Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam Mobile Legend dan Artinya

Istilah dalam Mobile Legend dan Artinya - Mobile Legends memiliki istilah-istilah khusus yang diketahui oleh para pemainnya. Istilah dalam Mobile Legend dan artinya ini akan dibahas melalui artikel berikut. Ada banyak pemain pemula yang mungkin belum mengetahui arti dari beberapa istilah. Ini bisa membantu pemain selama pertandingan atau saat chat dengan pemain lainnya. 


Istilah dalam Mobile Legend dan Artinya
Istilah dalam Mobile Legend dan Artinya


Istilah dalam Battlefield Mobile Legend 

Battlefield merupakan arena pertandingan yang ada di game Mobile Legend. Di arena pertandingan ini ada tiga jalur yaitu Top Lane, Middle Lane, dan Bottom Lane. Semua jalur memiliki tiga turret yang perlu dihancurkan agar sampai ke tempat musuh. Pemain Mobile Legends sebaiknya mengerti istilah yang ada dalam arena pertandingan ini. 

Berikut ini beberapa istilah dalam Mobile Legend dan artinya saat pertandingan di Battlefield.


AFK

AFK atau Away From Keyboard merupakan istilah saat seseorang tiba-tiba meninggalkan permainan. Pemain yang AFK bisa sementara atau benar-benar sampai game berakhir.


Aggro

Aggro keadaan saat tower menargetkan dan menyerang pemain. Dalam keadaan ini pemain bisa pergi menjauh dari jangkauan serangan tower. 


BD

BD merupakan singkatan dari Backdoor yang artinya menyerang sebuah tower tanpa minion.


Bot

Bot dalam pertandingan Mobile Legend merupakan singkatan dari bottom lane, atau jalur bagian bawah.


Buff

Buff berarti meningkatkan level power sebagai hasil dari penambahan mekanis game. Ini bisa diperoleh dengan membunuh creep jungle.


Bush/Brush

Bush atau brush merupakan rumput tinggi yang ada di arena pertandingan. 


Def

Def singkatan dari Defend yang artinya bertahan. Saat ada pemain yang meminta def berarti tim perlu mempertahan turret atau base. 


Dive

Dive memiliki arti melakukan serangan ke dalam turret lawan. Pemain yang melakukan dive perlu berhati-hati agar tidak mendapat serangan dari turret. 


Farm

Farm atau farming berarti membunuh minion, monster, dan mendapatkan emas. Farming dilakukan untuk meningkatkan level hero dan mendapat emas untuk pembelian item hero.  


Feeder

Feeder adalah seorang pemain yang memberi emas atau xp pada tim lain dengan membiarkan dirinya diserang dan mati. Istilah ini diberikan pada pemain dengan performa yang buruk.


Gank

Gank atau ganking merupakan istilah dalam Mobile Legend dan artinya adalah menyerang lawan secara bersama-sama dan mengejutkan. Ini salah satu strategi untuk melawan musuh dengan tak terduga atau diam-diam.


GG

GG merupakan singkatan dari Good Game. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan sportivitas yang baik dan biasanya diucapkan pada akhir pertandingan. 


Harass

Harrass berarti memberikan kerusakan signifikan pada lawan secara bertubi-tubi. Ini biasanya digunakan dalam fase laning saat musuh semakin rendah kesehatannya dan perlu ke pangkalan. 


Kiting

Kiting merupakan metode menjaga jarak dan melakukan tarik ulur seperti halnya layangan. Pemain harus terus bergerak dan menjaga jarak dan biasanya dilakukan oleh hero dengan mobilitas tinggi.


KDA

KDA merupakan singkatan dari kill, death, dan assist. KDA dalam Mobile Legends merupakan jumlah kill ditambah dengan assist lalu dibagi dengan jumlah death atau kematian. 


KS

KS adalah singkatan dari Kill Steal. Istilah dalam Mobile Legend dan artinya untuk Kill Steal yaitu tindakan saat membunuh lawan yang telah dilemahkan. Jadi pemain membunuh lawan yang telah dilemahkan oleh teman satu timnya.


Stun

Stun merupakan efek yang juga dikenal dengan sebutan Crowd Control (CC). Efek ini membuat musuh tidak dapat bergerak dalam beberapa saat.


Turret

Turret merupakan tower yang ada dalam arena pertandingan di Mobile Legend dan game Moba sejenis. Turret lawan bisa memberikan serangan yang meningkat jika didekati. 








