Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari HP Macet, Ini Dia Cara Reset HP Realme Dijamin Mudah

Cara Reset HP Realme - Hp Realme kamu sering macet? Nah, artikel ini akan memberikan solusi tepat untuk kamu. Hp macet memang menjengkelkan, sehingga penting bagi kamu untuk tidak melewatkan informasi penting ini. Kali ini, kita akan membahas mengenai cara reset hp Realme supaya hp kamu tidak macet lagi.


Cara Reset HP Realme
Cara Reset HP Realme


Fungsi Reset Hp

Melakukan reset pada hp bertujuan untuk mengembalikan perangkat lunak pada sistem hp kamu agar kembali ke setelan awal bawaan pabrik. Ketika kamu melakukan reset, maka kondisi hp akan kembali seperti semula. Semua data yang ada pada hp kamu akan terhapus. Jadi, kamu bisa menggunakannya seperti baru. 


Selain itu, fungsi reset juga bisa membantu menghilangkan berbagai virus yang mungkin menyerang hp kamu. Virus tersebut menyebabkan hp kamu macet. Sehingga, dapat mengurangi produktivitas hp kamu. Solusi tepatnya adalah kamu bisa mencoba mereset hp Realme terbaru milik kamu.



Cara Mudah Reset HP Realme

Kamu perlu tahu, bahwa terdapat dua jenis reset yang bisa kamu lakukan pada merek hp Realme. Dua jenis tersebut terdiri dari hard reset dan factory reset. Jadi, kamu bisa memilih penggunaannya sesuai dengan kondisi hp kamu.


Hard Reset

Hard reset merupakan salah satu cara reset hp Realme yang aman untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan reset ini jika hp kamu mati total, hardbrick, dan ketika kamu tidak bisa membuka layar hp kamu.


Cara hard reset pada hp Realme, sebagai berikut:

Matikan HP

Pertama, kamu perlu memastikan bahwa hp kamu sudah mati. Setelah itu, kamu bisa menekan tombol power bersamaan dengan volume down. Tekan, hingga muncul menu recovery. 







Akses Menu Recovery

Jika akses recovery telah muncul, maka kamu akan dihadapkan dengan pilihan bahasa. Kamu bisa memilih menggunakan bahasa Inggris supaya lebih mudah dipahami. Setelah itu, kamu perlu memilih menu wipe data. 

Jika sudah, maka akan muncul kotak pemberitahuan untuk mengkonfirmasi proses hard reset yang sedang kamu lakukan. Kamu perlu menekan “OK”. Selanjutnya, kamu harus menunggu proses dengan sabar hingga muncul pemberitahuan “wipe all application data success”. Nah, semu proses reset telah selesai, sekarang kamu hanya perlu reboot hp kamu supaya bisa digunakan lagi.



Factory Reset

Jenis yang kedua yaitu dengan melakukan factory reset. Proses ini dilakukan untuk mengembalikan hp kamu seperti pengaturan awal bawaan pabrik. Sehingga, kamu harus berhati-hati supaya data kamu tetap aman.


Cara factory reset pada hp Realme, sebagai berikut:

Cadangkan Data Hp Kamu

Pertama, kamu perlu memastikan telah mencadangkan data hp kamu sebelum melakukan proses factory reset. Hal ini untuk mengamankan data-data yang ada pada hp Realme kamu. Setelah itu, kamu bisa melakukan proses reset dalam keadaan hp menyala.


Akses Menu Pengaturan HP

Selanjutnya, kamu bisa mengakses menu pengaturan, silakan pilih menu “additional settings”. Kamu perlu mencari menu “backup and reset”. Setelah itu, kamu bisa menekan menu pilihan “factory data reset”.

Selanjutnya, kamu perlu memilih menu “erase all app and deletable apps” lalu tekan ”erase data”. Nah, sekarang kamu bisa menunggu proses tersebut hingga selesai.

Demikianlah, cara reset hp Realme yang bisa menyelamatkan hp kamu dari kemacetan. Sehingga, hp kamu bisa nyaman digunakan lagi. Namun, kamu perlu mengingat untuk melakukan pencadangan data terlebih dahulu, supaya data tetap aman. Yuk, bisa dicoba.


tags : cara reset hp realme lupa password, cara restart hp realme tanpa tombol power, cara reset hp realme c11, cara reset hp realme c2, cara reset realme c15, cara mematikan hp realme, format hp realme 5