalah cara cek HP Xiaomi yang bisa dilakukan untuk memastikan ponsel masih bekerja dengan baik.


    tags : cara cek hp xiaomi hilang, cara mengecek lama pemakaian hp xiaomi, cara cek imei xiaomi, cara mengecek layar hp xiaomi, kode rahasia xiaomi, cara cek speaker xiaomi, kode cek touchscreen xiaomi, xiaomi warranty check indonesia