Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Hp Oppo ke TV

Cara Menghubungkan Hp Oppo ke TV - Saat ini semua aktivitas menonton dapat dilakukan melalui smartphone seperti menonton film, streaming Youtube, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi layar ponsel yang kecil, pengguna hp Oppo dapat mencoba cara menghubungkan hp Oppo ke TV.


Cara Menghubungkan Hp Oppo ke TV
Cara Menghubungkan Hp Oppo ke TV


Hampir semua produsen smartphone saat ini sudah melengkapi produk-produknya dengan fitur screen mirroring, salah satunya adalah Oppo. Para pengguna dapat menggunakan fitur tersebut untuk memproyeksikan layar dari hp ke TV, sehingga dapat mengakses hiburan dengan tampilan yang lebih besar.


Sebenarnya cara menghubungkan hp Oppo ke TV bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.



Menyambungkan Melalui Kabel

Cara menyambungkan hp oppo ke tv yang pertama adalah dengan kabel. Namun, perlu kabel khusus untuk melakukan  ini yaitu kabel MHL khusus. (USB Type C atau Micro USB to HDMI). Saat ini sudah banyak toko online yang menjual aksesoris tambahan tersebut dengan harga yang terjangkau.

Sebelum membeli kabel MHL, Anda wajib memastikan dulu bahwa tipe hp Oppo Anda sudah support MHL. Jika belum support MHL, proyeksi layar tidak dapat dilakukan. Tetapi jika perangkat kompatibel dan Anda sudah menyiapkan kabel MHL, Anda dapat memulai beberapa langkah berikut

  1. Matikan TV
  2. Sambungkan bagian micro kabel MHL ke smartphone Oppo
  3. Setelah itu sambungkan socket HDMI ke port di TV
  4. Kemudian nyalakan TV dan atur ke mode HDMI
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi HDMI Connection, konfirmasi notifikasi tersebut
  6. Selesai, layar hp dan TV Anda akan tersambung


Menyambungkan Tanpa Kabel

Jika hp Oppo Anda ternyata tidak support MHL, maka Anda tidak bisa mencoba cara di atas. Cara lainnya adalah dengan menyambungkan perangkat tersebut ke TV tanpa menggunakan kabel. Tetapi TV yang akan terhubung harus sudah dilengkapi dengan fitur WiFi seperti Android TV dan Smart TV.

Cara menyambungkan hp oppo ke tv tanpa kabel memiliki cara kerja dengan memanfaatkan fitur Miracast atau WiFi Display yang terdapat di ponsel atau TV. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan fitur berbagi layar di TV
  2. Selanjutnya aktifkan WiFi di hp Oppo
  3. Setelah itu, masuk ke Pengaturan
  4. Pilih menu Sambungan Nirkabel Lainnya
  5. Pilih dan aktifkan ScreenCast (Proyeksi Layar)
  6. Di bagian tampilan perangkat tersedia, pilih nama perangkat TV
  7. Tekan dan tunggu hingga selesai proses menyambungkan.

Untuk cara mengatifkan fitur berbagi layar, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan atau Settings di TV. Menu tersebut mungkin memiliki nama yang berbeda untuk beberapa merek TV seperti Polytron, Samsung, Sharp, LG, dll. Namanya mungkin saja Smart View, Miracast,  Pencerminan, dan masih banyak lagi.








Menghubungkan Dengan Anycast

Jika kedua cara menghubungkan hp Oppo ke TV tersebut tidak berhasil, maka cara terakhir adalah menggunakan perangkat tambahan. Saat ini sudah ada beberapa perangkat tambahan yang dapat digunakan, di antaranya adalah Anycast. 

Ini adalah HDMI dongle dan banyak tersedia di toko computer maupun toko online dengan harga terjangkau. Dengan anycast, TV Anda nantinya akan support ke Miracast wifi display. Bahkan Anycast tidak hanya dapat digunakan untuk TV LED, tetapi juga TV Tabung.

Untuk TV yang belum dilengkapi dengan port HDMI, Anda dapat membeli kabel RCA. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menyambungkan hp oppo ke tv dengan anycast.

  1. Sambungkan Dongle Anycast pada port HDMI TV
  2. Sambungkan pengisi daya ke anycast, sementara itu kabel USB bisa ke port di TV atau dengan kepala charger ponsel
  3. Setelah itu, nyalakan TV dan atur saluran ke HDMI
  4. Aktifkan WiFi pada hp Oppo 
  5. Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih sambungan nirkabel
  6. Aktifkan proyeksi layar
  7. Tap nama perangkat Anycast yang muncul pada layar hp untuk menyambungkan
  8. Pastikan anycast dalam mode Miracast. Jika DLNA Airplay yang aktif, maka perangkat tidak akan terdeteksi. Untuk mengubahnya, Anda dapat menggunakan tombol kecil di perangkat dongle. Namun cara ini memiliki kelemahan yaitu tampilannya kadang patah-patah.

Demikian beberapa cara menghubungkan hp Oppo ke TV. Ternyata caranya cukup sederhana bukan?


tags : cara mengaktifkan screen mirroring di tv, cara mengaktifkan screen mirroring di hp oppo, cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel, cara menyambungkan wifi ke tv biasa, cara mengaktifkan screen mirroring di tv samsung, cara menyambung youtube ke tv, hdmi connection di hp oppo, cara menyambungkan hp oppo ke tv dengan anycast