Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Admin Grup WA

Cara Menambah Admin Grup WA - Apakah Anda sedang mencari cara menambah admin grup WA? Aktifitas ini dilakukan untuk membantu menjalankan sebuah grup Whatsapp. Seorang admin memiliki tugas untuk memantau dan menjalankan sebuah grup dengan maksimal, serta sesuai dengan tujuan awal dibuatnya grup tersebut.


Cara Menambah Admin Grup WA
Cara Menambah Admin Grup WA


Sebagai contoh, seseorang membuat grup Whatsapp untuk berbagi resep masakan. Kemudian seiring waktu malah banyak anggota yang share jualan mereka atau malah membicarakan hal di luar resep. Tugas admin adalah untuk menegur atau memperingatkan anggota supaya tidak melakukan hal tersebut. Itulah risiko grup chat, semakin banyak anggota maka semakin besar pula peluang terjadinya pelanggaran di dalamnya.


Grup Whatsapp memang merupakan salah satu wadah untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Ketika Whatsapp jalur pribadi hanya bisa digunakan untuk chatting dua arah dengan satu orang saja, maka grup WA bisa membantu Anda untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang lagi. 


Walaupun pada dasarnya Anda bebas berkomunikasi dan berekspresi di dalam grup chat, tetapi Anda harus tetap memperhatikan norma kesopanan dan jangan sampai menimbulkan kericuhan di dalam grup. Apalagi jika Anda sampai merugikan orang lain. 



Keuntungan Jadi Admin Grup WA

Ketika Anda mendapatkan kesempatan menjadi admin grup WA, secara otomatis Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Tentu saja keuntungan tersebut harus dimanfaatkan sebijak mungkin, dan digunakan untuk melaksanakan tanggungjawab Anda sebagai seorang admin.


Keuntungan tersebut berupa fitur istimewa yang hanya admin Whatsapp miliki, dan anggota grup lain tidak bisa melakukan hal itu. Apa saja? Simak berikut ini, berbagai fitur istimewa admin grup WA.


Bisa Menambahkan Anggota

Mendambahkan anggota grup baru adalah hak pertama yang dimiliki oleh seorang admin, dan tidak ada anggota lain yang bisa melakukan hal itu. Pada awal-awal Whatsapp diluncurkan, anggota yang akan dimasukkan ke dalam grup, nomornya harus disimpan terlebih dahulu oleh admin, sehingga bisa ia masukkan dalam grup. Tetapi sekarang tidak perlu, karena calon anggota tersebut bisa masuk grup dengan mengklik tautan grup yang dibagikan oleh admin.


Membuat Link atau Tautan Grup 

Hal lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh seorang admin grup adalah membuat tautan undangan grup. Fitur ini pula yang kemudian membuat seorang admin tidak perlu menambahkan nomor orang lain untuk diundang ke dalam grup. Cukup membagikan link tersebut dan setelah orang yang dimaksud masuk ke dalam grup, maka Anda bisa langsung menarik atau menyetel ulang tautan tersebut. 


Menghapus Anggota Grup

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, keuntungan lainnya adalah memiliki hak untuk mengeluarkan anggota dari dalam grup, kapan pun itu. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal memilih nama anggota yang akan dikeluarkan, lalu tekan tahan pada namanya hingga muncul menu pop up, lalu hapus anggota.


Menambah Admin Baru atau Menghapus Admin

Seorang admin juga memiliki fitur istimewa yang bisa mengangkat admin baru, berapapun jumlahnya. Juga bisa menghapus admin grup sesuai kebutuhan dengan cara yang mudah. 


Membatasi Info Grup Tersebut

Whatsapp telah menambahkan fitur baru, yaitu bisa menambahkan deskripsi grup. Adapun fungsi deskripsi grup itu sendiri untuk membantu anggota grup mengetahui info grup, semacam papan pengumuman kecil. Pengaturan otomatis atau defaultnya siapapun dalam grup tersebut bisa mengeditnya. Namun admin bisa membatasinya juga sehingga hanya admin yang bisa melakukannya.


