Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Review HP iPhone Terbaru 2022 Sebelum Membelinya

hp iPhone terbaru 2022 - Meskipun seri dari iPhone 13 sudah diperkenalkan sejak akhir tahun 2021 lalu, nyata iPhone seri 13 ini masih menjadi salah satu hp iPhone terbaru 2022 yang menjadi andalan oleh Apple. Sama seperti pendahulunya, seri 13 ini hadir dalam 3 varian yaitu iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Apa yang membedakan ketiga varian tersebut? Berikut ini review lengkap dari masing-masing seri yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi Anda sebelum membeli iPhone seri 13.

 

HP Realme Terbaru 2022
HP Realme Terbaru 2022


Review dan Spesifikasi dari iPhone 13

Jika Anda bertanya apa hp iPhone terbaru 2022 tentu saja jawabannya adalah iPhone 13. Bagi sebagian orang, mungkin angka 13 masih dianggap negatif atau membawa sial, namun Apple sepertinya tidak begitu peduli akan hal tersebut dan tetap mengeluarkan produk terbaru dengan nomor 13 ini.

Tentunya setiap Apple mengeluarkan iPhone baru, iPhone baru tersebut adalah penyempurnaan dari iPhone generasi pendahulunya. Tentunya hp iPhone terbaru 2022 ini merupakan penyempurnaan dari iPhone 12. Jadi, iPhone 13 bisa dibilang kurang lebih mirip dengan iPhone 12.

Jika Anda mencari sesuatu yang signifikan dari iPhone 13 mungkin Anda akan kecewa, namun karena iPhone tetap menjadi hp superior di antara hp lainnya pasti akan ada perubahan yang cukup terasa pada iPhone 13 ini.

Jika dibandingkan dengan iPhone 13 seri Pro dan Pro Max yang sudah mendukung teknologi refresh rate hingga 120Hz, iPhone 13 tetap nyaman untuk digunakan karena produk yang satu ini sudah melakukan pembaharuan pada kamera yang lebih canggih, chipset baru yang lebih baik, dan juga baterai yang tahan lama.

iPhone 13 tentunya dibanderol dengan harga yang relatif agak mahal. Akan tetapi apa yang dihadirkan pada iPhone 13 tentunya sebanding dengan harganya. Jika Anda adalah pengguna iPhone 12 dan ingin upgrade iPhone, maka iPhone 13 mempunyai peningkatan kualitas yang baik.

Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk membeli iPhone 13, akan lebih baik jika Anda membaca terlebih dahulu review dari hp iPhone terbaru 2022 yang satu ini. Dengan membaca review berikut, maka Anda bisa semakin mantap dalam memutuskan untuk berganti hp menjadi iPhone 13.


Desain iPhone 13

Jika dilihat sekilas saja, maka iPhone 13 mempunyai desain yang sama dengan iPhone 12. Hp yang satu ini mempunyai desain kamera yang menonjol dan diberikan sisi kotak pula untuk bagian kameranya. Ukuran dari iPhone 13 juga mirip dengan iPhone 12, meskipun lebih tebal sedikit.

Perbedaan yang paling terlihat dari iPhone 13 adalah posisi kameranya. Posisi kamera iPhone 13 yang diagonal ini memang sangat pas dengan ukuran kamera iPhone 13 yang lebih besar bila dibandingkan dengan iPhone 12.

Terdapat lima varian warna yang bisa Anda pilih jika ingin membeli iPhone 13. Warna-warna tersebut yaitu putih, hitam, pink, merah, dan biru. Namun untuk hp iPhone terbaru 2022, Apple menghadirkan warna hijau untuk iPhone 13. Warna hijau gelap ini sangat cantik dan terkesan elegan.

Jika kita melihat pada bagian belakang iPhone 13, maka Anda akan melihat finishing iPhone yang mengilap. Jika Anda melihat pada bagian sisinya, maka iPhone 13 menggunakan finishing matte yang tentu saja sangat cantik untuk dipandang mata.

Kemudian coba tengok pada bagian sisi iPhone 13. Di sanalah terdapat beberapa tombol standar seperti tombol on/off, pengatur hening, pengatur volume, bahkan di bagian samping terdapat pula konektor Lighting dan slot kartu SIM juga.

iPhone 13 merupakan hp iPhone terbaru 2022 yang nyaman untuk digenggam dengan satu tangan saja. Hal ini tentu saja karena beratnya yang ringan yaitu hanya 173 gram dan ukurannya juga pas di tangan. Namun ada sebagian orang yang merasa agak tidak nyaman dengan bagian sisi iPhone yang kotak.


Layar iPhone 13

Tentunya iPhone 13 diciptakan dengan kelebihan yang sebelumnya tidak ada di iPhone 12. Layar yang digunakan pada iPhone 13 ini sudah menggunakan layar Super Retina XDR OLED 6,1″. Jenis layar yang satu ini mempunyai tingkat kecerahan minimal 800 nit hingga 1.200 nit.

