Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Cari Tahu Cara Menambah RAM HP OPPO A3S

Cara Menambah RAM HP OPPO A3S - RAM merupakan singkatan Random Access Memory, yang memiliki fungsi untuk simpan memori sementara dari program atau aplikasi yang tertentu dari OS atau sistem operasi. Peran RAM vital sekali untuk HP Android, termasuk HP OPPO A3S. HP yang memiliki RAM besar akan menjadi lebih mudah di dalam jalankan aplikasi yang banyak pada waktu yang bersamaan. Sedangkan, jika HP berkapasitas RAM kecil, maka untuk jalankan hanya sejumlah aplikasi akan membuat HP menjadi terasa lemot. Kemudian bagaimana cara untuk tambah RAM pada HP Android, terutama cara menambah RAM HP OPPO A3S? Temukan jawabannya di ulasan bawah ini.


Cara Menambah RAM HP OPPO A3S
Cara Menambah RAM HP OPPO A3S


Beberapa Cara Tambah RAM Pada HP OPPO A3S

Jika Anda bertanya, apakah RAM bisa untuk ditambah? Jawabannya tidak. RAM sendiri telah tertanam secara langsung pada mainboard HP. RAM tak bisa untuk dilepas pasang serta diganti dengan kapasitas yang lebih besar. Jadi, jika Anda ingin untuk tambah RAM di HP Android, maka mau tak mau harus beli HP baru yang memiliki RAM lebih besar. Jika kamu ingin menambah RAM Android, maka Anda harus beli ponsel yang baru.

Namun, bagi Anda yang belum mempunyai cukup uang untuk beli ponsel yang baru tapi juga ingin memperluas atau menambah RAM, tenang saja, ada beberapa cara aman untuk itu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba:







Menghapus Aplikasi Tak Penting

Semakin banyak aplikasi yang Anda install pada HP, maka akan semakin banyak juga aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi yang berjalan pada background akan banyak memakan kapasitas RAM. Maka dari itu, apabila Anda ingin untuk menghemat kapasitas RAM HP, sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi yang jarang untuk digunakan atau aplikasi yang tidak penting. Caranya pun sangat mudah, yaitu:

  1. Masuk pada Pengaturan atau Setting, kemudian pilih Aplikasi
  2. Pilihlah aplikasi mana yang ingin untuk Anda uninstall
  3. Kemudian pilih Uninstall


Disable Aplikasi Bawaan Ponsel

Tidak hanya aplikasi yang Anda install sendiri, aplikasi bawaan ponsel pun juga memakan kapasitas RAM. Apalagi jika sejumlah aplikasi bawaan yang sebetulnya tak begitu Anda butuhkan. Nah, jika terdapat aplikasi bawaan yang tak bisa untuk Anda uninstall tapi tidak terlalu dibutuhkan, Anda dapat mencoba untuk disable aplikasi tersebut karena dapat memperluas kapasitas RAM ponsel.

Caranya pun cukup mudah, yaitu:

  1. Masuk Play Store
  2. Tekan ikon 3 garis horizontal yang ada pada bagian kiri atas
  3. Masuk ke Help & Feedback
  4. Ketik “Disable App” di kolom pencarian
  5. Klik tautan ke Tap to go to Application Setting
  6. Pilih aplikasi yang ingin Anda disable
  7. Pilih tombol “disable”
  8. Memakai Aplikasi Booster Android


Cara memperluas atau cara menambah RAM HP OPPO A3S selanjutnya adalah dengan cara install aplikasi Booster pada ponsel. Aplikasi Booster umumnya memiliki fitur RAM Booster yang memiliki fungsi untuk hapus aplikasi tak penting yang memakan kapasitas RAM. 


Itulah beberapa cara memperluas atau cara menambah RAM HP OPPO A3S. Namun pada intinya, cara menambah RAM pada ponsel tidak dimungkinkan karena komponen Ram telah tertempel pada mainboard HP. Jika mencopot RAM dari mainboard, sama saja dengan Anda merusak HP. Jadi, lebih baik untuk menggunakan cara-cara di atas untuk memperluas RAM, atau Anda bisa beli ponsel baru dengan RAM yang lebih tinggi. 


tags : cara menambah ram 1gb menjadi 4gb, cara menambah ram 1gb menjadi 6gb, cara bersihkan memori hp oppo a3s, cara menambah ram laptop, upgrade ram oppo, setting hp oppo, cara menambah ram android root, cara meringankan ram android