Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Mengecek HP Realme untuk Mendapatkan Produk Berkualitas dan Asli

Cara Mengecek HP Realme - Realme merupakan salah satu merek handphone dengan banyak peminat di Indonesia. Untuk membeli handphone perlu beberapa pertimbangan agar mendapatkan produk sesuai kebutuhan. Selain itu perlu juga cara mengecek hp realme agar tidak mendapatkan produk tiruan atau palsu.


Cara Mengecek HP Realme
Cara Mengecek HP Realme


Tips Membeli Handphone

Berikut ini terdapat beberapa tips ketika membeli hp yang berkualitas.


Cek harga

Semakin canggih dan lengkap fitur di dalam handphone tentu harganya juga semakin mahal. Cek berbagai jenis hp agar tidak terlalu mahal sesuai dengan dana yang ada. Bandingkan hp dari beberapa toko online maupun offline untuk mendapatkan harga hp Realme murah yang cocok.


Perhatikan kapasitas RAM

Besarnya kapasitas RAM juga akan mempengaruhi harga handphone. Kapasitas RAM harus memadai agar penggunaan hp bisa maksimal. Sesuaikan juga dengan penggunaan handphone apakah untuk komunikasi saja, untuk berselancar di media sosial, maupun untuk bermain berbagai game.


Mengetahui prosesor 

Prosesor atau chipset adalah pusat yang mengendalikan semua fungsi komponen suatu hp. Prosesor dan RAM harus sesuai karena jika prosesor canggih maka kapasitas RAM juga harus besar agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu prosesor yang terkenal adalah Snapdragon seperti pada merek hp Realme.


Kualitas kamera dan kapasitas baterai

Kamera yang berkualitas merupakan incaran banyak orang baik untuk swafoto ataupun untuk foto produk. Kapasitas baterai yang semakin besar akan membuat penggunaan lebih nyaman. Sesuaikan kualitas kamera dan kapasitas kamera agar tidak terganggu untuk berbagai kegiatan menggunakan handphone.


Memperhatikan desain dan tampilan

Biasanya orang-orang akan menyukai handphone sesuai dengan tren yang sedang ada. Misalnya saja handphone tanpa poni atau tanpa lubang kamera depan sehingga tampak seperti layar penuh. Selain itu besar layar dan ketebalan layar juga menjadi pertimbangan.








Cara Cek HP Realme

Berikut ini terdapat beberapa cara agar mendapatkan handphone Realme yang berkualitas saat membelinya.


Memeriksa layar LCD dan touchscreen

  1. Masuk pada menu Telepon dan masukkan kode *#808#. Kemudian akan muncul menu untuk cek hp Realme.
  2. Untuk memeriksa LCD, geser kanan pada Media debugging dan pilih LCD Test. Lakukan langkah-langkah yang ada untuk cek LCD.
  3. Untuk memeriksa touchscreen, geser kanan dan pilih Media debugging. Akan muncul tiga pilihan berupa Handwriting, Touchscreen Auto Test, dan Verification yang bisa digunakan untuk cek touchscreen.


Memeriksa IMEI

IMEI berguna sebagai cara mengecek hp realme asli yang akan terdaftar pada Kementerian Perindustrian. Ada 3 cara untuk memeriksa IMEI:

  1. Dial kode *#06#.
  2. Masuk menu Pengaturan dan pilih Tentang Ponsel. Pilih menu Status untuk mengetahui IMEI.
  3. Mengecek IMEI yang tertera di belakang boks kemasan pada website Kementerian Perindustrian.


Memeriksa masa garansi

Masa garansi tentu sangat membantu jika sewaktu-waktu handphone mengalami kerusakan. Tidak hanya untuk handphone baru, handphone bekas dengan masa garansi yang masih berlaku tentu sangat berguna. Untuk mengecek garansi caranya:

  1. Pastikan mengetahui IMEI untuk memeriksa masa garansi.
  2. Masuk ke website Realme untuk melakukan phone check.
  3. Akan ada kolom Mohon masukkan IMEI ponsel anda. Masukkan IMEI handphone pada kolom tersebut.
  4. Kemudian klik Cek Sekarang. 


Itulah tadi cara mengecek hp realme dengan berbagai tips ketika membelinya agar mendapatkan hp berkualitas dan original. Dengan cara yang tepat saat membeli maupun menggunakannya maka handphone akan awet dan tidak mudah rusak. Pengguna bisa menggunakan handphone Realme dengan lebih nyaman. 


tags : *#*#4636#*#* realme tidak bisa, kode cek touchscreen realme, kode rahasia realme tidak berfungsi, cara masuk engineering mode realme, cek garansi realme, kode test speaker realme, cek imei, cek layar realme c2