Dengan menggunakan layar tersebut, maka iPhone 13 dapat menampilkan warna dengan cerah dan tajam tak peduli bagaimana situasinya pada saat itu.

Hal ini akan sangat menguntungkan Anda yang gemar menonton film karena pengalaman menonton film menggunakan iPhone 13 akan terasa memuaskan. Hal ini juga ditambah dengan speaker strereo iPhone 13 yang dapat memberikan suara yang kencang dan jernih.

Namun kelemahan dari iPhone 13 adalah tidak adanya teknologi refresh rate hingga 120Hx. Teknologi tersebut baru tersedia untuk iPhone 1 versi Pro dan Pro Max. Tentunya hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan mengingat teknologi tersebut sudah merupakan hal yang standari untuk flagship saat ini.

Apple masih tetap menyertakan “poni” pada layar iPhone 13, namun untuk poni yang ada pada iPhone 13 sudah dikecilkan ukurannya. Bisa Anda bandingkan ukuran yang ada di iPhone 12 dan iPhone 13.

Memang sepertinya Apple masih tetap idealis dengan prinsipnya untuk menggunakan poni pada layar di bagian Face ID dan kamera depan.

Namun sistem operasi iOS yang terbaru tidak akan membuat Anda merasa repot jika harus menggunakan Face ID. Dengan fitur terbaru inilah maka Anda tidak perlu repot untuk mencopot masker. iPhone 13 sudah bisa mendeteksi wajah Ketika orang itu masih menggunakan masker.

Tentunya hal ini berbeda dengan sistem operasi dari Apple yang pada tahun sebelumnya masih belum bisa mendeteksi wajah orang yang menggunakan masker. Mereka harus menurunkan masker mereka terlebih dahulu. Tentunya hal itu justru merepotkan penggunanya.


Dapur Pacu iPhone 13

Jika kita melihat dapur pacu yang digunakan oleh iPhone 13, maka Anda pasti akan merasa puas. iPhone 13 menggunakan chipset A15 Bionic versi terbarunya. Tentunya dengan dapur pacu tersebut membuat performa iPhone 13 tidak perlu diragukan lagi untuk soal kecepatannya.

Meskipun iPhone 13 belum mendukung teknologi refresh rate 120Hz seperti kakak-kakaknya, namun apapun yang ditampilkan di layar saat menggunakan iPhone 13 ini masih tetap terasa mulus. 

Bagaimana jika iPhone 13 digunakan untuk bermain game? Tentunya iPhone 13 mampu untuk menghadirkan grafis yang tinggi untuk game populer seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends. Anda pasti semakin betah bermain game.


Kapasitas Penyimpanan iPhone 13

Hal yang menjadi perubahan signifikan dari iPhone 13 adalah kapasitas penyimpanannya. Kapasitas penyimpanan dari iPhone 13 yang paling kecil adalah 128GB. Hal ini tentu saja tidak sama seperti iPhone 12 yang mempunyai kapasitas penyimpanan mulai dari 64GB.

Perubahan ini tentunya patut diapresiasi karena kapasitas penyimpanan sebesar 64GB di zaman sekarang ini sudah tidak relevan lagi. Mengingat aplikasi di zaman sekarang ukurannya sudah ada yang melebihi 1GB. Konten multimedia juga sudah semakin banyak yang akan memakan storage.


Kamera iPhone 13

Mungkin Anda akan mengira bahwa kamera dari iPhone 13 akan sama saja seperti iPhone 12. Yang terlihat berbeda adalah posisinya yang sekarang diagonal. Anda akan terkejut dengan fakta bahwa iPhone 13 sudah menggunakan kamera utama yang sama dengan yang digunakan oleh iPhone 12 Pro Max.

Tentunya sudah banyak orang yang tahu bahwa kamera utama yang ada pada iPhone 12 Pro Max sudah menggunakan teknologi yang canggih. Dengan menggunakan kamera tersebu, kamera iPhone 13 menjadi lebih besar.

Inilah yang membuat posisi kamera iPhone 13 menjadi diagonal agar kameranya tetap muat pada bagian tonjolan kameranya. Jumlah kamera yang ada pada iPhone 13 hanya ada dua saja. Kamera-kamera tersebut yaitu kamera wide dan juga ultra wide.

Kedua kamera yang diselipkan pada iPhone 13 sama-sama mempunyai resolusi hingga 12 MP. Karena teknologi kamera iPhone 12 Pro Max diselipkan di iPhone 13, tentu Anda sudah tidak perlu meragukan lagi hasil foto dari kamera iPhone 13.

Hasil fotonya tentu saja sangat memuaskan dan tetap memuaskan dalam segala situasi. Hasil foto dari kamera iPhone 13 mempunyai warna yang akurat dan tajam. Jika Anda memperhatikan, warnanya sedikit lebih cerah daripada aslinya.