Membatasi Pesan Grup Chat 

Ketika berada di dalam grup yang sama, semua orang punya hak yang setara untuk berkomunikasi lewat chat, voice note, maupun foto dan video. Namun jika ternyata percakapan itu melenceng jauh dari tujuan grup, maka pesan penting akan terkubur sehingga menyebabkan miskomunikasi. Oleh sebab itu, admin memiliki keistimewaan bisa membatasi pesan grup dan hanya admin saja yang bisa mengirimkan pesan.








Cara Menambah Admin Grup WA yang Mudah

Bagaimana cara menambah admin grup WA? Kadang kala seorang admin tidak akan cukup untuk mengurus sebuah grup, apalagi jika anggotanya ada ratusan. Itulah saatnya admin utama mencari admin tambahan untuk membantu. Pemilihan admin grup baru bisa dilakukan sendiri, dengan pertimbangan sendiri, atau bisa juga dengan cara melakukan voting dan musyawarah dengan anggota grup lainnya.


Untuk menambah admin baru, Anda memilihnya dari kontak yang menjadi anggota grup atau mengambil kontak lain. Tetapi bagaimana jika di dalam grup Anda belum ada anggota lainnya atau ini pertama kali Anda membuat grup? 

Simak cara berikut ini, langkah mudah menambahkan admin mulai dari nol. 


Buat Grup

Hal pertama adalah membuat grup, caranya juga sangat mudah dan dilakukan dari beranda WA. Klik titik tiga di sudut kanan atas, lalu muncul pilihan menu. Silahkan pilih ‘Grup Baru’.


Masukkan Anggota

Setelah Anda menamai grup, maka grup pun sudah berhasil dibuat dan saatnya Anda untuk memasukkan anggotanya satu per satu. Caranya dengan ketuk pada bagian info grup, kemudian scroll ke bawah dan Anda bisa memilih dua cara untuk meanambahkan anggota grup.

  • Menambahkan manual, dengan memilih nomor kontak yang Anda miliki satu per satu.
  • Menambahkan otomatis, dengan membuat tautan yang memperbolehkan siapapun masuk ke dalam grup dengan menekan satu link khusus. Link tersebut bisa disetel ulang ketika jumlah anggota grup sudah cukup banyak.


Pilih Admin Tambahan

Sekarang saatnya Anda menambahkan admin lainnya, untuk membantu pekerjaan Anda sebagai admin utama. Caranya dengan menekan info grup, lalu scroll ke bawah dan carilah daftar anggota. Jika sudah menemukan nama anggota yang akan dijadikan admin, Anda hanya cukup menekan kontak tersebut selama beberapa detik hingga muncul pop up menu. Pilih sebagai admin, selesai. 


Berapa banyak admin yang bisa ditambahkan dalam sebuah grup? Jawabannya adalah tidak terbatas. Bahkan semua anggota grup pun bisa Anda jadikan admin jika mau. Hanya saja hal ini tidak efektif untuk menjalankan sebuah grup karena dengan semua hak istimewa yang disebutkan di atas. Tentu ada orang-orang yang kurang bijak dalam menggunakannya, serta menimbulkan ketegangan di dalam grup. 


Belum lagi jika semua anggota dijadikan admin, maka risiko hacking sangat besar terjadi. Sebab hacking akun Whatsapp sangat rentan saat ini, dan ketika ada seorang admin yang akunnya dihack, maka hacker bisa melakukan hal apapun pada grup-grupnya. Hal ini tentu sangat merugikan.


Oleh sebab itu, admin grup paling tidak maksimal tiga hingga empat orang saja. Bisa juga disesuaikan dengan jobdesk masing-masing, yang terpenting adalah membuat kinerja grup maksimal. 


Demikian adalah cara menambah admin grup WA, apakah artikel ini cukup membantu dan memberikan informasi yang Anda butuhkan? Atau Anda memiliki cara lainnya yang lebih praktis? Silakan berbagi di kolom komentar ini, ya.


tags : cara menjadi admin grup wa tanpa persetujuan, cara mengambil alih admin grup whatsapp, cara kick orang di grup wa tanpa jadi admin, cara hack admin grup whatsapp, cara bubarkan grup whatsapp, cara invite masuk grup whatsapp, apa maksud admin grup di wa, cara membuat grup wa