Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Coba Cek Garansi Xiaomi Milikmu, Itu Garansi Resmi atau Garansi Distributor Ya?

Cara Mengecek Garansi Xiaomi - Baru ganti handphone? Ada berbagai macam merk handphone yang beredar di pasar. Salah satu merk HP unggulan dengan harga miring, namun spesifikasi yang diberikan bisa melebihi ekspektasi awal adalah produk HP Xiaomi. Dengan harga yang sangat ramah di kantong ini, Xiaomi memiliki jumlah peminat yang tinggi.


Cara Mengecek Garansi Xiaomi
Cara Mengecek Garansi Xiaomi


Xiaomi menjadi merk smartphone terkenal di Indonesia dan menjadi nomor urut tiga untuk menempati posisi smartphone dunia. Namun tidak semua smartphone Xiaomi yang dijual di Indonesia adalah produk resmi. Perbedaan antara garansi resmi untuk smartphone Xiaomi dengan garansi dari distributor terletak pada cara klaim garansi. Ada dua jenis garansi Xiaomi yang dikeluarkan di Indonesia, yaitu garansi resmi dan distributor. Jika penjual membeli langsung dari China, maka smartphone yang dijual akan menggunakan garansi distributor, begitu juga sebaliknya. Jika pembeli membeli langsung dari Xiaomi Indonesia, maka akan mendapat garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Lalu bagaimana cara kita untuk mengecek bahwa smartphone milik kita memiliki garansi resmi atau distributor? 



Berikut Cara Mengecek Garansi Xiaomi


Lihat Pada Bagian Dusbook Smartphone

Cara pertama yang tercepat dan termudah untuk mengecek yaitu dengan memperhatikan bagian kotak kemasannnya. Jika pada kotak terdapat stiker TAM, maka kami produk tersebut adalah produk resmi. TAM adalah inisial dari PT Telematika Artha Mandiri, yaitu distributor resmi Xiaomi di Indonesia. Selain stiker TAM, jika tertulis PT Sat Nusapersada Tbk pada kotak pengemasan maka produk tersebut adalah produk resmi. PT Sat Nusapersada Tbk adalah tempat merakit Xiaomi yang bertempat di Kepulauan Riau.







Cek Charger

Cara mengecek garansi Xiaomi selanjutnya yaitu dengan melihat pada charger. Bila charger memiliki ciri bentuk pipih atau pada kepala carger terdapat tiga kaki untuk dicolokan ke adaptor khusus lainnya, maka dapat dipastikan bahwa smartphone tersebut bergaransi distributor. Sedangkan pada smartphone yang bergaransi resmi, pada kepala charger hanya terdapat dua kaki yang langsung bisa dicolokan pada listrik. 


IMEI

IMEI adalah identitas smartphone Xiaomi yang dibuat oleh perusahaan Xiaomi. IMEI pada setiap tipe Xiaomi berbeda, nomor IMEI juga sudah didaftarkan pada Kemenperin yang digunakan sebagai database untuk mengecek barang buatan Indonesia atau ekspor. Cara mengecek nomor IMEI pada smartphone kita sangat mudah, cukup dengan memanggil kode *#06#, lalu akan muncul nomor IMEI. Setelah mendapatkan nomornya, lalu copy paste nomor IMEI pada laman https://imei.kemenperin.go.id/ dan akan muncul pemberitahuan bahwa IMEI pada smartphone kita telah terdaftar atau belum. Jika terdaftar, maka dipastikan bahwa smartphone bergaransi resmi.


Cek Online

Laman resmi milik Xiaomi bisa kita akses di http://buy.mi.com/id/registration. Situs tersebut bisa kita gunakan untuk mengecek garansi smartphone Xiaomi milik kita. Caranya adalah dengan memasukan nomor IMEI smartphone kita, lalu akan muncul nama distributor yang memberikan garansi. Jika smartphone kita bergaransi resmi, maka akan muncul nama Erajaya sebagai distributor. Namun jika nama distributor yg tertulis adalah China, maka smartphone kita bergaransi distributor.


Mudah bukan untuk memastikan bahwa smartphone kita bergaransi resmi atau distributor? Biasanya masa garansi resmi atau distributor memiliki jangka waktu selama 1 tahun. Namun untuk beberapa tipe smartphone Xiaomi lainnya memiliki masa garansi lebih lama. Jika smartphone mengalami kerusakan yang bukan disebabkan oleh faktor human error, maka kita bisa mengklaim untuk garansi dengan mengunjungi MI Service Center. Selamat mencoba cara mengecek garansi Xiaomi seperti langkah-langkah yang tertulis di atas.


tags : tidak bisa cek garansi xiaomi, cek garansi xiaomi imei, cek garansi realme, xiaomi garansi, garansi xiaomi berapa lama, klaim garansi xiaomi, cek masa garansi xiaomi 2021, cek garansi oppo