Jika Anda menggunakan kamera ultra wide dari iPhone 13, maka kamera tersebut dapat menangkap gambar hingga sudut pandang 120 derajat. Hasil dari kamera ultra wide tersebut tetap bagus meskipun tidak sebagus kamera utamanya.

Untuk kamera depa iPhone 13 juga tidak mengecewakan. Sama seperti kamera belakangnya, warna yang dihasilkan pun tetap tajam dan akurat. Jika Anda menggunakan mode Portrait, maka Anda bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang bagus dan rapi.

Kamera iPhone 13 pun bisa Anda andalkan saat ingin memotret objek di kondisi yang minim cahaya. Hasil fotonya tetap memuaskan. Kamera iPhone 13 akan mengaktifkan Mode Malam secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa menyetel mode tersebut lebih lama.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus lagi meskipun difoto pada malam hari. Tentunya kualitas kamera dari hp iPhone terbaru 2022 memang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tentunya kamera iPhone 13 sangat pas bagi Anda yang senang berfoto atau membuat video. Kamera belakang dan kamera depan iPhone 13 mampu merekam video dengan resolusi mencapai 4K. Selain itu, frame rate dari kedua kamera ini mampu mencapai 60FPS. 

Jika Anda merekam video menggunakan iPhone 13, maka hasil video akan tetap stabil dan tajam. Kamera ini sangat cocok untuk Anda yang sering membuat video dengan merekamnya sambal bergerak. Jika Anda merekam pada malam hari, maka hasil videonya pun masih tetap bagus.

Untuk soal kamera, memang teknologi iPhone patut diacungi dua jempol. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang tertarik membeli iPhone adalah karena kameranya. Banyak pula content creator yang merasa sangat terbantu saat memotret dan merekam video menggunakan kamera iPhone.


Baterai iPhone 13

Masih ada perbedaan yang cukup signifikan dari iPhone 13. Untuk hp iPhone terbaru 2022 yang satu ini mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Untuk penggunaan normal. iPhone 13 mampu bertahan hingga lebih dari satu hari.

Jika Anda menggunakan iPhone 13 untuk menggunakan aplikasi pekerjaan, menggunakan media sosial, dan browsing selama 5 jam, maka daya baterai yang digunakan hanya 20 persen saja. Tentu ini merupakan suatu prestasi yang baik untuk Apple.

Baterai iPhone 13 juga didukung oleh pengisian daya cepat dengan menggunakan adaptor 20W. Tentunya hal ini juga merupakan poin plus untuk Anda yang sering membutuhkan iPhone untuk keperluan pekerjaan maupun hiburan.

Anda hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja untuk mengisi daya baterai iPhone 13 dari keadaan baterai lemah hingga baterai penuh. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menggunakan iPhone 13 Anda Kembali.

Terdapat fitur Optimized Battery Charging agar membuat umur baterai iPhone 13 menjadi lebih awet. Fitur ini akan membuat iPhone 13 menjadi menunggu selama beberapa waktu selama proses charging untuk menuju daya baterai di atas 80 persen.

Namun kekurangan iPhone 143 adalah tidak adanya charger bawaan dalam Apple. Jadi, saat Anda membuka box, maka Anda tidak akan mendapatkan charger. Jadi, Anda harus bersiap untuk menggunakan charger yang lama atau membeli yang baru.


Harga iPhone 13

Harga iPhone 13 dengan kapasitas 128GB bisa Anda beli seharga 14 juta. Untuk iPhone 13 dengan kapasitas 256GB bisa Anda bawa pulang seharga 17,7 juta. Jika Anda menginginkan iPhone 13 dengan kapasitas 512GB, maka Anda harus menyiapkan dana sekitar 20 juta.


Kesimpulan

Jadi, iPhone 13 merupakan sebuah smartphone yang tentunya canggih dengan harga yang relatif cukup mahal mengingat iPhone 13 belum didukung refresh rate yang tinggi. Jika Anda sekarang sedang menggunakan iPhone 12, maka sepertinya Anda tidak perlu terburu-buru beralih ke iPhone 13.

Namun jika Anda tidak menggunakan iPhone 12, maka sebaiknya Anda beli iPhone 13 saja. Smartphone yang satu ini mempunyai kamera yang lebih canggih, daya tahan baterai yang lebih lama, dan performa yang lebih kencang. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang terkecil pun juga terbilang besar.



Review dan Spesifikasi dari iPhone 13 Pro

Salah satu hp iPhone terbaru 2022 adalah iPhone 13 Pro. Tentunya iPhone 13 Pro ini hadir dengan membawa beberapa peningkatan yang krusial. Jika Anda melihat iPhone 13 terlihat sedikit berbeda dari iPhone 12, maka untuk iPhone 13 Pro justru lebih mirip dengan iPhone 12 Pro.

Memang seri 13 ini diciptakan sebagai versi sempurna dari seri 12. Jadi, Apple fokus untuk meningkatkan dan membenahi apapun yang masih kurang dari iPhone seri 12. Mereka bahkan berani memberikan peningkatan kepada dapur pacunya namun dijual dengan harga yang sama dengan iPhone 12.

