Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbagi Sandi WiFi Oppo yang Gampang dan Pasti Berhasil

Cara Berbagi Sandi WiFi Oppo - Ketika kamu sedang di tempat umum seperti kafe, biasanya fasilitas WiFi yang disediakan diberi password atau sandi. Tujuannya adalah agar WiFi tersebut tidak disalahgunakan orang lain, apalagi yang bukan tamu. 


Cara Berbagi Sandi WiFi Oppo
Cara Berbagi Sandi WiFi Oppo


Akan tetapi, adanya password tersebut mungkin jadi agak merepotkan buat Anda karena Anda harus minta password dari orang lain. Untungnya, ada cara berbagi sandi WiFi Oppo yang bisa langsung Anda lakukan tanpa harus bertanya, lho!


Dengan adanya cara berbagi sandi WiFi Oppo ini, Anda bisa minta password dari teman yang pergi dengan Anda dan sudah terhubung dengan koneksi WiFi. Atau, Anda bisa memberikan password WiFi dengan orang lain meskipun Anda lupa apa password-nya.


Kalau begitu, bagaimana ya caranya berbagi password WiFi di HP Oppo? Simak penjelasan dan tutorialnya berikut ini, yuk!



Cara Berbagi Sandi WiFi Oppo

Di sini, kamu akan temukan 2 cara berbagi sandi WiFi Oppo tanpa dan dengan aplikasi tambahan. Seperti ini caranya.


Tanpa aplikasi tambahan

Untuk berbagi sandi WiFi di HP Oppo tanpa aplikasi tambahan, kamu bisa manfaatkan kode QR WiFi yang sudah ditambahkan ke dalam sistem Oppo. Dengan begitu, pada dasarnya kamu hanya perlu scan kode QR tersebut untuk menggunakan koneksi WiFi, bahkan tanpa harus mengetik password.

Seperti ini langkah-langkahnya.

  1. Buka notification tray atau notification center yang ada di status bar.
  2. Tap WiFi.
  3. Setelah menu WiFi terbuka, tap opsi “WiFi QR code”.
  4. Setelah itu, kode QR dari WiFi yang sudah terhubung dengan HP akan muncul secara otomatis di layar HP.







Kalau kode QR-nya sudah muncul, kamu hanya perlu scan kode tersebut dengan HP lain yang belum terhubung ke WiFi. Setelahnya, kamu bisa terhubung dengan koneksi WiFi tersebut tanpa harus mengetik lagi sandi WiFi. Lebih gampang, kan?


Hanya saja, cara ini katanya hanya bisa dilakukan kalau HP Oppo yang kamu pakai sudah menjalankan Android 11 atau lebih tinggi. Kalau 



Dengan aplikasi tambahan

Tapi, bagaimana kalau HP Oppo yang Anda pakai ternyata belum mendukung fitur kode QR ini? Hal ini biasa ditemukan pada HP yang masih menggunakan Android versi lebih jadul, seperti Android 10 atau yang lebih jadul.

Alternatif cara berbagi sandi WiFi Oppo lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan yang dimaksud di sini adalah QR Code Scanner, yang bisa Anda download dari Google Play Store.

  1. Download QR Code Scanner dari Play Store, lalu buka aplikasinya dan berikan akses izin perangkat.
  2. Pilih “Create”, kemudian pilih “WiFi”.
  3. Masukkan data user sesuai yang Anda inginkan – nama SSID dan kata sandi. Kemudian pilih tipe keamanan. Kalau sudah, tap tombol centang yang ada di pojok kanan atas untuk membuat kode QR baru tersebut. Nanti, kode QR-nya akan disimpan di galeri HP Anda.


Dengan cara di atas, Anda pun bisa membuat sendiri kode QR yang bisa dibagikan kepada para pengguna lainnya. Jadi, orang lain hanya perlu men-scan kode QR yang Anda buat menggunakan aplikasi QR Code Scanner ini.


Kesimpulan

Itu dia 2 cara berbagi sandi WiFi Oppo yang bisa Anda lakukan tanpa maupun dengan menggunakan aplikasi tambahan. Anda tinggal pilih saja mana cara yang paling praktis untuk Anda coba dan sesuai dengan tipe maupun versi Android HP Oppo yang Anda pakai. Selamat mencoba!


tags : cara berbagi password wifi yang sudah terhubung, cara melihat barcode wifi di hp oppo, cara scan barcode di hp oppo tanpa aplikasi, cara melihat password wifi di hp sendiri, cara melihat password wifi di hp oppo, cara mendapatkan password wifi di android, cara mengetahui password wifi tetangga dengan laptop, cara cek password wifi