Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Dual SIM Oppo Tidak Terbaca Pada Ponsel Android

Cara Mengatasi Dual SIM Oppo - Cara mengaktifkan dual SIM Oppo – Para pengguna Oppo pastinya juga akan sering mengalami masalah yang mana pada kartu dual SIM terkadang tidak bisa terbaca. Kejadian ini biasanya juga akan dialami oleh beberapa merek ponsel. Kejadian tidak terbacanya kartu SIM pada Oppo dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti permasalahan pada sistem, masalah hardware atau masalah dari penggunaan itu sendiri. Bahkan  hanya dari hal yang paling sepele sekalipun seperti melakukan pemasangan kartu yang kurang tepat juga dapat menyebabkan permasalahan berikut. 


Cara Mengatasi Dual SIM Oppo
Cara Mengatasi Dual SIM Oppo


Cara Mengatasi Dual SIM Terbaik Oppo yang Invalid

Sama halnya dengan cara mengaktifkan dual SIM Oppo, cara mengatasi dual SIM yang bermasalah ini juga sangat mudah dilakukan sebenarnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan pada saat ponsel Oppo yang kamu miliki tidak dapat membaca kartu SIM yang sudah terpasang. 

  1. Sebelum melakukan pengaturan dual SIM Oppo lebih dahulu pastikan SIM card tidak terbalik dan masih dalam kondisi aktif tidak melewati masa tenggang. 
  2. Pastikan jika ponsel Oppo milikmu juga tidak sedang berada pada mode terbang, lihat pada ikon mode terbang tersebut aktif atau tidak. Jika aktif terlebih dahulu harus di nonaktifkan dan menunggu sebentar supaya pada sistem bisa melakukan refresh pada jaringan yang sudah ada. 
  3. Jika kamu menggunakan Oppo yang memiliki dua tipe SIM slot, lihat lebih dahulu pada pengaturan apa ada salah satu SIM yang dalam keadaan mati atau keduanya dalam keadaan menyala. Hal ini umumnya akan terjadi bila baru pertama kali menggunakan android yang akan lebih dahulu melakukan eksplorasi di menu yang ada. 
  4. Jangan lupa juga melakukan pengecekan pada slot kartu SIM yang ada pada ponsel, adakah konektor yang dalam keadaan tertutup atau tertekuk sesuatu sehingga bisa menghalangi SIM card tidak terbaca. 





  5. Selanjutnya coba melakukan riset ke dalam pengaturan android awal untuk melakukan pembaruan sistem yang sedang error. 
  6. Bila cara mengaktifkan dual SIM Oppo seperti di atas tidak mengalami permasalahan, maka dapat melakukan pengecekan pada IMEI di ponsel Oppo, karena jika IMEI hilang dan mempunyai masalah bisa berakibat pada SIM card Oppo tidak akan terdeteksi oleh sistem. 


Cara melakukan pengecekan IMEI pada ponsel Oppo ini sama dengan ponsel-ponsel yang lainya yaitu dengan cara ketik *#06#, ketika pada fitur model panggilan dan jika tidak ada IMEI yang ada dan tidak valid maka sudah dipastikan  jika memang bermasalah dan harus melakukan pengaturan ulang IMEI. 


7. Ketika keseluruhan langkah di atas sudah dilakukan bahkan sudah melakukan proses flashing frimware, masih tidak memberikan hasil yang baik untuk melakukan deteksi kartu seluler pada handphone Oppo, berarti terdapat masalah pada hardware sehingga kamu harus melakukan pengecekan di tempat service center Oppo yang terdekat dari rumah kamu. 


Semoga tips cara mengaktifkan dual SIM Oppo yang bermasalah tidak dapat terdeteksi seperti di atas bisa bermanfaat untuk para pengguna Oppo maupun para pengguna android lainnya, tips yang ada di atas bukan hanya berpaku untuk satu merek handphone saja tetapi bisa digunakan untuk mengatasi segala merek handphone yang ada untuk saat ini. Jika tips di atas masih belum bisa mengatasinya makan lebih baik untuk datang ke tempat service center yang memang sudah berpengalaman di kota kamu. 


tags : oppo dual sim setting, oppo sim card not detected, cara reset factory oppo, how to activate sim card in oppo, kenapa simcard tidak terbaca, sim card bermasalah, oppo sim card size