Namun tentu saja ada perbedaan yang terasa dari iPhone 13 Pro. Pada tahun kemarin, Apple menyematkan teknologi seperti dimensi sensor yang lebih besar, stabilisasi optic yang baik, dan sensor telephoto yang lebih akurat hanya ada di seri Pro Max.

Namun semua teknologi itu kini bisa Anda dapatkan di iPhone 13 Pro. Ini adalah salah satu peningkatan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan iPhone 13 Pro. Berikut ini ulasan yang lengkap dari iPhone 13 Pro.


Desain iPhone 13 Pro

Jika kita membandingkan desain dari iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro, maka akan terlihat perbedaan pada sensor kamera yang diletakan di bagian belakangnya. Namun perbedaan tersebut tidak begitu besar sehingga tidak akan terasa perbedaannya jika dilihat sekilas.

iPhone 13 hadir dalam lima varian warna yaitu Biru Sierra, Hijau Alpen, Perak, Emas, dan Abu-Abu Grafit. Dimensi yang ada pada iPhone 13 Pro juga sedikit berbeda dari generasi sebelumnya sehingga Anda tidak bisa menggunakan case iPhone 12 Pro.

Dimensi iPhone 13 Pro sedikit lebih tebal daripada iPhone 12 Pro dengan selisih 0.3mm. Hal ini dikarenakan iPhone 13 Pro mempunyai bentuk kamera belakang yang jauh lebih besar serta baterai yang lebih besar pula.

Berat dari iPhone 13 Pro juga berbeda yaitu 204 gram. Angka ini tentu saja lebih berat dari iPhone 12 Pro dengan beratnya yang hanya 189 gram. Dengan layar selebar 6,5 inci, sebenarnya masih termasuk ringan. 

Penambahan berat ini bisa terjadi karena iPhone 13 Pro menggunakan bahan yang premium. Misalnya frame yang terbuat dari material stainless steel ini memang terpoles dengan apik sehingga akan tetap mengkilap untuk waktu yang lama.

Begitu pula dengan kaca frosted di bagian belakang yang kecil kemungkinan untuk kotor. Kaca depan yang menggunakan bahan Ceramic Shield ini juga diklaim mempunyai ketahanan yang awet sehingga tidak mudah pecah. Untuk tinggi dan lebarnya masih sama seperti iPhone 12 Pro.

Jika kita melihat bodi belakang dari iPhone 13 Pro, maka Anda akan merasa bahwa perangkat ini terasa licin. Akan tetapi karena terdapat bentuk yang flat pada sudutnya, Anda akan merasa lebih aman saat menggenggamnya sehingga tidak terasa terlalu licin.


Layar iPhone 13 Pro 

Untuk segi layar yang dibawa oleh iPhone 13 Pro, terdapat perbedaan utama yang cukup kentara. Perbedaan tersebut antara lain notch lebih kecil 20 persen dari iPhone 12 Pro yang berpengaruh pada dimensi poni.

Selain itu terdapat pula teknologi ProMotion pada iPhone 13 Pro. Teknologi ini tentunya membuat iPhone 13 Pro mengalami peningkatan dibandingkan dengan seri sebelumnya. iPhone 13 Pro mendukung teknologi refresh rate hingga 120Hz. 

Akhirnya Apple sudah mau untuk mengejar ketertinggalannya di sisi ini. Sudah banyak smartphone Android yang menggunakan teknologi refresh rate 120Hz. Tentunya Apple tidak boleh kalah.

iPhone 13 Pro menggunakan panel dengan jenis LTPO. Panel ini membuat iPhone 13 Pro menjadi lebih adaptif untuk refresh rate. Jadi, saat Anda menggunakan smartphone ini, maka tidak ada konten yang bergerak ataupun turun hingga mencapai 10Hz. Hal ini diperlukan agar iPhone bisa menghemat daya.

Namun notch yang lebih kecil ini tidak begitu membawah perubahan yang signifikan. Tidak ada ikon yang menampilkan persentase baterai. Selain itu, always on-display tidak tersedia di iPhone 13 Pro dan refresh rate tidak bisa diubah karena tidak ada pengaturan khusus.

Akan tetapi semua itu tidak menjadi masalah karena layar OLED yang diusung oleh iPhone 13 Pro merupakan layar terbaik untuk smartphone zaman sekarang. Layar OLED ini mempunyai kecerahan yang tinggi yaitu 1000 nits, bahkan bisa mencapai lebih dari itu. Akurasi pada layarnya juga sangat tinggi.

Bezel yang tipis pada keempat sisinya juga menambah kecantikan pada iPhone 13 Pro. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat menggenggam iPhone 13 Pro dibandingkan dengan generasi sebelumnya.


