Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Menampilkan Power Point di Google Meet yang Sangat Cepat!

Cara Menampilkan Power Point di Google Meet - Bagaimana cara menampilkan Power Point di Google Meet? Pertanyaan yang demikian sering kali terlontar dari para user Google Meet yang tidak tahu menahu perihal cara pengoperasiannya. Biasanya hal ini terjadi pada pengguna yang sudah berumur dan gagap dengan teknologi. Tetapi tenang saja, dalam ulasan berikut akan dijelaskan cara menampilkan power point melalui aplikasi Google Meet.


Cara Menampilkan Power Point di Google Meet
Cara Menampilkan Power Point di Google Meet


Apa itu Google Meet

Sebelum mengetahui  cara menampilkan PPT melalui aplikasi Google Meet, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami terlebih dulu apa itu sebenarnya Google Meet. Seperti halnya Zoom, Google Meet merupakan salah satu jenis aplikasi Telekonferensi yang biasa digunakan orang untuk melakukan rapat atau pertemuan secara daring.

Aplikasi ini dibesut oleh perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang berbasis di Amerika Serikat, apa lagi kalau bukan Google. Aplikasi ini dapat dioperasikan melalui perangkat komputer, laptop, pun juga ponsel pintar. Untuk dapat menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan pengunduhan aplikasi terlebih dahulu. Anda hanya perlu melakukan pencarian situs Google Meet melalui browser yang terdapat di dalam ponsel atau PC.

Setelah menemukannya, Anda bisa langsung login atau bergabung dengan meeting yang sudah dijadwalkan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan tautan link atau login menggunakan ID dan password yang sebelumnya telah dibagikan oleh penyelenggara acara. Di era Pandemi ini, aplikasi Google Meet banyak digunakan oleh para akademisi dan karyawan kantoran untuk menunjang aktivitasnya. 

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan melalui Google Meet, selain rapat adalah juga presentasi. Dalam hal ini masih banyak yang belum tahu cara menampilkan aplikasi presentasi, khususnya power point  melalui Google Meet. Untuk informasi terkait cara presentasi di Google Meet akan dijelaskan pada bahasan berikutnya.







Cara Menampilkan Presentasi di Google Meet

Setelah mengetahui apa itu aplikasi Google Meet, berikutnya adalah memahami perihal cara menampilkan Power Point di Google Meet. Adapun cara yang harus dilakukan agar power point dapat tampil di aplikasi Telekonferensi ini, adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Presentasi Power Point. Pilihlah opsi Slide Show pada power point kemudian lanjutkan dengan meng-klik opsi Set Up Slide Show. Di kotak dialog Setup Show, pilih opsi Browsed by an individual dan klik pilihan OK. 
  2. Lakukan Pengecekan pada bahan Presentasi. Sebelum membawa presentasi ke dalam aplikasi Google Meet, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan bahwa bahan yang akan digunakan untuk presentasi tidak ada yang tertinggal.
  3. Masuklah ke aplikasi Google Meet. Jika sudah dilakukan pengecekan, masuklah ke dalam aplikasi Google Meet. Setelah itu, klik opsi “share screen” dan lanjutkan dengan meng-klik opsi “A Window”. 
  4. Pilih Power Point. Usai mengklik opsi “A Widow”, pilihlah opsi jendela Power Point. Kemudian lanjutkan dengan mengklik opsi “share”.
  5. Kecilkan jendela Power Point. Pilih opsi jendela presentasi untuk mengecilkan tampilan power point, kemudian klik opsi “slide show”. Beberapa saat kemudian, presentasi Power Point akan tampil memenuhi layar. 
  6. Mulai Presentasi melalui aplikasi Google Meet. Setelah bahan presentasi dapat ditampilkan di dalam aplikasi Google Meet, lakukan presentasi sebagaimana Anda melakukan presentasi offline.


Demikian informasi terkait apa itu Google Meet dan bagaimana cara menampilkan Power Point di Google Meet. Dengan adanya informasi tersebut, diharap tidak ada lagi orang yang kesulitan untuk menampilkan power point melalui aplikasi Telekonferensi keluaran Google. Sebelum presentasi dimulai, pastikan koneksi internet Anda sedang dalam keadaan baik. Agar supaya, presentasi bisa disaksikan oleh anggota pertemuan tanpa macet-macet. 


tags : cara menampilkan ppt di google meet di hp, cara presentasi di google meet laptop, cara share screen di google meet dengan suara di hp, cara melihat peserta sambil presentasi di google meet, cara melihat semua orang di google meet di hp, apa yang dapat anda bagikan dengan siswa saat mempresentasikan layar di google meet?, cara share video di google meet, presentasi video di google meet tidak ada suara