Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Mengatasi Memori Penuh Realme C2 Tanpa Mengganti HP Baru

Cara Mengatasi Memori Penuh Realme C2 - Memori pada smartphone yang penuh memang mudah menyerang siapa pun. Pasalnya setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk membuat hp lebih cepat penuh memorinya meskipun telah dilengkapi dengan memori yang berukuran besar.


Cara Mengatasi Memori Penuh Realme C2
Cara Mengatasi Memori Penuh Realme C2


Ketika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentu saja mencari tahu cara mengatasi memori penuh realme c2, dalam artikel ini akan dibahas apa saja penyebab yang membuat smartphone milikmu penuh, setelahnya baru akan dijelaskan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak artikel ini hingga selesai. 



Mengenali Penyebab Paling Sering Memori Penuh 

Walaupun memori hp penuh sering penuh pada smartphone berukuran kecil, maka hal ini juga dapat terjadi lho pada memori besar sekaligus cara tepat membersihkannya yang perlu kamu ketahui yaitu. 


Terbiasa Tidak Membersihkan Cache

Cache atau file sampah memang seringkali muncul Ketika kita menjalankan sebuah perintah di hp. Namun, keberadaannya seringkali disadari saat memori hp mulai sempit. Untuk itu, cara mengatasi memori hp penuh yang paling tepat dengan rutin membersihkannya minimal seminggu sekali. 

Untuk membersihkannya, kamu dapat masuk pada aplikasi file manager  dengan hp realme milikmu. Setelah itu, hp akan membaca berapa jumlah file sampah yang ada. Jika sudah selesai maka, ketuklah dan biarkan hp membersihkan cache. Tunggu lah hingga proses pembuangan tersebut telah selesai dilakukan. 







Adanya File Duplikasi yang Tidak Kamu Sadari

Penyebab selanjutnya yang dapat membuat memori hp Realme milikmu penuh yaitu adanya file yang sama diunduh berkali-kali tanpa kamu sadari sehingga membuatnya melakukan duplikasi secara terus menerus. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera cek di file manager. 

Namun, seringkali file-file tersebut ternyata ada yang tersembunyi juga atau pun berukuran besar. Maka, sebaiknya Ketika kamu melakukan cara mengatasi memori penuh realme c2 pilihlah file dan dokumen tidak penting untuk segera dihapus. 

Jika file tersebut cukup penting namun memakan banyak ruang penyimpanan maka, sebaiknya kamu pindahkan saja file tersebut ke memori eksternal. Paling tidak kamu akan mendapatkan 20% memori kosong dari keseluruhan memori yang ada. 


Terlalu Banyak Menyimpan Video Offline di Youtube 

Kebiasaan yang satu ini memang sering kamu lakukan karena dapat menghemat kuota bukan? Tapi nyatanya terlalu banyak menyimpannya dapat memakan memori hp milikm. Untuk cara mengatasi memori hp penuh, kamu cukup mengurangi jumlah video yang di unduh. 

Untuk lebih mudahnya, Ketika video tersebut sudah ditonton maka sebaiknya segera dihapus saja agar memori hp tetap tersedia kapasitasnya. 


Tidak Menggunakan Memori Eksternal 

Hal yang satu sebenarnya sangat penting dimiliki, khususnya jika hp milikmu memiliki memori yang terbilang kecil seperti 32 Gb saja. Memori eksternal dapat menyelamatkanmu , khususnya Ketika harus menyimpan file-file penting. 

Dengan begitu, kamu tidak harus membuang file tersebut tapi tetap dapat menyimpannya walaupun di memori eksternal. Namun, untuk mengakses memori eksternal tidak sulit kok. Untuk memilih memori eksternal sebaiknya pilihlah hal-hal penting berikut ini.

  1. Pastikan membeli microSD asli dan bukan yang palsu, jangan tergiur dengan harga lebih mudah ya
  2. Pilih kapasitas yang cukup besar agar dapat menampung lebih banyak file 
  3. Pilih MicroSD dengan kecepatan transfer minimal 10 Mbps agar lebih mudah memindahkan file tanpa kendala


Itulah cara mengatasi memori penuh realme c2 berdasarkan penyebab yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Selamat mencoba. 


tags : fitur tersembunyi realme c2, cara memindahkan app ke sd card realme, kenapa storage oppo cepat penuh, cara membersihkan memori hp, cara menghapus aplikasi bawaan realme, aplikasi untuk bersihkan ram android, cara buang file sampah di android, cara membuka video private di hp realme