Kamera iPhone 13 Pro

Tentunya bagian ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Jika kita melihat dimensi dari kamera iPhone 13 Pro yang dibuat lebih besar dari generasi sebelumnya tentulah bukan tanpa alasan. Ketiga sensor kamera di smartphone ini juga sudah menggunakan sensor baru.

Dengan sensor baru inilah ketiga kamera yang ada di iPhone 13 Pro mampu memberikan kemampuan memotret dan mengambil video yang lebih cerah, tajam, dan juga fleksibel.

Kamera iPhone 13 Pro mempunyai resolusi 12MP. Untuk sensor utamanya mempunyai peningkatan daripada iPhone 12 Pro yaitu diafragma yang lebih besar. Untuk dimensi sensor jauhnya juga mengalami peningkatan karena mempunyai ukuran piksel 1,9um yang mana jauh lebih besar dari iPhone 12 Pro.

iPhone 13 Pro mempunyai fitur telefoto dan OIS sensor shift. Untuk fitur telefotonya sendiri bisa memperbesar gambar atau objek maksimum 15x dengan ekuivalen 77mm. Bagaimana dengan ultra wide angle-nya? Dengan diafragma yang juga lebih besar, maka iPhone 13 Pro mendukung phase-detection autofocus. 

Jadi, jika Anda menggunakan sensor yang satu ini, maka Anda bisa menentukan fokus mana pun yang sesuai dengan keinginan Anda. Kamera iPhone 13 Pro juga merupakan sebuah kamera makro. Tentunya hal ini akan membuat penggunanya bisa terjun ke dunia fotografi makro.

Sensor yang ada pada iPhone 13 Pro juga mendukung mode malam. Jika dibandingkan dengan kualitas kamera iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro saat malam hari, maka Anda akan melihat perbedaannya. 

Dengan konsisten shutter speed yang lebih cepat dan sensor yang lebih besar, iPhone 13 pro lebih unggul daripada iPhone 12 Pro. Bahkan Anda tidak selalu membutuhkan mode malam jika memotret menggunakan iPhone 13 Pro.

Namun kekurangan dari kamera iPhone 13 Pro adalah sensornya akan berubah secara otomatis dari wide ke ultra-wide saat Anda hendak mendekati suatu objek. Tidak ada setelan yang bisa mematikan fitur ini.

Namun Anda akan merasakan kemudahan dalam menggunakan kamera iPhone 13 Pro. Anda bisa memotret dan merekam video dengan menggunakan semua sensor yang ada. Bahkan Anda juga bisa memperkirakan kualitas yang dihasilkan dari kamera ini.

Jika hasil kamera pada iPhone di generasi sebelum sudah akurat, maka kamera iPhone 13 Pro jauh lebih akurat lagi. Anda bisa mendapatkan kualitas foto dan video yang bagus tanpa perlu diedit atau diberikan fitur tambahan lagi.


Kamera Depan iPhone 13 Pro

Meskipun mempunyai diafragma yang jauh lebih kecil pada bagian sensor telefotonya, nyatanya Anda tetap bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dengan menggunakan kamera depan iPhone 13 Pro. Hal ini bisa terjadi karena Smart HDR dan chipset yang baru pada iPhone 13 Pro.

Jadi, jika Anda mengambil foto dengan kondisi cahaya yang minim, maka hasilnya masih tetap bagus. Kamera depannya mempunyai dynamic range yang bagus sehingga hasil foto di malam hari pun terkesan nyata. 

Bagaimana menggunakan kamera iPhone 13 Pro untuk merekam? Tentunya hasil video dari kamera iPhone 13 Pro semakin stabil. Fitur HDR yang ada pada kamera iPhone 13 Pro juga sudah lebih baik. Anda bisa mengambil video dengan resolusi yang bagus berkat fitur Cinematic Mode-nya.

Untuk fitur tersebut memang baru ada pada iPhone seri 13, namun hasilnya justru jauh lebih baik dibandingkan fitur yang sama pada Android flagship. Kamera iPhone 13 Pro juga sudah mempunyai fitur pendeteksi fokus otomatis. Anda juga bisa mengubah fokus dengan mulus.


Fitur iPhone 13 Pro

Sebagai hp iPhone terbaru 2022, iPhone 13 Pro tentunya mempunyai fitur yang jauh lebih baik dibandingkan iPhone 12 Pro. Sistem operasi yang ada pada iPhone 13 Pro sudah menggunakan iOS 15. 

Fitur terbaru yang ada di iPhone 13 Pro yang cukup membantu penggunanya adalah opsi aktivasi pada mode potret. Mode ini bisa digunakan saat menggunakan aplikasi seperti Instagram Stories dan Google Duo. Bahkan bisa Anda gunakan pula untuk melakukan panggilan FaceTime.

Anda juga bisa memanfaatkan mikrofon yang bekerja dengan efektif dan gampang untuk dikendalikan pula. Terdapat pula fitur Voice Isolation dimana fitur ini akan membuat penerima telepon hanya bisa mendengar suara kita.

