Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membersihkan Memori HP Oppo Agar Tidak Lemot Lagi

Cara Membersihkan Memori HP Oppo - Saat menggunakan HP, kita sering lupa untuk mengecek kapasitas penyimpanan, dan cenderung membiarkan aplikasi yang sudah tidak digunakan sehingga memenuhi memori dan RAM.  Hp Oppo sebenarnya sudah dibekali dengan kapasitas memori mumpuni, tetapi tetap saja gampang penuh. Cobalah menerapkan beberapa cara membersihkan memori Hp Oppo berikut ini.


Cara Membersihkan Memori HP Oppo
Cara Membersihkan Memori HP Oppo


Penyebab Memori HP Oppo Cepat Penuh

Sebenarnya apa yang menyebabkan memori HP Oppo cepat penuh?  Bisa jadi ada sampah aplikasi yang sudah di-uninstal atau dihapus tetapi nggak secara tuntas. Seperti masih menyisakan cache, atau gambar-gambar lainnya. Seperti saat kamu mengunduh aplikasi tetapi kemudian menghapusnya dari layar utama. Hal ini belum tentu semua sampah terhapus dan masih ada pada memori hp.

Contohnya saja ijiak menghapus aplikasi whatsapp. Media akan tersimpan otomatis pada memori, sehingga menjadi salah satu alasan ruang penyimpanan cepat habis. Hal ini bisa diatasi dengan merubah beberapa pengaturan pada aplikasi seperti hanya mendownload video atau gambar saat ada Wifi.



Cara Membersihkan Memori HP Oppo

Ada beberapa cara membersihkan memori Hp Oppo yang bisa Anda terapkan, tinggal pilih mana yang paling aman untuk data-data kamu.


Hapus penyimpanan

Kamu dapat pergi ke layar beranda, kemudian pilih pengaturan dan pilih manajer telepon. Selanjutnya pilih bersihkan penyimpanan, kemudian klik hapus semua jika ingin menghapus semua file sampah pada Hp Oppo kamu. Kamu juga bisa memilih file mana saja yang akan dihapus, tinggal centang kotak sebelah file yang akan dihapus.







Hapus Data Aplikasi

Kamu bisa klik pengaturan, kemudian klik manajer aplikasi. Selanjutnya pilih data cache aplikasi. Klik aplikasi yang terdapat cache di dalamnya, kemudian pilih hapus. Perlu diingat bahwa perintah ini nggak bisa diurungkan lagi atau dikembalikan datanya. Dengan memilih pilihan hapus cache kadang bisa membuat beberapa pengaturan dalam aplikasi hilang.


Membersihkan lebih banyak ruang

Untuk mengosongkan lebih banyak ruang, kamu dapat menghapus beberapa file gambar, audio, video, ataupun dokumen yang sudah jarang dibuka atau tidak dipakai lagi. Buka files, kemudian pilih bentuk file yang akan kamu hapus, apakah dokumen atau video, dan lainnya. Klik file yang akan dihapus dan klik hapus.


Reset Pengaturan pabrik

Jika semua cara diatas tidak berfungsi secara optimal, mungkin sudah waktunya untuk melakukan cara ini, yaitu membersihkan memori hp Oppo dengan mereset Hp ke pengaturan awal atau reset pengaturan pabrik. Sebelumnya perlu diingat untuk melakukan backup file penting ke clouds atau ke google drive  atau bisa juga ke memori eksternal. Setelah itu baru lakukan.



Cara Membersihkan Memori RAM Oppo

Nah salah satu masalah yang bisa membuat Hp Oppo lemot adalah jika RAM penuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika RAM penuh, pertama tutup aplikasi yang aktif berjalan, gunakan yang benar-benar kamu buka sekarang. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM. Pilih aplikasi pembersih RAM yang tidak membuat Hp tambah lemot dengan memperhatikan ukuran apk yang kecil.


Apakah kamu sering mengaktifkan live wallpaper? Ini adalah salah satu yang sangat mempengaruhi kapasitas  RAM. Ganti dengan wallpaper dengan gambar biasa saja. Kadang kamu menginstal aplikasi dan membiarkan aplikasi tersebut bahkan sesudah tidak pernah dipakai lagi. Langkah paling tepat adalah dengan meng-uninstal aplikasi, jangan lupa untuk menghapus cache yang tertinggal.


Itulah beberapa cara membersihkan memori Hp Oppo yang dapat kamu coba untuk mengatasi memori gampang penuh. Biasanya kalau memori penuh, akan gampang panas dan lemot, cara terbaik untuk menghindarinya pasti dengan menerapkan beberapa cara diatas, selamat mencoba.


tags : cara mengatasi memori hp penuh, cara clear cache oppo a37, cara membersihkan memori hp samsung, cara membersihkan memori hp iphone, cara menghapus file tersembunyi di hp oppo, memori hp penuh oppo, cara membersihkan memori hp xiaomi, cara membersihkan memori laptop