Istilah Hero Mobile Legend

Mobile Legends sebagai game MOBA memiliki banyak hero dengan role masing-masing. Setiap hero memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Berdasarkan role-nya, hero Mobile Legends terdiri dari 6 role atau kelas. Berikut istilah dalam Mobile Legend dan artinya untuk hero:


Tank

Tank merupakan hero yang memiliki daya tahan paling kuat di antara semua hero. Memiliki ukuran yang besar, tank bisa menjadi garda depan untuk membantu menyerang musuh. Tank memiliki daya tahan tinggi dan titik serangan namun dengan kerusakan rendah. 


Fighter

Fighter merupakan hero yang memiliki kemampuan campuran antara menyerang dan bertahan. Setiap fighter memiliki kemampuan unik antara mobilitas, damage, dan ketahanan. Kemampuannya bisa dibilang berada di antara Tank dan Assassin.


Marksman

Marksman merupakan hero yang memiliki serangan tinggi dan kritis dari kejauhan. Marksman memiliki peran penting dengan membunuh musuh dari kejauhan. Di awal permainan hero ini memiliki ketahanan dan mobilitas yang rendah sehingga perlu bergantung pada tank.


Mage

Mage merupakan istilah dalam Mobile Legend dan artinya adalah seorang magician atau penyihir. Istilah ini juga digunakan di hero MOBA lainnya. Hero mage memiliki kekuatan magis yang tinggi dengan keahlian CD (Cooldown) tinggi.


Assassin

Assassin merupakan hero yang punya spesialisasi membunuh. Assassin memiliki kemampuan pemburu yang bisa menemukan momen tepat pertarungan sebelum membunuh musuhnya.


Support

Hero dengan role support memiliki tujuan untuk membantu rekan satu tim di situasi apapun. Hero jenis ini melindungi dan menyembuhkan hero lainnya. Hero support juga akan mengorbankan dirinya agar yang lain tetap hidup.


Selain istilah role untuk hero Mobile Legends, ada juga istilah untuk tipe kemampuan/spesialisasi yang dimiliki oleh hero. Pemain juga perlu untuk mengerti istilah untuk kemampuan para hero ini. Berikut ini beberapa kemampuan dari hero Mobile Legends.

  1. Regen: kemampuan untuk meregenerasi dirinya atau teman satu tim.
  2. Reap: kemampuan untuk mengeksekusi target menggunakan benefit dari membunuh hero musuh.
  3. Charge: kemampuan hero untuk masuk ke dalam pertarungan dengan menggunakan blink skill.
  4. Burst: kemampuan hero yang secara instan merusak hero musuh dengan keahlian damage dalam waktu singkat.
  5. Poke: kemampuan hero untuk memberikan kerusakan dari jauh dengan skill jangkuan besar.
  6. Magic Damage: kemampuan pada hero yang melakukan kerusakan sihir tapi tidak harus mage.
  7. Mixed Damage: kemampuan hero yang yang berupa serangan fisik dan kekuatan sihir.
  8. Guard: spesialiasi untuk hero yang dapat melindungi tim mereka.
  9. Chase: ditujukan untuk hero yang mengejar musuh di dalam atau di luar pertarungan.
  10. Control: spesialisasi yang diberikan untuk hero yang memiliki kemampuan mengendalikan pertarungan. Hero yang memiliki kemampuan ini bisa mengendalikan beberapa musuh bersamaan.


Para pemain Mobile Legends khususnya pemula sebaiknya mempelajari istilah-istilah saat bermain game yang satu ini. Pemain yang telah memahami istilahnya akan lebih mudah saat berkomunikasi dengan pemain lain. Selain itu ini juga penting saat akan meningkatkan skill bermain.


Istilah dalam Mobile Legend dan artinya ini dapat dipelajari sendiri. Pemain juga bisa belajar sambil terus bermain sehingga dapat memahami artinya secara nyata. Bertanya pada pemain lain yang lebih berpengalaman juga bisa membantu untuk mengetahui istilah yang tidak diketahui.


tags : istilah menang dalam mobile legend, istilah ninja di mobile legend, core ml artinya, apa itu late game mobile legend, istilah hyper dalam mobile legend, arti mana di mobile legend, honed skill mobile legend adalah, arti kata public di mobile legend