Fitur ini sangat diperlukan apabila Anda sedang berada di tempat yang cukup ramai atau saat Anda sedang berada di luar rumah dimana terdapat suara kendaraan dan lain sebagainya. Ini merupakan fitur yang cukup mutakhir dan berguna pula.

Fitur terbaru pada iPhone 13 Pro adalah mode Picture-in-Picture. Fitur ini akan membuat Anda tetap bisa menerima panggilan video dari FaceTime dan tetap bisa memutar video di Youtube dan juga Netflix. Anda juga bisa menjalankan aplikasi lainnya saat ada video yang diputar.

Fitur Face ID pada iPhone 13 Pro tetap mempunyai tingkat akurasi yang tinggi walaupun mempunyai notch yang lebih kecil. Anda juga bisa membuka kunci meskipun posisi layar iPhone 13 Pro Anda agak miring. Bagaimana dengan kualitas speakernya? Tentu sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Speaker stereo yang hadir di iPhone 13 Pro juga merupakan salah satu fitur terbaik yang bisa Apple berikan. Baik itu secara volume dan detailnya semuanya bisa seimbang antara lubang speaker dan earpiece-nya.


Dapur Pacu iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro menggunakan chip Apple A15 Bionic. Dapur pacu ini dipasangkan dengan RAM 6GB serta GPU 5-core. Akan tetapi performa iPhone 13 Pro dan iPhone 12 Pro masih sama kencangnya. Padahal dapur pacu uang digunakan di iPhone 13 Pro mempunyai jumlah transistor yang lebih banyak.

Namun iPhone 13 Pro mempunyai performa yang kencang karena sudah disematkan oleh teknologi refresh rate yang tinggi. Jadi, jika Anda ingin berpindah dari aplikasi atau saat scroll layar, maka animasinya akan terasa instan dan lebih halus. 

Anda bisa menjalankan beberapa macam aplikasi mulai dari yang sederhana hingga membuka beberapa aplikasi media sosial sekaligus tanpa adanya hambatan. Meskipun RAM dari iPhone 13 Pro hanya 6GB saja, namun kemampuan multitasking yang diberikan pun sudah sangat baik.

Inilah hasil dari software dan chipset yang sama-sama dibuat oleh Apple. Dengan teknologi mutakhir dari Apple, maka iPhone 13 Pro dapat berjalan dengan maksimal.

Terdapat perbedaan yang mungkin akan terasa saat Anda mengecek suhu pada bagian belakang iPhone 13 Pro. Jika Anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game dalam jangka waktu yang panjang, maka suhunya akan naik sedikit. Hal ini juga sama Ketika Anda mengakses kamera secara intens.


Baterai iPhone 13 Pro

Apple mengklaim bahwa baterai iPhone 13 Pro lebih awet dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kapasitas baterai iPhone 13 Pro adalah 3,095 mAh. Untuk iPhone 12 Pro sendiri mempunyai kapasitas baterai sebesar 2,815 mAh.

Chipset yang digunakan untuk baterai iPhone 13 Pro juga masih sama seperti generasi sebelumnya, yaitu fabrikasi 5nm. Smartphone ini bisa Anda gunakan secara intens seharian, mulai dari pagi hingga malam hari.

Untuk pengisian daya baterainya masih tertinggal dibandingkan dengan flagship Android. iPhone 13 Pro mempunyai daya baterai hanya 23W, dimana flagship Android sudah ada yang menyediakan hingga 65W. Akan tetapi hal ini tidak jadi masalah karena kapasitas baterainya juga kecil.

Anda hanya perlu waktu sekitar 90 menit saja untuk mengisi daya baterai dari 10 persen hingga penuh. iPhone 13 Pro. Perlu diingat bahwa iPhone 13 Pro tidak menyertakan charger dalam box penjualannya. Jadi, harus Anda siapkan sendiri.


Harga iPhone 13 Pro

Harga iPhone 13 Pro dipatok mulai dari 18,7 juta untuk kapasitas 128GB. Jika Anda menginginkan iPhone 13 Pro dengan kapasitas 256GB, maka Anda akan merogoh kocek sebesar 21,2 juta. Sedangkan untuk iPhone 13 Pro dengan kapasitas 512GB dijual seharga 24 juta rupiah. 


Kesimpulan

Sebagai salah satu dari hp iPhone terbaru 2022, iPhone 13 Pro unggul dalam daya baterai yang lebih awet. Smartphone ini cocok digunakan bagi Anda yang sering membuka banyak media sosial karena multitaskingnya menjadi lebih optimal berkat sistem operasi yang baru.

Bagi Anda yang membutuhkan kamera dengan teknologi canggih pun juga bisa menggunakan iPhone 13 Pro. Dengan fitur kamera yang bisa diandalkan dan performa yang kencang, tentu kebutuhan Anda untuk memotret dan merekam video bisa berjalan dengan lancar.

