Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aplikasi Keluarga Sehat dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Keluarga Sehat - Untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga / PIS-PK, kini pihak Kementrian Kesehatan kembali meluncurkan aplikasi keluarga sehat. Dimana aplikasi yang satu ini awalnya bernama Prokesga (Program Kesehatan Keluarga), yang kemudian berganti nama jadi Aplikasi Keluarga Sehat, dengan menambahkan beberapa fitur lainnya.  


Aplikasi Keluarga Sehat
Aplikasi Keluarga Sehat


Fungsi aplikasi keluarga sehat

Adapun tujuan serta fungsi dari aplikasi keluarga sehat ini tidak lain untuk membantu pihak Kemenkes dalam memperoleh berbagai macam data akan seluruh keluarga di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, bahkan hingga ke pelosok negeri.

Untuk memudahkan proses pendataan tersebut, maka dibuatlah sistem informasi dengan nama Aplikasi Keluarga Sehat. Dimana aplikasi pendataan kesehatan ini, sudah terintegrasi dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga Nomor Kartu Keluarga (KK), yang dimiliki oleh Disdukcapil. Ini yang membuat proses pendatan jadi lebih efektif serta efisien.

Merupakan aplikasi skala nasional, yang nantinya diimplementasikan secara regional dan berlaku di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, dengan adanya aplikasi keluarga sehat online seperti ini, maka data lapangan data fasilitas kesehatan, data pasien, bahkan hingga data analisa akan diperoleh secara lebih mudah. Hingga nantinya diharapkan mampu mempercepat proses tindak lanjut, akan layanan kesehatan pada masyarakat itu sendiri.  


Platform akses aplikasi keluarga sehat

Untuk memudahkan pihak pemerintah dalam memperoleh data kesehatan masyarakat secara akurat, maka digunakanlah 2 jenis platform, yang dapat digunakan oleh pihak petugas dalam mengakses aplikasi keluarga sehat terbaru tersebut. Adapun platform yang dimaksud antara lain :   


Website

Adapun Platform pertama yang dapat Anda coba gunakan dalam mengakses aplikasi yang satu ini adalah dengan menggunakan website, dalam hal ini website resmi Keluarga Sehat yang dimiliki oleh Kemkes. Dimana dalam halaman website tersebut, Anda akan memperoleh 3 buah modul utama. Dimana masing-masing modul tentunya mempunyai peran dan juga fungsi yang berbeda. Tapi pastikan Anda sudah melakukan login aplikasi keluarga sehat tersebut.


Administrator

Dimana pada halaman ini, Anda dapat mengatur berbagai macam menu yang ada dalam akun. Selain itu, dalam modul tersebut, Anda juga dapat memperoleh informasi tentang berbagai informasi tentang data kesehatan pribadi, keluarga dan juga berbagai fasilitas kesehatan lainnya.    


Dashboard

Dimana pada halaman ini Anda dapat melihat berbagai macam data, dari hasil atau juga output, yang berupa informasi, tentang jumlah total keluarga yang sudah terdata. Selain itu, Anda juga dapat melihat data berdasarkan kapasitas regional. Bahkan di halaman ini, Anda juga dapat melihat data informasi agregat yang diperoleh dari hasil perhitungan lapangan.  


Kuisioner

Yang berikutnya adalah kuesioner. Dimana di dalamnya, berisi tentang daftar pertanyaan yang harus diisi sesuai dengan data kesehatan para pengguna itu sendiri. Untuk nantinya dimasukan ke dalam database. Modul yang satu ini sebenarnya berfungsi untuk menggantikan proses survei yang dulu dilakukan secara manual. Ini yang kelak membuat proses survei masyarakat jadi lebih mudah untuk dilakukan.


Android

Berikutnya adalah aplikasi keluarga sehat android, dimana menggunakan android ini dinilai lebih mudah dan lebih praktis. Pada versi aplikasi di Android, hanya ada 2 modul yang digunakan, yaitu :


Dashboard

Tidak jauh berbeda dengan versi website, dimana pada versi android ini, juga akan menampilkan beberapa informasi tentang data jumlah total keluarga yang sudah didata berdasarkan wilayahnya.

Yang menarik adalah pada versi android ini, sudah dilengkapi dengan 12 Indikator Keluarga Sehat (IKS) regional dan juga status pendataan yang sudah dilakukan secara berjenjang oleh pihak operator yang ada di Puskesmas.  


Kuesioner

Kurang lebih sama dengan versi website, hanya bedanya, Anda dapat mengisi kuesioner tersebut secara offline Jadi ketika tidak ada jaringan internet, Anda tetap dapat memasukkan data Survei Kesehatan, melalui aplikas tersebut.

Artinya dengan hadirnya aplikasi keluarga sehat, secara tidak langsung akan memberikan informasi kesehatan masyarakat secara lebih baik, guna memberikan pelayanan kesehatan secara lebih baik dan terpadu sesuai kebutuhan masyarakat.

tags : aplikasi keluarga sehat login, aplikasi keluarga sehat aceh, aplikasi keluarga sehat jatim, keluarga sehat sumbar, keluarga sehat jabar, jatim keluarga sehat, keluarga sehat jateng, indeks keluarga sehat