Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Memori Internal Tidak Penuh Oppo A3s Supaya Tidak Lemot

Cara Agar Memori Internal Tidak Penuh Oppo A3s - Memori hp yang penuh memang sangat menyebalkan karena dapat membuat kinerja hp-mu semakin lambat. Hal seperti ini memang sering dialami oleh pengguna Oppo A3s padahal kapasitas yang diberikan cukup besar mulai dari 16GB hingga 64GB. 


Cara Agar Memori Internal Tidak Penuh Oppo A3s
Cara Agar Memori Internal Tidak Penuh Oppo A3s


Namun, jika memori sudah penuh tetap saja bisa menghambat kinerja hp milikmu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara agar memori internal tidak penuh oppo a3s berikut ini.


 

Menghilangkan Cache yang Dihasilkan oleh Aplikasi 

Tanpa kita sadari, berbagai aplikasi yang ada dalam smartphone dapat membuat memori internal menjadi penuh. Khususnya dari aplikasi chatting di mana saat ada kiriman foto atau video akan memakan banyak memori internal. 

File-file tersebut seringkali tidak berguna, sehingga untuk tips agar memori internal tidak penuh, kamu sebaiknya membersihkan cache dalam smartphone milikmu. Caranya pun tidak sulit, kamu cukup membuka pada pengaturan dan cari pada manager aplikasi. Lalu, pilih aplikasi yang akan dibersihkan dan hapus semua cache. 



Memindahkan Aplikasi dari Internal ke Memori Eksternal 

Biasanya setiap aplikasi yang sudah diunduh akan masuk ke memori internal. Sehingga, akan memakan kapasitas memori internal. Padahal memori internal sendiri tidak dapat ditambah kapasitasnya, tidak seperti memori eksternal. 

Supaya memori internalmu bisa lebih lega, kamu bisa ikuti cara agar memori internal tidak penuh oppo a3s yang satu ini. Yaitu dengan memindahkan beberapa aplikasi dan juga file-file ke dalam memori eksternal. Dengan cara ini, tentunya kapasitas memori internalmu bisa menjadi lebih lega. 








Membuang Aplikasi yang Tidak Penting

Tips agar memori internal tidak penuh yang paling mudah kamu lakukan yaitu dengan membuang aplikasi tidak penting. Jika kamu bingung, maka sebaiknya hapus saja aplikasi yang sudah tidak pernah dibuka atau digunakan. 

Dengan begitu, kamu pun bisa menghemat cukup banyak ruang penyimpanan. Jadi, kamu jangan ragu ya menghapus aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan olehmu. 



Menghapus Video Offline dari Aplikasi 

 Cara agar memori internal tidak penuh oppo a3s selanjutnya, kamu dapat menghapus video-video offline yang sudah kamu unduh dari aplikasi streaming. Sebaiknya, jika sudah selesai menonton video tersebut, kamu bisa segera menghapusnya. 

Karena nyatanya video tersebut akan memakan banyak memori internal. Sehingga, semakin banyak video yang kamu simpan maka, semakin banyak ruang memori internal handphone milikmu yang terpakai. 



Menghapus Sms yang Tidak Penting

Siapa sangka, sms atau pesan masuk yang diterima oleh hp ternyata juga bisa memakan banyak memori internal. Jika sms yang ada di hpmu tidak pernah dibuka, sehingga menumpuk jumlah pesan masuk hingga ratusan atau ribuan. 

Jika sms tersebut memang tidak penting, maka ada baiknya kamu segera menghapusnya saja seperti tips agar memori internal tidak penuh daripada memakan lebih banyak memori hpmu. 



Mencoba Factory Reset

Untuk membuat memori hpmu jadi lebih luas, ada cara yang cukup ekstrim yaitu dengan melakukan factory reset. Namun, sebelum mencoba tips agar memori internal tidak penuh yang satu ini, kamu sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu pada file-file penting. 

Kamu dapat memindahkan data tersebut pada hard disk atau memori penyimpanan online lainnya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan factory reset dengan aman. Dengan cara ini, hpmu akan Kembali seperti saat pertama kali dibeli. 

Itulah beberapa cara agar memori internal tidak penuh oppo a3s yang bisa kamu coba lakukan. 


tags : kenapa oppo a3s memori cepat penuh, kenapa storage oppo cepat penuh, cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis oppo, cara mengatasi memori internal penuh, cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo a3s, cara bersihkan hp oppo, clear cache oppo a92, cara mengosongkan ram hp oppo