Apakah sebaiknya Anda membeli iPhone 13 Pro? Sebenarnya Anda tidak perlu membeli hp ini jika sudah menggunakan iPhone 12 pro. Kecuali jika Anda benar-benar tergiur dengan fitur Cinematic Mode-nya. Smartphone yang satu ini layak dibeli jika Anda merupakan pengguna iPhone lama.

Atau bisa jadi Anda adalah pengguna Android yang ingin beralih ke iPhone, maka hp yang satu ini sangat layak untuk dibeli.



Review dan Spesifikasi iPhone 13 Pro Max

Selain iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, Apple juga memproduksi iPhone 13 Pro Max sebagai salah satu hp iPhone terbaru 2022. Kehadiran iPhone 13 Pro Max memang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak fans Apple. 

iPhone 13 Pro Max merupakan produk yang pas bagi Anda yang ingin mempunyai smartphone dengan fitur dan kualitas kamera yang terbaik. iPhone 13 Pro Max merupakan penerus dari iPhone 12 Pro Max. iPhone yang satu ini sangat unggul di bagian kameranya.

Bukan hanya itu saja, namun iPhone 13 Pro Max juga mempunyai desain yang sangat cantik sehingga akan menambahkan kesan yang stylish bagi para penggunanya. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk berganti hp, maka simak ulasan iPhone 13 Pro berikut ini.


Desain iPhone 13 Pro Max

iPhone 12 Pro Max mempunyai desain dengan bagian tepi yang datar, maka Anda juga akan menjumpai hal yang sama saat menggenggam iPhone 13 Pro Max. Perbedaan yang terasa adalah pada susunan kamera iPhone 13 Pro Max yang didesain lebih besar daripada generasi pendahulunya.

Bagian poni depan pada iPhone 13 Pro Max bisa dibilang cukup menarik. Desain poni depan hp ini dibaut lebih kecil daripada desain yang digunakan pada iPhone 12 Pro Max. Apple mengecilkan ukurannya hingga 20 persen.

Meskipun begitu, tetap ada teknologi deteksi wajah yang masih akurat. Anda tidak perlu khawatir harus mencopot masker saat ingin membuka kuncinya.

iPhone 13 Pro Max hadir dengan beberapa warna yang sangat cantik yaitu emas, biru sierra, perak, dan abu0-abu grafit. Semuanya hadir dengan kesan yang ramping dan professional. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan selera Anda. 


Layar iPhone 13 Pro Max 

Dengan ukuran layar sebesar 6,7 inci, maka iPhone 13 Pro Max akan memberikan pengalaman menonton yang lebih nyaman kepada penggunanya. iPhone 13 Pro Max menggunakan teknologi refresh rate mulai dari 10 Hz hingga 120 hz. Tentunya saja performa dari hp ini lebih kencang.

Anda bisa menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk multitasking tanpa membuat hp menjadi lambat dan semua aplikasi yang berjalan pun tetap responsif. Anda bisa merasakan bahwa performa iPhone 13 Pro Max ini sangat baik pada saat berpindah aplikasi. Anda bisa melakukannya dengan mulus.

Kelebihan dari layar iPhone 13 Pro Max ini adalah tingkat kecerahan yang maksimal. iPhone 13 Pro Max mempunyai tingkat kecerahan rata-rata 837 nits. Angka tersebut sudah sangat baik bahkan saat pengaturan adaptifnya dimatikan. 

Pada saat pengaturan adaptifnya dinyalakan, maka tingkat kecerahannya bisa mencapai 1,038 nits. Dengan teknologi inilah maka Anda tetap bisa menggunakan iPhone 13 Pro Max dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti menonton, di tempat yang redup bahkan terang.


Kamera iPhone 13 Pro Max

Kamera smartphone terbaik hingga saat ini memang masih dipegang oleh iPhone. Untuk kamera iPhone 13 Pro Max sendiri mempunyai susunan kamera yang besar. Hal tersebut didesain bukan tanpa alasan. iPhone 13 Pro Max mempunyai resolusi kamera sebesar 12MP.

Dengan resolusi tersebut tentunya Anda bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas tinggi. Terdapat peningkatan pada kamera iPhone 13 Pro Max dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Pada generasi sebelumnya tidak ada kamera ultra-wide. 

Dengan kamera ultra-wide inilah, maka Anda bisa mengambil gambar dari jarak yang sangat dekat misalnya 2 cm saja namun hasilnya akan menjadi lebih luas dengan kualitas foto yang jernih dan warna yang tajam.


Kamera ultra-wide ini memang sangat cocok untuk mengambil gambar landscape seperti pemandangan alam. Terdapat fitur baru yang sebelumnya tidak ada di iPhone 12 Pro Max yaitu Photographic styles. Dengan menggunakan fitur ini di iPhone 13 Pro Max, maka Anda bisa memilih tone warna.

Dengan begitu hasil foto akan menjadi lebih dramatis dan hidup. Bahkan Anda sudah tidak perlu menggunakan aplikasi edit foto lainnya. Cukup gunakan fitur ini saja.


