Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Presentasi dari Google Meet Terbaru tahun 2024

Cara Presentasi di Google Meet - Di masa segala sesuatu dilakukan secara online seperti ini, Google meet merupakan salah satu primadona karena sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari sekolah sampai rapat, bisa dilakukan dengan aplikasi ini.


Cara Presentasi di Google Meet
Cara Presentasi di Google Meet


Meskipun sudah banyak yang menggunakannya, tidak bisa dipungkiri kalau masih ada orang yang belum memahami cara melakukan presentasi memakai Google Meet.

Sekarang, Kami akan membahas sedikit tentang cara presentasi di Google Meet untuk Anda yang bingung atau belum mengetahuinya.


Cara Presentasi dengan Memakai Google Meet

Jika Anda ada dalam sebuah rapat maka Anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut.

  1. Pilih menu presentasikan sekarang yang ada di bagian bawah
  2. Kemudian pilih satu dari tiga mode yang tersedia yaitu seluruh layar Anda, jendela atau Tab
  3. Apabila yang Anda promosikan adalah tab chrome, maka secara default, audio dari tab itu juga akan dibagikan ke para peserta rapat.
  4. Pilih menu bagikan 


Beberapa tips supaya Anda bisa lebih nyaman ketika melakukan presentasi.

  1. Jika Anda ingin wajah Anda terlihat ketika melakukan presentasi maka disarankan untuk mengaktifkan kamera sebelum melakukan presentasi.
  2. Supaya Tab selain presentasi Anda tidak bisa dilihat oleh peserta rapat yang lain, sebaiknya Anda hanya bagikan tab yang sedang Anda presentasikan. 
  3. Jika Anda ingin membagikan audio kepada peserta rapat, maka pilih menu bagikan tab chrome atau bagikan tab ini.

Jika Anda ingin berhenti mempresentasikan, maka pilih menu berhenti presentasi di jendela meeting.

Jika Anda ingin melakukan presentasi ketika ada orang lain yang sedang melakukan presentasi maka pilih menu presentasikan sekarang. Pilih diantara menu seluruh layar, jendela, tab chrome.



Manfaat dari Google Meet

Selain cara presentasi di Google Meet, berikut juga Kami bagikan beberapa manfaat dari Google Meet yang membuatnya banyak digunakan orang untuk melakukan meeting.







Mudah untuk Bergabung

Cara untuk bergabung dalam sebuah rapat ketika memakai Google meet tergolong mudah. Anda bisa bergabung dalam sebuah rapat dengan memakai aplikasi, web , IOS dan Android.


Memakai Akun Google

Selama Anda memiliki akun google, maka Anda akan bisa memakai Google Meet kapan dan di mana saja.


Waktu yang Panjang

Dengan memakai Google Meet, Anda bisa ikut rapat dalam durasi selama 60 menit.


Sinkron dengan Google Drive

Keuntungan lain dari memakai Google Meet adalah tersinkronisasi dengan akun Google Drive. Sehingga file penting seperti dokumen dan recording rapat bisa disimpan dan dibuka kembali ketika dibutuhkan.



Kekurangan Google Meet

Selain berbagai kelebihan, Google juga memiliki beberapa kekurangan seperti beberapa hal berikut.


Ada Fitur yang tidak didukung oleh versi gratis

Apabila Anda memakai versi gratis dari Google Meet, Anda tidak akan bisa memakai fitur recording. Hal ini tentunya sangat disayangkan jika Anda membutuhkan dokumentasi dari meeting yang Anda lakukan.


Terkadang Lambat dan Berat 

Ada waktu dimana komputer Anda akan terasa berat dan lambat ketika melakukan share screen ketika meeting. Ini bisa jadi kekurangan jika Anda termasuk orang yang sering melakukan meeting.


Layar Background tidak Bisa Diubah

Salah satu kekurangan dari Google Meet adalah tidak memiliki fitur untuk mengubah layar background ketika Anda sedang melakukan meeting.


Belum Tersedia versi Desktop

Hal lain yang patut disayangkan adalah Google Meet belum memiliki versi desktop. Hal ini membuat Anda harus membukanya dari browser ketika hendak melakukan meeting.

Itulah informasi tentang cara presentasi di Google Meet beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat bagi Anda.


tags : cara presentasi di google meet di hp, cara presentasi di google meet dengan suara, cara presentasi di google meet laptop, cara share screen di google meet dengan suara di hp, cara melihat semua orang di google meet di hp, cara melihat peserta sambil presentasi di google meet, presentasi video di google meet tidak ada suara, apa yang dapat anda bagikan dengan siswa saat mempresentasikan layar di google meet?