Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menilik Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN Beserta Cara Penggunaannya

Aplikasi Catat Meter - Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan badan usaha milik negara yang bertugas dalam semua aspek kelistrikan di Indonesia. Untuk memaksimalkan pelayanannya, PLN terus melakukan berbagai macam pembaharuan yang berkaitan dengan teknologi. Salah satunya adalah dengan merilis sebuah aplikasi catat meter berbasis android yang bernama catat meter terpusat PLN.


Aplikasi Catat Meter
Aplikasi Catat Meter


Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para petugas pencatat meteran listrik PLN dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, aplikasi yang mulai dikembangkan pada tahun 2012 ini juga dapat meminimalisir kesalahan input data dan mengantisipasi terjadinya kecurangan baik yang dilakukan oleh oknum petugas maupun pelanggan.

Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa pelanggan tidak bertanggung jawab sering melakukan beragam modus pencurian listrik yang tentunya akan merugikan PLN, misalnya dengan mengakali KWH meter. 

Aplikasi catat meter terpusat yang bisa diunduh melalui handphone memiliki beberapa fitur unggulan seperti rekapitulasi KWH pengguna, data master pembaca pesan, riwayat stand meter, data master kedudukan, data RBM pelanggan, pengecekkan tagihan rekening, data koreksi monitoring penggunaan tidak normal, daftar saldo dan masih banyak lagi.

Tidak berbeda jauh dengan fitur yang tersedia di android, fitur aplikasi yang ada di web juga sangat lengkap dan inovatif. Sampai saat ini PLN pun masih terus melakukan penambahan fitur-fitur terbaru yang dapat mendukung kinerja petugas di kantor maupun di lapangan.



Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN

Bagi Anda para petugas pencatat meteran pemula yang belum mengetahui cara menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menyimak cara menggunakan aplikasi catat meter listrik PLN di bawah ini. 

  1. Sebelumnya pastikan Anda sudah mengunduh aplikasinya melalui browser handphone, laptop atau PC di situs resmi PLN https://portalapp.iconpln.co.id/acmt/. 
  2. Lakukan login menggunakan username dan password untuk proses verifikasi awal
  3.  Selanjutnya Anda bisa mendownload dan menginstal aplikasi yang tersedia. 
  4. Jika sudah terinstal, lakukan login aplikasi saat akan melakukan pengecekan di lokasi.
  5. Kemudian ketuk garis tiga yang berada di bagian kiri atas dan pilih “Update Langkah/Sisipan”
  6. Setelah itu Anda akan diarahkah pada halaman lain, pilih menu “Prabayar” yang ada di bagian kanan atas halaman tersebut
  7. Isilah semua data yang diminta dengan jelas dan benar sesuai dengan statistik yang ada di lapangan saat melakukan pengecekkan
  8. Jika sudah yakin mengisi data dengan benar Anda bisa mengetuk menu “Cek” yang ada di bagian bawah dan klik “OK” saat muncul tampilan gambar dan dan data ID pelanggan. 
  9. Langkah terakhir, pilih menu “Simpan”.

Setelah itu akan muncul  tampilan halaman yang memuat informasi mengenai sisa pemakaian listrik, besaran tegangan, tarif index, KWH kumulatif dan berbagai jenis data meteran listrik lainnya Data-data ini secara otomatis akan terhubung ke kantor pusat PLN sehingga petugas yang berada di kantor bisa langsung memprosesnya. 

Manfaat aplikasi pembacaan meter ini tidak hanya bisa dirasakan oleh petugas PLN saja. Para pelanggan juga akan mendapatkan manfaat dengan adanya aplikasi ini karena dapat mengurangi  kesalahan pembayaran akibat pengolahan data yang tidak sesuai. Aplikasi ini juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap PLN.

Itulah penjelasan singkat mengenai aplikasi catat meter dari PLN beserta cara penggunaannya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, petugas pencatat meteran listrik bisa bekerja lebih sistematis dan praktis jika dibandingkan dengan mencatatnya secara  manual.


tags : aplikasi catat meter terpusat, catat meter mandiri pln, acmt, aplikasi acmt pln, portal acmt, aplikasi portal pln, pln baca meter, cek daya listrik pln