Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Efektif Cek Kesehatan Baterai HP Android

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme - Kesehatan baterai ponsel pintar merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan bagi penggunaannya sehingga penting untuk tahu cara cek kesehatan baterai realme atau android. Kesehatan baterai berguna dalam menentukan seberapa banyak daya isi ulang baterai ponsel sesuai dengan kapasitasnya. Misal jika ponsel anda memiliki kapasitas baterai 5000 mAh dan kesehatan baterainya 80%, maka saat anda mengisi ulang secara penuh ponsel akan mampu menampung daya maksimal 4000 mAh saja.


Cara Cek Kesehatan Baterai Realme
Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Seperti yang sudah anda pahami bahwa kesehatan baterai tiap ponsel akan menurun seiring berjalannya waktu penggunaan, apalagi jika anda sering mengisi ulang baterai ponsel sambil menggunakannya bermain game online, maka kesehatan baterai anda berpotensi menurun dengan lebih cepat.


Lalu bagaimana cara mengecek kesehatan baterai android anda? Biasanya yang sering dilihat adalah orang-orang menanyakan ksehatan baterai iPhone saja, padahal android juga bisa dicek kesehatan baterainya.  Berikut caranya:


Cara pertama adalah cek kesehatan baterai ponsel android menggunakan dial code atau aplikasi dialer.

  1. Pastikan anda memiliki aplikasi dialer di ponsel anda
  2. Buka aplikasinya
  3. Kemudian masukkan kode *#*#4636#*#*
  4. Lalu anda akan dibawa ke menu selanjutnya
  5. Jika sudah muncul menu lanjutan, cari pilihan battery information
  6. Apabila anda tidak melihat adanya pilihan battery information tersebut, itu artinya ponsel anda tidak mendukung adanya akses ke fitur tersebut.







Cara lainnya adalah menggunakan Accu Battery. Jika hendak menggunakan ini anda perlu menginstalnya terlebih dahulu karena ini merupakan aplikasi pihak ketiga. Accu Battery ini sudah terpercaya dan tidak hanya bisa berfungsi sebagai pengecek kesehatan baterai ponsel tapi juga bisa untuk mengecek informasi terkait baterai lainnya yang anda miliki. Berikut cara cek kesehatan baterai realme atau android:

  1. Unduh aplikasi Accu Battery jika anda belum memilikinya. Bisa anda unduh di play store secara gratis
  2. Buka aplikasi Accu Battery
  3. Lalu tekan pada bagian tab kesehatan di bawah layar
  4. Nantinya di bawah kesehatan baterai akan ada informasi yang menunjukkan kepada anda kesehatan baterai ponsel milik anda


Perlu diperhatikan bahwa saat pertama kali menggunakannya anda belum bisa mengetahuinya secara langsung. Perlu menjalankan aplikasinya selama beberapa hari dan beberapa pengisian daya untuk aplikasi tersebut mengumpulkan informasi mengenai kesehatan baterai ponsel anda. 


Aplikasi ini juga memiliki fitur lain selain mengecek kesehatan baterai ponsel, yaitu menyetel alarm saat kondisi baterai anda mencapai daya tertentu. Misal anda mengatur alarm peringatan Accu Battery akan menyala saat baterai ponsel anda mencapai 80%, maka ketika anda sedang mengisi ulang daya ponsel anda kemudian sudah mencapai kapasitas 80% maka aplikasi Accu Baterai akan langsung menyalakan alarmnya untuk mengingatkan anda untuk menyudahi isi ulang baterai ponsel.


Hal tersebut berguna karena banyak rekomendasi diberikan bahwa anda perlu menghentikan mengisi daya ponsel hanya sampai 80% saja dari kapasitas pengisian daya agar memperpanjang masa pakai baterai ponsel anda. Padahal sering kali kita berpikiran bahwa mengisi ulang harus sampai 100% agar tahan lama, bahkan mengisinya sepanjang malam sehingga tidak sadar kalau kapasitas baterai sudah penuh.


Itulah cara cek kesehatan baterai realme atau android. Meskipun saat ini ponsel pintar sudah dilengkapi fitur menghentikan pengisian daya secara otomatis jika isi ulang sudah penuh, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan baterai secara manual.