Dapur Pacu iPhone 13 Pro Max

Jika kita berbicara tentang dapur pacu yang digunakan oleh iPhone 13 Pro Max, tentunya hal ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh iPhone 13 Pro Max. Smartphone yang satu ini menggunakan chipset A15 Bionic, dengan teknologi buatan Apple ini lah maka performanya menjadi sangat cepat.

Bukan hanya cepat saja, namun performa iPhone 13 Pro Max juga sangat lancar Ketika Anda gunakan untuk multitasking. Bahkan jika Anda bermain game yang berat sekalipun, iPhone 13 Pro Max akan memberikan pengalaman gaming yang lancar tanpa hambatan.

Terdapat peningkatan yang menjadikan hal ini kelebihan dari iPhone 13 Pro Max. Peningkatan tersebut ada pada frame rate-nya yang mencapai 68,4 fps. Tentunya hal ini merupakan peningkatan dari iPhone generasi sebelumnya.

Untuk kapasitas penyimpanan, iPhone 13 Pro Max mempunyai empat pilihan yaitu 128 GB, 256, GB, 512 GB, dan 1 TB. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.


Baterai iPhone 13 Pro Max

Bagaimana dengan baterai iPhone 13 Pro Max? Apakah terdapat peningkatan? Baterai yang digunakan oleh iPhone 13 Pro Max mempunyai daya yang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Jika Anda menggunakan smartphone ini untuk streaming, maka iPhone 13 Pro Max bisa bertahan hingga 20 jam dan sedangkan memutar video offline bisa bertahan hingga 28 jam.

Jika Anda menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk mendengarkan lagu, smartphone ini dapat bertahan hingga 95 jam. Bukan hanya daya baterainya saja yang unggul, namun iPhone 13 Pro Max juga unggul dalam kecepatan saat mengisi baterai.

iPhone 13 Pro Max hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk mengisi daya dari baterai lemah hingga mencapai kapasitas 50 persen. Sedangkan untuk mengisi daya hingga penuh, smartphone ini hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja. Semua ini didukung dengan fast charging yang mencapai 30W.


Fitur iPhone 13 Pro Max

Sistem operasi yang disematkan pada iPhone 13 Pro Max sudah mendukung iOS 15. Tentunya sistem operasi ini lebih canggih dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Terdapat fitur baru yaitu SharePlay dimana bisa Anda gunakan untuk menonton film atau mendengarkan lagu bersama pengguna lain.

Fitur terbaru selanjutnya adalah Focus. Dengan fitur ini maka Anda bisa menyaring notifikasi berdasarkan dengan apa yang Anda kerjakan. Tampilan notifikasi terlihat lebih rapi dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max sehingga Anda akan merasa nyaman saat melihat notifikasi tersebut.


Harga iPhone 13 Pro Max

Dengan teknologi yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan smartphone yang nyaris tanpa cela, tentunya Anda harus menyiapkan dana yang cukup jika ingin membawa pulang iPhone 13 Pro Max.

Untuk kapasitas 128GB, harga iPhone 13 Pro Max bisa Anda bawa pulang dengan membayar sebesar 20.2 juta. Sedangkan untuk kapasitas 256GB, harganya yang dibanderol adalah 23,3 juta. Jika Anda ingin memiliki iPhone 13 Pro Max dengan kapasitas 512GB, maka Anda harus membayar sebesar 27,3 juta.

Bagaimana dengan harga iPhone 13 Pro Max dengan kapasitas 1TB? Anda harus menyiapkan dana sekitar 30 juta rupiah. Tertarik untuk membelinya?


Kesimpulan

Sebagai smartphone andalan Apple, iPhone 13 Pro Max tentunya merupakan versi sempurna dari generasi pendahulunya. Bisa dibilang bahwa hp iPhone terbaru 2022 yang satu ini nyaris tanpa cela. Dengan peningkatan fitur di beberapa aspek membuat iPhone 13 Pro Max menjadi hp terbaik di tahun 2022.

Dengan desain yang cantik, refresh rate yang tinggi, kamera dengan teknologi mutakhir, dapur pacu yang terkencang, serta daya tahan baterai yang lebih awet sudah membuktikan bahwa iPhone 13 Pro Max memang layak untuk dimiliki.

Tentunya bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, iPhone 13 Pro Max masih lebih unggul. Sehingga jika Anda merupakan pengguna iPhone 12 Pro Max, Anda bisa mendapatkan fitur yang lebih canggih jika menggunakan iPhone 13 Pro Max.

Begitu pula dengan pengguna iPhone lawas ataupun Android, jika memang Anda mempunyai dana untuk membeli hp iPhone terbaru 2022 ini, maka iPhone 13 Pro Max sangat sepadan dengan harganya. Jadi, diantara ketiga hp iPhone terbaru 2022 ini mana yang paling pas bagi Anda?