Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Downgrade Realme 3

Cara Downgrade Realme 3 - Kebanyakan orang mungkin jarang yang membutuhkan cara downgrade Realme 3 karena lebih banyak melakukan upgrade untuk mendapatkan versi terbaru.  Lalu apa sebenarnya downgrade pada android dan apa fungsinya?  Simak penjelasan berikut ini. 


Cara Downgrade Realme 3
Cara Downgrade Realme 3


Downgrade HP Realme

Mungkin tak banyak orang yang mencari tahu cara downgrade Realme 3 karena umumnya orang justru akan mengupgrade smartphone nya agar menjadi versi terbaru.  Dengan mengupgrade sistem terbaru,  maka akan meningkatkan kinerja smartphone. 

Biasanya agar bisa mendapatkan sistem versi terbaru,  pemilik smartphone harus melakukan upgrade.  Upgrade ini mengharuskan anda mendownload sejumlah data.  Yang mana tentunya akan membuat size aplikasi maupun sistem menjadi lebih besar. 

Memang bagus karena hal ini bisa membuat smartphone up to date dengan pembaruan terbaru.  Namun imbasnya adalah dimana smartphone kadangkala menjadi lebih lemot. HP lemot merupakan sebuah kondisi yang sangat menjengkelkan,  apalagi jika anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting. 


Menghapus data pada setiap aplikasi saja kadangkala tidaklah cukup.  Sehingga anda harus mencari solusi lainnya.  Salah satunya adalah melakukan downgrade. 

Downgrade adalah tindakan untuk menurunkan sistem operasi perangkat  android dari yang paling terbaru ke versi sebelum dilakukan pembaruan.  Hal ini merupakan solusi yang banyak dilakukan oleh pengguna Realme karena cukup banyak yang memiliki kendala setelah dilakukan pembaruan sistem justru mengalami beberapa masalah seperti :

  1. Lag
  2. Freeze
  3. HP cepat panas
  4. Boros baterai dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa kendala diatas,  rasanya sangat wajar jika pengguna smartphone sering mencari cara downgrade Realme 3 maupun seri Realme lainnya untuk mengatasi beberapa masalah tersebut.  Jika anda belum tahu bagaimana caranya,  simak penjelasan dibawah ini. 








Cara Downgrade HP Realme

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa cara downgrade Realme 3 bisa mengatasi beberapa masalah sekaligus.  Berikut ini adalah cara downgrade Realme 3 yang bisa anda coba 

  1. Pastikan baterai smartphone Realme anda minimal 60%
  2. Lakukan pencadangkan data lebih dulu
  3. Periksa lagi apakah versi yang anda miliki sudah memenuhi versi syarat
  4. Download paket kembalikan pada penyimpanan telepon di link berikut ( https://download.c.realme.com/flash/Rollbackpack/RMX1821EX_11_A.29.ozip )
  5. Salin paket tersebut ke direktori penyimpanan telepon (Manajer file)
  6. Klik Paket Kembalikan
  7. Klik Tingkatkan Sekarang jika Anda memutuskan untuk memutar kembali.
  8. Jangan berpindah tampilan sampai proses selesai dilakukan. 

Itu tadi proses download yang bisa anda coba.  Namun ada beberapa hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan downgrade ini,  yaitu :

  1. Setelah dilakukan downgrade,  SEMUA DATA ANDA AKAN DIHAPUS PERMANEN sehingga pastikan anda melakukan pencadangan data lebih dulu. 
  2. Operasi ini bisa saja berdampak pada telepon Realme anda. 
  3. Tindakan ini akan menyebabkan anda menerima update terbaru baik itu fungsi sistem maupun push UI Realme yang terbaru.
  4. Jika anda berubah pikiran dan ingin kembali mendapatkan update versi terbaru setelah melakukan roll back, maka anda harus mendownload paket versi Realme UI terbaru ini secara manual yang mana harus melalui situs resmi Realme melalui link berikut ( https: //www.realme.com/in/support/software-update; )

Itulah tadi beberapa informasi penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan downgrade pada Realme 3. Patuhi semua step yang diberikan agar proses downgrade berjalan lancar dan tidak menemui kendala apapun. 


Yang perlu diingat adalah setiap tindakan yang dilakukan pada smartphone tentu akan berimbas pada beberapa hal. Seperti berpengaruh pada sistem operasi maupun konsekuensi kehilangan data ponsel.  Sehingga pastikan anda melakukan semua step dengan tepat untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba. 


tags : firmware realme 3 android 9, realme 6 rollback package, cara downgrade realme 5 android 10 ke 9, realme c12 downgrade, realme update indonesia, realme firmware, realme c15 rollback, realme 5i rollback